Gadget

Penyebab Baterai Cepat Habis Padahal Tidak Digunakan, Sangat Mengejutkan!

5
×

Penyebab Baterai Cepat Habis Padahal Tidak Digunakan, Sangat Mengejutkan!

Sebarkan artikel ini

5 Penyebab Baterai Cepat Habis Padahal Tidak Digunakan

Pengembang smartphone masa kini berlomba untuk menciptakan smartphone dengan kapasitas baterai yang besar agar baterai awet hingga seharian. Namun meskipun begitu masih banyak pengguna yang mengeluhkan penyebab baterai cepat habis padahal tidak digunakan. Lalu apa sebenarnya penyebabnya? Mari simak penjelasannya.

Jika kapasitas baterai besar namun masih saja cepat habis bahkan saat tidak digunakan, hal ini bisa jadi karena ada masalah pada baterai atau perangkat. Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab baterai cepat habis padahal tidak digunakan. Berikut ini merupakan beberapa penyebab dan juga cara mengatasinya:

1. Baterai Smartphone Drop

Yang dapat menyebabkan baterai cepat habis padahal tidak digunakan yang pertama yaitu bisa jadi karena baterai smartphone sudah drop. Kondisi baterai yang drop tentu saja tidak dapat menyimpan energi dengan maksimal. Sehingga baterai akan sering cepat habis padahal sedang tidak digunakan.

Baterai yang drop bisa disebabkan karena umurnya smartphone yang sudah tua dan sudah waktunya ganti. Namun jika hal ini dialami oleh pengguna smartphone baru, bisa jadi karena perawatan baterai yang kurang baik seperti terlalu sering mencharger smartphone, atau terlalu lama mencharger.

2. Terlalu Banyak Aplikasi Yang Berjalan Secara Bersamaan

Selain baterai yang sudah drop, terlalu banyaknya aplikasi yang berjalan secara bersamaan juga bisa menyebabkan baterai cepat habis. Terkadang pengguna sering lupa menutup aplikasi setelah menggunakannya dan langsung menekan tombol home. Sehingga aplikasi akan terus berjalan meski pengguna sudah mematikan layar.

Jika aplikasi tidak ditutup maka baterai akan terus terkuras meskipun pengguna tidak menggunakannya, karena aplikasi-aplikasi yang terbuka akan terus bekerja. Oleh karena itu jangan lupa untuk segera menutup aplikasi jika sudah tidak digunakan lagi. Dengan begitu akan lebih menghemat baterai.

3. Sistem Sedang Update

Baterai yang tiba-tiba habis padahal tidak sedang digunakan bisa juga disebabkan karena adanya sistem yang sedang update. Karena proses update seperti ini bisa berjalan meskipun layar sudah dikunci, sehingga pengguna sering tidak sadar dan baterai terlihat tiba-tiba habis padahal tidak merasa menggunakannya.

Proses update seperti ini memang dapat menguras baterai cukup banyak meskipun smartphone sedang tidak digunakan. Oleh karena itu jangan panik karena jika proses update telah selesai biasanya baterai akan bekerja secara normal kembali.

4. Kualitas Jaringan Buruk

Ternyata kualitas jaringan yang buruk juga bisa menyebabkan baterai cepat terkuras habis meskipun sedang tidak digunakan loh. Karena ketika jaringan sedang buruk, maka smartphone akan bekerja lebih keras dan membutuhkan energi yang banyak untuk menemukan jaringan.

Jika hal ini yang terjadi, pengguna bisa menggunakan prioritas jaringan agar perangkat hanya fokus mencari satu jaringan saja. Dan ketika jaringan sama sekali tidak ada akan lebih baik jika menggunakan mode pesawat. Dengan begitu konsumsi baterai akan lebih hemat.

5. Komponen Charger

Perlu diketahui bahwa komponen charger yang tidak bagus bisa menyebabkan kerusakan pada baterai. Hal ini secara tidak langsung dapat menyebabkan baterai cepat habis karena telah rusak. Kebanyakan orang tidak memperhatikan hal ini karena menganggap semua charger sama saja, yang penting bisa mengisi baterai.

Untuk mengantisipasi kerusakan baterai karena komponen charger maka gunakanlah charger yang sesuai dengan spesifikasi perangkat dan juga baterai. Hal ini akan membuat baterai lebih terawat dan dapat bertahan lama.

Nah demikianlah penjelasan mengenai penyebab baterai cepat habis padahal tidak digunakan. Dari penjelasan diatas dapat diambil kesimpulan bahwa perawatan baterai yang kurang baik serta penggunaan perangkat yang terlalu berlebihan dapat merusak baterai sehingga baterai akan cepat habis meskipun tidak digunakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *