Gadget

Simak 5 Penyebab Jaringan Lemot Padahal 4G Ini!

×

Simak 5 Penyebab Jaringan Lemot Padahal 4G Ini!

Sebarkan artikel ini

Penyebab Jaringan Lemot Padahal 4G yang Perlu Diketahui

penyebab jaringan lemot padahal 4g

Hampir seluruh aktivitas masa kini membutuhkan koneksi internet agar saling terhubung satu sama lain. Akan tetapi, tak jarang terdapat kendala berupa jaringan yang lemot di penyedia layanan yang harusnya sudah 4G. Lantas, apakah penyebab jaringan lemot padahal 4G yang wajib diketahui?

Jaringan yang 4G seharusnya dapat membantu berbagai keperluan pengguna. Buruknya koneksi internet tentu menghambat pengguna untuk mencapai tujuan tertentu. Adapun penyebabnya antara lain sebagai berikut:

1. Jaringan yang Terlalu Sibuk

Semakin banyak orang yang menggunakan koneksi internet dalam waktu yang sama, semakin besar pula kemungkinan bagi jaringan untuk sibuk dan terkendala. Hal ini karena jaringan harus berbagi dengan banyak perangkat sekaligus sehingga akan melambat walaupun sebenarnya sudah berstatus 4G.

Sederhananya ini sama dengan jaringan Wi-Fi dalam satu rumah yang harus digunakan oleh banyak perangkat dalam waktu bersamaan. Wi-Fi akan semakin lambat ketika banyak perangkat harus terkoneksi.

2. Aplikasi yang Dibuka Terlalu Banyak

Beberapa aplikasi yang terlalu banyak dioperasikan dalam perangkat memungkinkan lambatnya jaringan internet meskipun sudah 4G. Aplikasi yang membutuhkan kapasitas internet besar seperti YouTube, Spotify, atau TikTok tidak seharusnya dibuka secara bersamaan karena berpotensi membuat jaringan internet kian lambat.

Sama halnya seperti penjelasan poin sebelumnya, terlalu banyaknya aplikasi yang dijalankan juga dapat membuat sistem operasi perangkat bermasalah. Maka dari itu, belum tentu lambatnya jaringan disebabkan oleh provider karena bisa jadi masalah terdapat pada sistem operasi perangkat yang digunakan.

3. Kartu SIM Bermasalah

Di samping mengecek jaringan dan perangkat, pengguna juga perlu untuk mengecek kartu SIM yang digunakan baik dari segi fisik kartu SIM maupun paket internet yang dibeli oleh pengguna. Buka kartu SIM yang ada di dalam perangkat untuk melihat kondisi kartu.

Tidak hanya itu, pengguna juga perlu memastikan kembali paket internet yang sebelumnya telah dibeli. Apakah paket internet yang digunakan masih ada sisa kuotanya atau ternyata sudah habis dan tidak dapat digunakan. Penting juga untuk mengecek masa aktif kartu SIM pengguna.

4. Lokasi dan Cuaca yang Tidak Mendukung

Perlu diketahui bahwa tidak semua jaringan provider akan menjangkau semua wilayah dengan kualitas bagus. Banyak provider yang memiliki kesulitan untuk menjangkau jarak tertentu yang jauh dari pusat sistem seperti wilayah tertinggal atau lokasi dengan area tertutup seperti basement atau parkir.

Begitu juga dari segi cuaca, tidak semua kondisi cuaca akan menghasilkan kualitas jaringan yang cepat. Terlebih saat musim hujan yang besar potensinya akan menghambat sinyal internet apabila hujan terlampau deras dan mengganggu. Oleh karena itu, penting untuk mengecek lokasi dan cuaca.

5. Kendala Teknis atau Perbaikan

Tidak menutup kemungkinan bahwa penyebab jaringan lemot padahal 4G terletak pada sistem pusat dari provider itu sendiri. Kendala teknis dapat terjadi sehingga membuat jaringan tidak tersedia dalam beberapa waktu tertentu. Akan tetapi, pengguna tidak perlu khawatir karena hanya bersifat sementara.

Biasanya, pihak provider akan segera menyatakan klarifikasi dan permintaan maaf terkait tidak tersedianya jaringan karena adanya maintenance. Pemberitahuan ini penting untuk menjaga agar pengguna tetap tenang dan menunggu hingga proses perbaikan sistem oleh teknisi provider selesai.

Demikian 5 penyebab jaringan lemot padahal 4G yang perlu diketahui pengguna. Pengguna harus segera melapor pada Call Center provider yang digunakan untuk menindaklanjuti kendala-kendala tersebut. Nantinya, arahan dari Call Center akan sangat membantu untuk mengatasi permasalahan agar tidak terjadi kembali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *