Gadget

Ini Dia 4 Penyebab Layar HP Oppo Terangkat, Yuk Disimak Sebelum Terlambat!

156
×

Ini Dia 4 Penyebab Layar HP Oppo Terangkat, Yuk Disimak Sebelum Terlambat!

Sebarkan artikel ini

Penyebab Layar HP Oppo Terangkat, Ini Dia Penjelasannya

Layar merupakan bagian vital pada HP layar sentuh, termasuk HP Oppo. Meski jarang terjadi, layar terangkat merupakan masalah yang besar. Karena itu, pengguna perlu mengetahui penyebab layar HP Oppo terangkat. Sebab perlakuan sepele pada HP bisa saja menyebabkan terjadinya masalah.

Penyebab Layar Terangkat

Penyebab layar terangkat nyatanya tidak melulu harus akibat kejadian yang berat. Kebiasaan yang terkesan remeh yang pengguna HP Oppo lakukan ternyata bisa sangat berpengaruh pada ketahanan layar. Lantas apa sajakah hal yang bisa menyebabkan layar HP Oppo terangkat? Berikut penjelasannya:

1. Baterai HP yang Menggelembung

Baterai HP menggelembung sebenarnya bisa terjadi di HP Oppo apa saja. Namun, umumnya ini terjadi pada HP yang memiliki baterai tanam. Baterai yang menggelembung dan tertahan dalam HP yang tidak bisa dibongkar pasang akhirnya menekan layar dan membuatnya terangkat.

Biasanya baterai menggelembung bisa terjadi akibat kebiasaan mengisi baterai HP yang buruk. Contohnya, memakai HP saat baterai diisi atau mengisinya terlalu lama. Selain kebiasaan tersebut, penggunaan baterai HP yang tidak original dari pabriknya bisa memicu terjadinya baterai yang menggelembung.

2. Jatuh dari Ketinggian

Benturan yang diakibatkan oleh jatuhnya perangkat HP Oppo dari ketinggian bisa sangat mempengaruhi layar. Sayangnya, tidak semua jenis HP Oppo memiliki klaim tahan banting. Kebanyakan klaim HP Oppo adalah ketahanannya jika terendam serta ketahanan terkena percikan air atau hujan.

Jika perangkat sering terjatuh atau dilempar dari ketinggian, bukan hanya layar HP saja yang beresiko terangkat. Lensa kamera, earphone jack, lubang pengisian daya juga bisa terpengaruh akibat benturan dan goncangan yang diterima oleh perangkat. Karena itu, berhati-hatilah dalam meletakkan HP.

3. Sering Berada dalam Posisi yang Membuat Layar Tertekan

Kebanyakan HP Oppo telah memakai teknologi Gorilla Glass guna melindungi layar dari benturan dan goresan. Namun, itu bukan berarti layar HP Oppo akan tahan terhadap tekanan. Tekanan tersebut bisa menjadi penyebab layar HP Oppo terangkat jika terjadi terus menerus.

Banyak kebiasaan sepele yang tak disadari dan sering dilakukan oleh pengguna HP. Contohnya, mengantongi HP pada kantong celana yang sempit. Menindih HP saat sedang tidur atau menaruh HP di tempat yang di dalamnya terdapat barang-barang berat bisa membuat layar terangkat.

4. Overheat Perangkat

Meskipun tidak berpengaruh secara langsung pada layar, namun berlebihannya suhu panas pada perangkat bisa menjadi pemicu layar terangkat. Apabila di bagian luar sudah terasa panas, bagian dalam perangkat sudah pasti jauh lebih panas. Di sinilah awal masalahnya.

Overheat bisa menyebabkan lem perekat layar bisa berkurang daya rekatnya. Selain itu, baterai bisa menggelembung akibat suhu panas. Sensor layar akan kacau dan menyebabkan kejadian layar bergerak sendiri alias ghost touch. Terkesan sepele, namun overheat bisa menjadi pangkal semua masalah.

Tips untuk Mencegah Layar Terangkat

Tentunya, lebih baik melakukan langkah pencegahan sebelum terjadi kerusakan. Ada beberapa tips yang bisa pengguna terapkan agar layar HP Oppo bisa awet dan tidak mudah terangkat. Penasaran apa saja yang bisa dilakukan? Yuk lihat tips di bawah ini!

  • Gunakan screen protector. Setidaknya jika terdapat benturan keras, yang terkena benturan adalah screen protector terlebih dahulu.
  • Pasangkan softcase atau hardcase pada body HP. Penggunaan case bisa meminimalisir efek benturan saat HP jatuh.
  • Perlakukan layar dengan lembut. Jangan beri tekanan berlebihan atau disimpan dalam tempat sempit penuh tekanan dari benda lain.
  • Hati-hati meletakkan HP. Jauhkan dari tempat-tempat yang beresiko jatuh atau tertindih.

Itulah 4 penyebab layar HP Oppo terangkat beserta tips pencegahannya. Dengan mengetahui penyebabnya, pengguna bisa jauh lebih berhati-hati dalam menggunakan HP. Yang paling penting, pengguna bisa terhindar dari resiko mengeluarkan uang akibat harus melakukan service layar HP.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *