Gadget

Beginilah Cara Memindahkan Video dari iPhone ke Laptop Melalui Aplikasi iTunes

10
×

Beginilah Cara Memindahkan Video dari iPhone ke Laptop Melalui Aplikasi iTunes

Sebarkan artikel ini

Tips Cara Memindahkan Video dari iPhone ke Laptop

Pengguna baru ponsel berlabel Apple yakni iPhone terkadang merasa kesulitan ketika ingin mentransfer file berupa video ke perangkat lainnya. Hal ini dikarenakan iPhone memilih membatasi akses fitur Bluetooth untuk hal-hal tertentu. Bagaimana cara memindahkan video dari iPhone ke laptop yang benar?

Mentransfer file dari perangkat satu ke perangkat lainnya seperti dari iPhone ke laptop memerlukan bantuan aplikasi khusus yang sudah disediakan pihak Apple. Aplikasi iTunes merupakan sebuah perangkat yang disediakan untuk laptop dalam membantu proses transfer sebuah file yang diinginkan dari perangkat iPhone.

Alasan Kenapa Apple Membatasi Penggunaan Fitur Bluetooth Pada iPhone

Fitur Bluetooth sudah terpasang pada hampir seluruh merek ponsel di dunia sebagai alat bantu untuk memindahkan suatu file. Sebelum membahas cara memindahkan video dari iPhone ke laptop, sebaiknya juga mengetahui alasan di balik pembatasan akses Bluetooth pada iPhone. Inilah alasannya:

  • Bagian strategi pemasaran perusahaan. Apple memiliki cara tersendiri untuk memberikan keuntungan yang lebih pada perusahaan. Salah satunya dengan membatasi akses penggunaan Bluetooth pada iPhone. Solusinya Apple memberikan aplikasi terpisah untuk PC atau laptop untuk membantu proses transfer file.
  • Menjaga keamanan perangkat. Penggunaan sistem operasi closed source menjadikan iPhone sebagai salah satu merek ponsel yang terbilang aman dari serangan virus berbahaya. Masalah ini mungkin menjadi perhatian utama dalam pembatasan akses melalui Bluetooth pada iPhone.
  • Keterbatasan pada sistem operasi. Karena sistem operasi yang digunakan yaitu sistem closed source, maka batasan-batasan tertentu berlaku dan harus dipatuhi oleh penggunanya. Fitur Bluetooth pada iPhone hanya bisa digunakan untuk mengakses beberapa perangkat seperti speaker dan headset.
  • Menghindari pembajakan. Pembajakan tentunya menjadi masalah serius yang harus diperhatikan dan dihindari keberadaannya. Ada banyak website yang mencoba menawarkan produk atau aplikasi dengan fitur-fitur serupa dengan membajak versi original perangkat tersebut dan dapat diunduh secara gratis.
  • Menjebak Konsumennya. Menjebak diartikan bahwa iPhone mencoba untuk mempertahankan kepercayaan konsumennya dengan memberikan fasilitas berupa keamanan tinggi sehingga penggunanya selalu merasa aman. Sehingga, iPhone mencoba merayu penggunanya agar tidak pindah ke OS yang lain.

Langkah-Langkah Memindahkan File dari Perangkat iPhone Ke Laptop

Setelah mengetahui informasi di atas. Selanjutnya, untuk melakukan proses pemindahan file pada iPhone, perusahaan Apple memiliki cara tersendiri agar pemindahan dapat dilakukan dengan aman sehingga dapat terhindar dari sesuatu yang tidak diinginkan. Di bawah ini adalah cara pemindahannya:

  • Download iTunes. Tahap pertama, pengguna iPhone harus mendownload terlebih dahulu aplikasi iTunes di website resmi Apple atau melalui Microsoft Store. Install aplikasi iTunes pada laptop.
  • Sambungkan iPhone ke laptop. Sambungkan perangkat iPhone ke laptop dengan menyambungkan kabel USB atau Wi-Fi. Diperlukan penyelarasan perangkat jika pengguna iPhone menggunakan sambungan Wi-Fi.
  • Pilih icon ponsel dan klik berbagi file. Cara memindahkan video dari iPhone ke laptop berikutnya adalah dengan membuka iTunes pada laptop, pilih icon ponsel dan klik berbagi file.
  • Pilih app perangkat yang digunakan. Pilih app perangkat yang pengguna pakai. Informasi app yang didukung iTunes dapat dilihat melalui dokumentasi app pengguna.
  • Proses memindahkan file. Pilih file yang akan ditransfer melalui perangkat iPhone pada menu daftar di sebelah kanan. Pilih “simpan ke” dan tentukan folder untuk menyimpan file yang akan ditransfer.
  • Pastikan file sudah ditransfer. Lokasi penyimpanan file dapat dilihat pada laptop dengan membuka App yang tadi dipilih pada langkah ke-4.

Seperti itulah cara memindahkan video dari iPhone ke laptop dengan sarana yang telah disediakan perusahaan Apple. Ikuti langkah-langkah di atas agar proses transfer file dapat berjalan dengan aman dan lancar bagi para pengguna ponsel iPhone.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *