Gadget

5 Aplikasi Menghemat Kuota untuk Smartphone, Dijamin Tidak Akan Boros

6
×

5 Aplikasi Menghemat Kuota untuk Smartphone, Dijamin Tidak Akan Boros

Sebarkan artikel ini

Inilah 5 Aplikasi Menghemat Kuota yang Perlu Dicoba

Di zaman sekarang rasanya hampir mustahil untuk berlepas diri dari internet. Terlalu asyik berinternet kadang sampai menyebabkan penggunanya boros kuota. Oleh karena itu, perlu bantuan aplikasi supaya tidak boros lagi. Artikel ini akan mengulas aplikasi menghemat kuota yang patut dicoba.

Aplikasi untuk menghemat pemakaian kuota antara lain My Data Manager, Data Usage Monitor, CM Data Monitor, Onavo Count, dan DataEye. Paparan terkait cara kerja aplikasi serta keunggulan dari masing-masing aplikasi dapat pengguna simak dengan jeli pada ulasan di bawah ini:

1. My Data Manager

Rekomendasi pertama perihal aplikasi menghemat kuota adalah My Data Manager. Aplikasi yang dikembangkan oleh developer Mobidia Technology ini dapat bekerja dengan baik dalam menelusuri penggunaan data internet dengan spesifik. Alhasil, pengguna pun bisa menggunakan data internet secara bijak.

My Data Manager memindai sistem smartphone untuk memeriksa aplikasi apa yang menghabiskan banyak kuota, dan menghentikan kinerja dari aplikasi tersebut. Keunggulan dari aplikasi ini yaitu adanya fitur alarm yang akan bordering dan mengingatkan penggunanya ketika penggunaan kuota telah melebihi batas.

2. Data Usage Monitor

Sesuai namanya, aplikasi ini cocok untuk memonitor pemakaian kuota dari aplikasi di smartphone. Pengguna Data Usage Monitor dapat mengatur aplikasi apa saja yang sekiranya membutuhkan banyak kuota. Selain itu, pengguna pun dapat mengatur aplikasi apa yang tidak memerlukan banyak kuota.

Pengaturan pemakaian kuota aplikasi akan membuat penggunanya lebih hemat kuota, karena kuota telah dialokasikan sesuai kebutuhan. Aplikasi ini sangat direkomendasikan bagi mereka yang sulit mengendalikan penggunaan aplikasi tertentu, sehingga menghabiskan banyak kuota.

3. CM Data Monitor

Selanjutnya, di urutan ketiga dalam rekomendasi aplikasi menghemat kuota ada aplikasi bernama CM Data Monitor. Sistem kerja dari aplikasi ini menyerupai aplikasi My Data Manager. Artinya, pengguna bisa mengelola sendiri pemakaian kuota internetnya sesuai keperluan atau keinginan.

Fitur unggulan dari CM Data Monitor adalah mampu mendeteksi aplikasi apa yang paling boros penggunaan kuotanya. Jadi, pengguna bisa mengurangi intensitas pemakaian aplikasi tersebut atau mengurangi kuota untuk aplikasi yang boros tadi. Pengguna juga dapat melihat seberapa besar kecepatan jaringan.

4. Onavo Count

Aplikasi keempat yang direkomendasikan untuk membantu menghemat kuota internet adalah Onavo Count. Aplikasi ini dapat bekerja dengan baik terutama ketika penggunanya sedang streaming video di internet. Onavo Count, secara otomatis akan mengkompresi data internet agar tidak boros.

Keunggulan dari aplikasi Onavo Count adalah tampilannya yang simple, sehingga memudahkan pengguna ketika memakainya. Pengguna juga bisa dengan mudah melihat informasi pemakaian data internet, entah itu penggunaan untuk latar belakang, aplikasi, hingga WiFi sekalipun.

5. DataEye

Rekomendasi terakhir terkait aplikasi menghemat kuota yakni DataEye. Fitur unggulan dari aplikasi Data Eye adalah fitur penghemat baterai. Sistem kerja dari fitur tersebut adalah dengan mematikan pemakaian aplikasi latar belakang yang tidak begitu penting. Maka, baterai pun bisa lebih hemat daya.

Pengguna DataEye bisa melihat dengan mudah aplikasi apa yang menyedot kuota secara berlebihan. Kemudian, pengguna bisa mengambil tindakan dengan mengatur kuota internet bagi aplikasi tersebut. Selain itu, pengguna juga dapat memblokir aplikasi yang tidak terlalu penting tetapi kerap menghabiskan kuota.

Demikian ulasan mengenai aplikasi menghemat kuota untuk smartphone Android yang bisa pengguna pakai agar tidak boros kuota. Setiap aplikasi menawarkan fitur unggulan yang dapat pengguna sesuaikan dengan keperluan pengguna. Ada baiknya melihat review dari masing-masing aplikasi sebelum memasangnya di smartphone.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *