Gadget  

Perlu Diketahui, Inilah 5 Penyebab Foto Di Galeri Hilang Sendiri

Penyebab Foto Di Galeri Hilang Sendiri, Ini yang Mungkin Terjadi

penyebab foto di galeri hilang sendiri

Seseorang pasti akan merasa kesal ketika foto pada galeri tiba-tiba saja hilang padahal tidak dihapus. Apalagi jika itu penting dan terkait dengan suatu pekerjaan. Oleh karena itu, untuk menghindarinya perlu diketahui penyebab foto di galeri hilang sendiri agar tidak mengalaminya.

Setelah dilakukan penelusuran, ternyata ada cukup banyak penyebab mengapa foto di galeri hilang sendiri meskipun tidak dihapus. Beberapa penyebab tersebut diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. File Sampah Yang Menumpuk

File sampah atau cache bisa menjadi masalah berat yang bisa menurunkan kinerja dari android. Jika dibiarkan secara terus menerus maka dapat menghilangkan file penting secara tiba-tiba. Diantaranya adalah file foto yang ada di dalam aplikasi galeri hilang dengan sendirinya tanpa dihapus.

Oleh karena itu, para pengguna harus ingat serta rutin dalam membersihkan file sampah tersebut. Hal itu juga bisa mengurangi penyimpanan internal dan membuat hp menjadi normal. Selain itu, juga tidak akan berimbas pada hilangnya foto yang ada di galeri secara tiba-tiba.

2. Android Terkena Virus

Perlu diketahui bahwa yang bisa terkena virus tidak hanya pada perangkat Windows pada komputer atau laptop. Namun pada android juga bisa terjadi dan bisa mengakibatkan berbagai masalah di dalamnya. Termasuk foto yang ada di galeri hilang dengan sendirinya padahal pengguna tidak menghapusnya.

Virus tersebut biasanya muncul ketika mendownload aplikasi melalui sumber yang tidak dikenal atau ilegal bukan dari Play Store. Selain itu, bisa juga pengguna mengakses link atau website yang mengandung virus. Oleh karena itu harus berhati-hati ketika membuka link yang tidak jelas sumbernya.

3. Memori Penyimpanan Penuh

Salah satu penyebab foto di galeri hilang sendiri yang biasa terjadi adalah memori penyimpanan yang sudah penuh. Terkadang banyak pengguna tidak memperhatikan kapasitas penyimpanan saat pengambilan gambar. Alhasil setelah mengambil, foto menjadi tidak tersimpan atau malah berkas lama yang menjadi hilang.

Ketika kapasitas penyimpanan mencapai batasnya maka kinerja dari android juga akan menurun. Jadi ketika sudah berada pada batas penyimpanan akan ada banyak data yang hilang termasuk foto yang ada di galeri. Oleh karenanya, pengguna harus selalu mengecek penyimpanan secara berkala.

4. Sistem Android Yang Tidak Di Upgrade

Upgrade sistem dalam sebuah android adalah sesuatu yang cukup penting untuk dilakukan. Hal tersebut untuk meningkatkan kinerja sistem yang ada di dalam android itu sendiri. Tak jarang yang kehilangan foto di galeri disebabkan oleh sistem yang sudah tidak pernah di update atau kadaluarsa.

Biasanya vendor terus melakukan update pada sistem secara berkala untuk menambah fitur baru. Dengan update sistem memang dapat mengurangi kapasitas penyimpanan internal. Namun akan lebih baik seperti itu dibandingkan dengan kehilangan data berupa foto penting yang ada di galeri.

5. Kartu Memori Sering Dilepas Pasang

Ketika melakukan pindah data biasanya pengguna melepaskan dan memasang kembali kartu memori yang ada pada android. Ketika melakukannya, tidak menutup kemungkinan terjadinya kerusakan karena tersentuh oleh jari. Hal itu karena lempengan kuningan pada kartu memori sangatlah sensitif dan mudah tergores.

Selain itu, saat melepaskan kartu memori bisa juga terkena virus saat pemindahan data. Dimana virus tersebut bisa menghilangkan foto di dalam galeri android. Jadi untuk melakukan pemindahan file lebih baik ditransfer melalui bluetooth atau bantuan aplikasi kirim file sejenisnya.

Itulah 5 penyebab foto di galeri hilang sendiri yang perlu untuk diperhatikan oleh para pengguna android. Hal itu untuk menghindari kehilangan karena tidak tiba-tiba file mana yang akan hilang jika tidak mengetahui penyebabnya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *