Gadget  

Inilah 7 Penyebab Baterai HP Lama Terisi dan Cara Mengatasinya

Penyebab Baterai HP Lama Terisi dan Cara Mengatasi

penyebab baterai hp lama terisi

Ketika mengisi daya ponsel namun tidak kunjung penuh, pastinya mencari-cari penyebab baterai terisi apa. Hal ini pastinya sangat mengganggu aktivitas memang memanfaatkan smartphone.

Baterai yang tidak kunjung penuh bisa diindikasikan bahwa ponsel atau isi daya bermasalah. Supaya bisa menangani permasalahan tersebut maka harus mengetahui sebab-sebabnya terlebih dahulu seperti berikut.

1. Baterai yang Rusak

Alasan yang paling umum terjadi pada daya pengisian baterai tidak kunjung penuh adalah karena baterai ponsel bermasalah. Bisa jadi baterai pada smartphone tersebut umurnya sudah tua atau memang mengalami masalah.

Perlu diketahui bahwa ponsel yang menggunakan baterai lithium mempunyai batas pengisian daya. Jika sudah mencapai batas maksimal memang akan terjadi penurunan yang cukup signifikan. Oleh sebab itulah, akan lebih baik apabila membeli baterai baru untuk digunakan.

2. Rusaknya Kabel

Alasan lain kenapa pengisian daya ponsel lama bisa jadi karena kabel USB yang dipakai rusak. Ketika kabel mengalami kerusakan maka akan berpengaruh pada pengantaran daya listrik ke baterai menjadi kurang sempurna.

Terlebih kabel USB ini dipakai setiap hari, pastinya lambat laun akan terjadi kerusakan. Misalnya mudah lepas atau kendor saat dipasangkan. Untuk mengatasi hal ini maka disarankan untuk mengganti kabel USB baru. Penggantian kabel ini biasanya akan mempengaruhi kecepatan pengisian daya.

3. Adaptor Mulai Rusak

Kepala charger yang rusak pun bisa menjadi penyebab baterai hp lama terisi lainnya. Saat adaptor rusak, hal ini bisa dipastikan akan membuat pengisian daya menurun kualitas pengisiannya. Sebagai solusinya, pengguna diharuskan untuk mengganti kepala charger baru yang original.

4. Aplikasi Background Masih Menyala

Memasang background pada ponsel memang membuat tampilan jadi lebih menarik dan cantik. Namun hal ini justru malah membuat proses isi daya jadi lama, terlebih jika video yang digunakan sebagai latar belakang.

Mungkin beberapa aplikasi yang menunjukkan pemakaian baterai tinggi karena sering dipakai. Cara terbaiknya adalah dengan menghapus aplikasi background yang masih aktif dan mematikannya. Dengan begitu, proses isi daya smartphone jadi lebih cepat dan bisa segera digunakan.

5. Port USB Mengalami Kerusakan

Pemilik ponsel masih sering untuk membersihkan bagian port USB, sehingga mengakibatkan isi baterai jadi lebih lama. Ketika ada debu atau kotoran lain singgah pada bagian ini, maka akan menghalangi aliran listrik untuk pengisian daya ponsel.

Kotoran dan debu ini bisa dihilangkan, akan tetapi jangan menggunakan benda dengan bahan logam. Sebaiknya pilih bahan yang dibuat dari plastik tidak membuat kerusakan pada bagian dalam port USB.

6. Mengisi Daya Sambil Memainkan Ponsel

Perlu diketahui bahwa memainkan ponsel untuk browsing atau bermain ketika ponsel sedang isi daya akan membuat prosesnya jadi lambat. Hal ini dikarenakan aplikasi yang digunakan tersebut mengonsumsi daya baterai lebih besar.

Maka dari itulah akan lebih baik jika ketika ponsel sedang melakukan pengisian daya tidak digunakan untuk bermain. Alihkan untuk membaca buku, menonton televisi atau mengerjakan hal lainnya. Baru setelah pengisian baterai sudah penuh, hp dapat dimainkan sepuas hati.

7. Buruknya Jaringan

Selain itu dari segi jaringan buruk juga memiliki pengaruh pada proses pengisian baterai smartphone. Biasanya jaringan yang buruk akan membuat konsumsi daya baterai lebih besar. Akan lebih baik jika smartphone dimatikan atau dibuat mode pesawat saja.  

Demikianlah keenam penyebab baterai hp lama terisi dan cara penanganan terbaiknya. Apabila semua masalah diatas tidak kunjung membaik, ada baiknya jika membeli ponsel baru untuk mendukung aktivitas sehari-hari.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *