Gadget

Begini 6 Cara Memperbaiki Remot TV yang Tidak Merespon, Wajib Dicoba Dulu!

9
×

Begini 6 Cara Memperbaiki Remot TV yang Tidak Merespon, Wajib Dicoba Dulu!

Sebarkan artikel ini

Cara Memperbaiki Remot TV yang Tidak Merespon, Pastinya Mudah

Memukul-mukul remote televisi ke tangan atau benda lain karena tidak berfungsi adalah kebiasaan. Akan lebih baik jika tidak diulangi, karena saat ini sudah ada banyak cara memperbaiki remot TV yang tidak merespon dan mudah dilakukan.

Walau memukulkan remote TV terkadang berhasil, namun hal ini malah akan berpengaruh pada komponen yang jadi cepat rusak. Maka dari itulah, akan lebih baik jika memanfaatkan beberapa cara berikut untuk membuat remote kembali berfungsi.

1. Ganti Baterai

Salah satu penyebab dari remote televisi yang tidak bisa digunakan adalah karena baterai sudah habis. Tiap-tiap baterai yang digunakan pada remote televisi mempunyai daya pakai sendiri-sendiri. Jika baterai sudah mulai habis, biasanya ditandai dengan remote tidak respon.

Oleh sebab itulah akan lebih baik jika segera mengganti baterai pada remote dengan yang baru. Jadi, remote televisi bisa digunakan untuk memindah channel ke channel lainnya. Untuk harga baterai remote televisi sendiri pun murah jadi tidak harus mengeluarkan biaya banyak.

2. Bersihkan Besi Penghubung Baterai

Adanya karat pada besi yang menghubungkan baterai juga menjadi salah satu kendala remote televisi tidak merespon. Remote televisi yang sudah berumur memang dapat berkarat, terlebih jika disimpan pada kondisi lembap.

Jika besi penghubung pada remote memang berkarat, sebaiknya segera bersihkan karat-karat tersebut dengan menggunakan pembersih khusus. Langkahnya pun simpel cukup buka bagian baterai dan bersihkan besi menggunakan cairan tersebut.

3. Rawat Tombol Remote

Cukup banyak pemilik televisi yang kurang merawat remote, sehingga tombol-tombolnya banyak debu menumpuk. Tidak hanya di bagian atas tombol saja, tetapi sampai masuk ke sela-sela lubang tombol. Hal ini tentu bisa menjadi masalah untuk remote yang tidak berfungsi.

Jadi akan lebih baik jika remote ini dilapisi dengan silikon atau dibersihkan secara berkala dengan menggunakan tisu basah. Usahakan untuk mengelap remote jangan terlalu basah pada bagian keypad dan tunggu sampai kering baru bisa digunakan.

4. Memperbaiki Sensor

Selain beberapa cara di atas, pemilik juga bisa menggunakan cara memperbaiki remot TV yang tidak merespon dengan perbaikan sensor. Ketika sensor remote sedang terhalang debu dan kotoran lainnya membuatnya tidak berfungsi untuk memindah channel.

Untuk memperbaiki sensor pada remote televisi ini pun cukup mudah, yakni dengan mengetuk pelan supaya debu hilang. Apabila masih tidak berfungsi, maka bisa membuka remote dan membersihkan kotoran tersebut secara manual.

5. Reset Ulang Remote

Saat sistem remote TV terkunci maka tidak dapat dipakai secara baik, maka harus dilakukan pengaturan ulang. Pada setiap remote televisi mempunyai langkah-langkah sendiri untuk pengaturan ulangnya. Namun secara umum bisa dilakukan dengan mudah oleh orang yang hafal menu remote.

Langkah umum untuk mengatur ulang remote adalah pilih tombol Menu > Lock. Kemudian isi kata sandi > Enter > Mute (3 kali). Selanjutnya mengisi kata sandi baru dan pilih Done. Coba gunakan kembali remote TV yang sudah diatur ulang.

6. Bawa ke Service Elektronik

Sedangkan untuk cara terakhir adalah dengan membawa remote televisi ke tukang service. Mungkin saja ada komponen-komponen dalam remote televisi yang perlu diganti atau ditangani secara khusus oleh teknisi. Dengan membawa ke tukang service elektronik merupakan pilihan paling tepat.

Jika keenam cara memperbaiki remot TV yang tidak merespon tidak ada hasilnya. Maka langkah lain yang bisa diambil adalah dengan membeli remote TV baru. Saat ini sudah banyak toko offline dan online yang menjual remote untuk televisi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *