Gadget

Fungsi Dongle Wifi Set Top Box, Wajib Diketahui!

×

Fungsi Dongle Wifi Set Top Box, Wajib Diketahui!

Sebarkan artikel ini

Fungsi Dongle Wifi Set Top Box

fungsi dongle wifi set top box

Mungkin sebagian besar belum mengetahui apakah fungsi dongle WiFi set top box itu? Atau bahkan pembaca juga belum mengerti bagaimana bentuk dari dongle tersebut. Memang benda ini lumayan asing dan tidak banyak yang tahu.

Namun bukan berarti benda ini tidak memiliki fungsi, justru dongle WiFi merupakan benda dengan fungsi yang sangat penting. Apalagi pada zaman sekarang yang mayoritas masyarakat sudah memakai TV digital. Lantas apakah fungsinya? Perhatikan berikut ini.

Apa itu Dongle WiFi?

Sebelum membahas pada fungsi dongle WiFi set top box, alangkah lebih baik untuk membahas terkait perangkat ini terlebih dahulu. Karena masih banyak dari masyarakat tidak mengenal apa itu dongle WiFi.

Dongle WiFi adalah sebuah perangkat keras yang berbentuk portabel kecil yang dapat dimasukkan dalam port USB. Jadi, dongle WiFi set top box adalah perangkat keras yang dapat menyambungkan set top box dengan jaringan internet.

Adapun jenis dongle ini cukup bervariasi, tidak hanya untuk set top box saja. Melainkan juga terdapat beberapa jenis, yaitu seperti:

  • Dongle Bluetooth. Berfungsi menyediakan koneksi Bluetooth pada suatu perangkat.
  • Dongle Komunikasi. Berguna untuk menambahkan koneksi data pada suatu perangkat. Adapun koneksinya juga beragam mulai dari 3G, 4G, hingga maksimal yaitu 5G.
  • Dongle Penyimpanan. Digunakan untuk penyimpanan ekstra suatu perangkat.
  • Dongle Navigasi. Untuk menambahkan koneksi GPS pada suatu perangkat.

Itulah beraneka ragam dongle yang ada beserta fungsinya masing-masing. Pada intinya dongle merupakan perangkat keras yang memiliki fungsi yang beragam dan dihubungkan pada lubang USB.

Fungsi Dongle WiFi STB

Asal pembaca tahu, bahwa set top box tidak hanya berfungsi untuk memunculkan sinyal digital pada TV. Melainkan dapat memberikan koneksi internet pada TV, sehingga dapat mengakses beberapa konten online pada TV.

Akan tetapi tentu saja set top box tidak bisa menyambungkan pada koneksi internet dengan begitu saja. Harus menggunakan bantuan perangkat keras eksternal yang disambungkan pada port USB dalam set top box.

Dongle WiFi merupakan perangkat keras penyambung internet secara wireless, yaitu mengandalkan antena pada tubuhnya untuk menangkap sinyal internet. Fungsinya untuk menyambungkan sinyal internet pada perangkat set top box.

Adapun dongle WiFi tidak selalu terdapat pada paket pembelian set top box, ada kalanya harus membelinya secara terpisah. Adapun berikut ini terdapat beberapa rekomendasi dongle WiFi yang bagus untuk set top box, yaitu antara lain:

  • Evinix USB Dongle WiFi.
  • Advance USB Dongle WF-01 Wireless Receiver.
  • Evinix RT5370.
  • Meltblown X Dongle WiFi.
  • Mixio MT7601.

Dongle WiFi juga dapat mempermudah penggunaan berbagai fitur yang ada dalam TV dengan koneksi internet. Seperti streaming video, mendengarkan musik, melihat Netflix, Dll. Adapun langkah-langkah untuk melakukan setting cukup mudah, yaitu:

  • Nyalakan TV dan set top box terlebih dahulu. Pastikan keduanya telah tersambung dengan baik.
  • Kemudian ambil dongle WiFi yang hendak dipakai dan masukkan pada port USB di set top box.
  • Selanjutnya masuk pada menu pengaturan set top box dan klik pengaturan jaringan.
  • Lalu silahkan masuk pada menu jaringan WiFi.
  • Setelah itu akan terdapat beberapa nama WiFi yang tersambung. Selanjutnya pilih WiFi yang hendak disambungkan lalu tekan OK.
  • Selesai, dongle WiFi akan menyambungkan set top box pada WiFi.

Itulah beberapa fungsi dongle WiFi set top box beserta rekomendasi merk yang terbaik. Jika menggunakan set top box di rumah, maka dianjurkan untuk membeli dongle WiFi ini agar dapat mengakses fitur online pada TV.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Play.id