Gadget

Kenapa Penyimpanan Internal Cepat Penuh Padahal Aplikasi Sedikit? Simak Penjelasannya!

×

Kenapa Penyimpanan Internal Cepat Penuh Padahal Aplikasi Sedikit? Simak Penjelasannya!

Sebarkan artikel ini

Penyimpanan Internal Cepat Penuh Padahal Aplikasi Sedikit, Ketahui Penyebabnya

kenapa penyimpanan internal cepat penuh padahal aplikasi sedikit

Permasalahan umum yang paling sering terjadi adalah kehadiran penyimpanan internal yang terus penuh, meskipun sudah banyak file yang dihapus. Ternyata ada alasan kenapa penyimpanan internal cepat penuh padahal aplikasi sedikit yang sepertinya umum terjadi.

Selain aplikasi, terdapat beberapa alasan penyimpanan internal cepat penuh dan membuat smartphone bekerja lebih lambat. Secara khusus akan disampaikan juga bagaimana cara mengatasi dibalik alasan mengapa penyimpanan internal cepat penuh padahal aplikasi tidak banyak yaitu:

1. Terdapat Banyak Cache Aplikasi yang Menumpuk

Penyebab pertama kenapa penyimpanan internal cepat penuh padahal aplikasi sedikit adalah terlalu banyak cache yang menumpuk sehingga menjadi sampah. Data dalam cache yang tidak digunakan umumnya sudah dapat dihapus, namun memang perlu dilakukan secara manual.

Contoh cache aplikasi yang menumpuk dan menjadi sampah misalnya riwayat pencarian, aktivitas dalam aplikasi, dan sebagainya. Untuk menghapus cache sebenarnya sangat mudah, pertama masuk ke Pengaturan atau Setting.

Kemudian cari list aplikasi yang dapat membuka informasi satu per satu. Pilih salah satu aplikasi yang memiliki penyimpanan internal cukup banyak. Pada bagian bawah, klik hapus cache dan tunggu hingga jumlahnya menjadi 0 B.

Lakukan terus menerus kepada seluruh aplikasi yang memiliki penyimpanan internal cukup banyak. Sedikit informasi juga bahwa aplikasi seperti platform online shop, games, aplikasi pencarian, dan lainnya banyak memiliki cache.

2. Ukuran Aplikasi Terus Bertambah Besar

Alasan pertama yang paling umum terjadi dari pertanyaan mengapa penyimpanan internal cepat penuh adalah ukuran aplikasi yang terlampau besar. Meskipun perlu diketahui bahwa kini banyak smartphone yang memiliki penyimpanan internal paling sedikit 16 GB.

Akan tetapi, ternyata kapasitas penyimpanan internal tersebut kurang jika dimasukkan aplikasi yang besar. Terlebih lagi aplikasi yang terus bertambah data dan progress di dalamnya seperti games atau online shop.

Oleh sebab itu, walaupun aplikasi yang dimiliki sedikit namun ada banyak aplikasi besar yang masih ada di dalam smartphone. Hal tersebutlah yang mendasari mengapa aplikasi tetap penuh meskipun aplikasi sedikit atau sering menghapus aplikasi lain. 

Untuk menanganinya, pemilik smartphone dapat mencoba untuk mengalihkan aplikasi menjadi versi yang lebih ringan. Misalnya Line diganti menjadi Line Lite atau membuka media sosial melalui Google Chrome untuk lebih menghemat aplikasi.

3. Sisa Data Aplikasi yang Terhapus Masih Ada

Pernah melihat folder aplikasi dalam Manajer File padahal sudah dihapus? Sisa tersebut mungkin terjadi karena adanya penyimpanan yang tidak dapat dibuat otomatis. Misalnya seperti unduhan file, data, dan sebagainya yang bisa langsung dihapus saja.

Oleh karenanya, data aplikasi tersebut perlu dicek kembali kemudian bisa dilakukan penghapusan secara manual. Penghapusan tersebut dapat dilakukan melalui setting maupun file manager smartphone masing-masing.

4. File Foto, Dokumen, dan Video Terlalu Banyak

Beralih ke penyebab kenapa penyimpanan internal cepat penuh padahal aplikasi sedikit adalah file foto dan video yang semakin banyak. Kemungkinan terbesar juga disebabkan karena pengguna smartphone mengaktifkan unduhan otomatis pada media sosial miliknya.

Misalnya pada aplikasi WhatsApp yang mengaktifkan unduhan otomatis untuk dokumen, foto, dan video. Ditambah lagi, ketika pengguna smartphone tidak menghapusnya secara berkala, maka penyimpanan akan terus menumpuk.

Cara untuk menangani penyebab ini tentu saja dapat dilakukan hanya dengan menghapus file berupa dokumen, foto, dan video secara rutin. Melalui Manajer File, hapus file yang tidak dibutuhkan serta file yang tersembunyi dalam penyimpanan WhatsApp File.

5. Banyak File Unduhan yang Tidak Digunakan

Berhubungan dengan sebelumnya, file unduhan yang gagal juga sering menjadi penyebab penyimpanan internal semakin penuh meskipun aplikasi sedikit. Unduhan gagal, rusak, dan tidak bisa dibuka menjadi banyaknya sampah yang ada dalam smartphone dan memenuhi penyimpanan internal.

Itulah beberapa alasan kenapa penyimpanan internal cepat penuh padahal aplikasi sedikit yang dapat disampaikan kepada pengguna smartphone untuk diketahui. Sesuai informasi tersebut, pengguna dapat mencoba melakukan cara yang disarankan untuk mengurangi penyimpanan memori.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *