Gadget

7 Aplikasi Mengetik dengan Suara Paling Akurat yang Bisa Dicoba

29
×

7 Aplikasi Mengetik dengan Suara Paling Akurat yang Bisa Dicoba

Sebarkan artikel ini

Inilah Aplikasi Mengetik dengan Suara yang Perlu Dikenali

Meski terlihat sepele, namun aktivitas mentranskrip suara ke dalam teks seringkali menjadi hal yang dihindari. Sebab aktivitas ini sangatlah membosankan dan melelahkan. Untungnya, kini sudah banyak aplikasi mengetik dengan suara yang dapat membantu.

Melalui aplikasi pengetikan otomatis ini, pengguna jadi tidak perlu repot lagi melakukan pengetikan secara manual. Lalu apa saja aplikasi yang bisa dipakai? Berikut ini rekomendasinya: 

1. Voice Notebook

Bila sedang mencari aplikasi mengetik dengan suara, Voice Notebook bisa jadi salah satu pilihannya. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat membuat catatan hanya dengan suara dan menyimpannya dalam perangkat atau mengirimkannya.

Namun untuk hasil yang lebih optimal pastikan bahwa jaringan internet yang digunakan stabil. Pemasangan Ganti paket bahasa juga diperlukan untuk mengenali suara. Selain itu, aplikasi ini juga mempunyai fitur hemat daya yang pastinya sangat bermanfaat.

2. Live Transcribe

Aplikasi yang dikembangkan oleh Google ini sebetulnya digarap untuk membantu penyandang tunarungu. Namun lambat laun Live Transcribe banyak digunakan orang untuk melakukan pengetikan otomatis.

Apa yang dibicarakan pengguna secara real time, nantinya akan diubah menjadi bentuk teks. Kelebihan dari aplikasi ini merupakan tampilan aplikasinya yang sederhana. Live Transcribe pun telah mempunyai kemampuan transkrip antar bahasa dan kompatibel untuk lebih dari 70 bahasa.

3. Write by Voice

Dari namanya saja pasti sudah tergambar apa fungsi dari aplikasi ini. Write by Voice juga diperuntukkan untuk melakukan pengetikan otomatis berdasarkan suara yang didengarnya. Setelah melakukan perekaman, hasilnya dapat langsung dikirimkan melalui email, messenger, atau aplikasi lain.

Hampir sama dengan aplikasi sebelumnya, Write by Voice juga mendukung penggunaan bahasa asing atau banyak bahasa. Keunggulan lainnya ada di mode hemat daya, pengaturan ukuran font, serta masih banyak lagi.

4. Speechnotes

Berikutnya aplikasi mengetik dengan suara yang direkomendasikan adalah Speechnotes. Kehadiran aplikasi ini terbukti membantu kegiatan transkrip rekaman suara, bahkan Speechnotes sudah diunduh jutaan orang.

Speechnotes sangat cocok bagi semua orang yang sedang membutuhkan penulisan cepat hanya dari sumber suara. Keistimewaan dari Speechnotes yaitu transkrip yang akurat, penggunaan aplikasi saat offline, bisa digunakan berjam-jam, ukuran file ringan, dan bisa mendeteksi kebisingan.

5. Notulite

Rekomendasi aplikasi yang dapat mempermudah aktivitas pengetikan yaitu aplikasi Notulite. Aplikasi yang dikembangkan oleh BahasaKita.co.id ini dapat mengubah suara menjadi teks dengan akurasi tinggi. Jadi walaupun rekaman suaranya cepat, Notulite tetap bisa mengidentifikasinya.

Keistimewaan Notulite yaitu memiliki kemampuan untuk mengenali lebih dari 1 karakter dari sumber suara. Ada juga fitur multi audio yang bisa mengubah suara menjadi bentuk suara yang diucapkan langsung. Fitur lainnya yaitu penyuntingan teks serta teks sesuai PUEBI.

6. Google Keyboard

Bagi para pengguna ponsel pintar bisa langsung menggunakan aplikasi ini, sebab ini merupakan aplikasi mengetik dengan suara bawaan. Jadi tak perlu memasang aplikasi lain. Cukup dengan mengetuk ikon mikrofon pada keyboard lalu mulai ucapkan suara sesuai apa yang ingin diketik.

Lebih dari 60 bahasa sudah dapat didukung oleh Google Keyboard. Namun aplikasi ini memang belum bisa dimanfaatkan untuk membuat rekaman suara pada aplikasi rekam suara Google.

7. Braina

Rekomendasi aplikasi yang terakhir adalah Brainly. Tak hanya mempunyai tampilan yang sangat sederhana, Braina juga tidak banyak tombol dan cukup praktis. Penggunaannya  pun cukup mudah, yaitu dengan mengetuk tombol mikrofon lalu ucapkan kata-kata yang ingin diketik saja.

Uniknya Braina menyediakan pengaturan kecepatan suara. Braina juga mendukung fungsi kebalikannya yaitu mengubah teks ke suara serta bisa menjadi asisten virtual penggunanya.

Semua aplikasi mengetik dengan suara tersebut bisa dimanfaatkan secara gratis dan mudah hanya dengan beberapa langkah mudah saja. Jadi kini tak perlu capek-capek lagi mengetik rekaman suara secara manual.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *