Gadget

Kenali 5 Penyebab Baterai Cepat Habis Padahal Tidak Digunakan Dan Tips Pencegahannya!

4
×

Kenali 5 Penyebab Baterai Cepat Habis Padahal Tidak Digunakan Dan Tips Pencegahannya!

Sebarkan artikel ini

Penyebab Baterai Cepat Habis Padahal Tidak Digunakan, Ini Infonya

Belakangan ini banyak pengguna ponsel yang dibingungkan apa penyebab baterai cepat habis padahal tidak digunakan. Adanya isi dari baterai memang sangat dibutuhkan, karena benar saja jika perangkat teknologi kini menjadi kebutuhan sendiri bagi pengguna. 

Umumnya memang baterai akan cepat habis jika selalu digunakan secara berlebihan hingga wajar sekali jika baterai akan cepat kehilangan daya. Namun nyatanya baterai bisa habis bahkan dengan kurun waktu yang cepat meskipun tidak digunakan, untuk itu berikut akan disampaikan penjelasannya. 

Penyebab Baterai Cepat Habis Padahal Tidak Dipakai

Terdapat beberapa penyebab dari kasus yang sering terjadi namun sulit dipecahkan ini memang terkadang membingungkan. Untuk dapat mengetahui penyebab apa yang berkaitan dengan pengguna, maka berikut akan diberikan penjelasannya. 

1. Tingkat Kecerahan Layar Ponsel

Siapa sangka jika tangkapan pandangan pada tampilan layar ponsel juga mempengaruhi cepat lambatnya penghabisan daya pada ponsel pengguna. Kondisi kecerahan layar yang sangat terang bisa berpotensi menghabiskan baterai ponsel meskipun tidak dipakai, terlebih jika pengguna lupa untuk menguncinya. 

2. Terjadi Masalah Pada Baterai

Ini bisa menjadi penyebab baterai cepat habis padahal tidak digunakan paling utama karena permasalahan pada baterai tentu juga mempengaruhi performanya. Sama halnya seperti mesin penggerak lainnya, kinerja yang dilakukan oleh baterai akan semakin menurun bersamaan dengan kinerja ponsel. 

Manajemen arus pada baterai juga dipengaruhi salah satunya dengan bagaimana cara pengisian daya yang dilakukan oleh pengguna setiap harinya. Seperti halnya ketika mencoba mengisi daya ponsel semalaman dengan meninggalkan tidur hingga pagi juga berpengaruh pada kesehatan baterai. 

3. Terdapat Aplikasi Boros Daya

Menjadi penyebab yang sering sekali tidak disadari oleh pengguna ponsel ini sebenarnya menjadi kemungkinan yang paling besar dari permasalah ini. Beberapa aplikasi dengan mode penyimpanan yang cukup besar juga nyatanya tetap memakan daya ponsel meskipun sedang tidak digunakan. 

Belum lagi jika beberapa aplikasi tersebut masih berjalan pada latar belakang ponsel alias belum dihapus jejak telusurnya oleh pengguna. Dengan aplikasi yang berjalan tanpa diketahui dan ditambah dengan menyalakan sambungan internet maka daya baterai yang dihabiskan akan semakin banyak. 

4. Kesulitan Ponsel Untuk Menangkap Sinyal

Ketika pengguna merasa sinyal pada ponsel sedang tidak baik maka sebagian hanya akan mengunci ponsel tanpa memainkannya. Padahal tanpa pengguna tahu, ponsel juga sedang menjalankan performa kinerja tingkat tingginya untuk dapat menangkap sinyal yang juga dibutuhkan. 

Dari akses yang dilakukan ponsel untuk menangkap adanya koneksi maka ponsel seakan sudah bekerja lebih yang akan memboroskan daya baterai. Pengguna dapat memilih untuk mematikan total ponsel saja jika dirasa tidak mendapat sinyal daripada harus menghabiskan baterai begitu saja. 

5. Koneksi GPS Yang Masih Menyala

Pengguna mungkin akan berpikir dengan sengaja membiarkan koneksi data dan koneksi GPS akan mempermudah penggunaan ponsel nantinya. Namun sayangnya, sebenarnya fitur penentu arah dan lokasi tersebut sangat bergantung pada daya baterai yang pada ponsel pengguna. 

Meskipun sebenarnya sudah mengunci layar dan ponsel tidak lagi digunakan, namun pemborosan baterai tetap akan terjadi karena GPS yang berjalan. Selain dapat membuat daya baterai cepat habis, GPS yang menyala juga akan membuat ponsel pengguna menjadi lebih cepat panas. 

Tips Mencegah Baterai Cepat Habis Walaupun Tidak Dipakai

Dibalik penyebab yang ada, terdapat beberapa rekomendasi tips yang dapat dilakukan agar baterai tidak cepat habis ketika tidak sedang digunakan. Yang harus dilakukan pengguna untuk mencegah terjadinya baterai boros pada ponsel akan dijelaskan sebagai berikut :

  • Gunakan charger asli ponsel untuk mengisi daya
  • Jangan mengisi daya terlalu lama
  • Matikan kecerahan otomatis pada pengaturan layar ponsel
  • Menggunakan mode gelap
  • Mematikan data seluler dan GPS ketika tidak digunakan

Demikian beberapa pemberitahuan terkait apa saja penyebab baterai cepat habis padahal tidak digunakan diharapkan dapat dengan mudah diketahui pengguna. Selalu ikuti tips yang direkomendasikan agar baterai tetap selalu sehat dan untuk mencegah adanya boros daya.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *