PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 1 Jakarta mencatat total 371.202 pelanggan telah menggunakan layanan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) selama periode libur panjang dan cuti bersama Hari Raya Waisak 2025, yang berlangsung pada 8 hingga 13 Mei 2025.
Manajer Humas Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko, menyampaikan bahwa dari total pelanggan tersebut, sebanyak 188.869 merupakan penumpang yang berangkat, dan 182.333 merupakan penumpang yang tiba di berbagai stasiun wilayah Daop 1 Jakarta.
Selama periode tersebut, Daop 1 mengoperasikan sebanyak 444 perjalanan KA, termasuk di antaranya 30 perjalanan KA tambahan, dengan rata-rata 74 KA per hari. Jumlah total tempat duduk (tempat duduk/TD) yang disediakan mencapai 240.768 seat, dengan rata-rata harian sebanyak 40.128 seat. Okupansi tempat duduk mencapai 78%, menandakan antusiasme tinggi masyarakat dalam memanfaatkan layanan kereta api selama libur panjang.
Rincian Volume Penumpang per Stasiun Keberangkatan :
Stasiun Gambir: 62.737 pelanggan
Stasiun Pasar Senen: 79.707 pelanggan
Bekasi: 23.986 pelanggan
Cikampek: 3.194 pelanggan
Cikarang: 6.697 pelanggan
Jatinegara: 9.882 pelanggan
Karawang: 2.666 pelanggan
Volume Kedatangan pelanggan :
Stasiun Gambir: 56.932 pelanggan
Stasiun Pasar Senen: 67.364 pelanggan
Bekasi: 24.122 pelanggan
Cikampek: 3.236 pelanggan
Cikarang: 6.361 pelanggan
Jatinegara: 21.406 pelanggan
Karawang: 2.912 pelanggan
Adapun volume keberangkatan penumpang tertinggi tercatat pada :
10 Mei 2025: 41.816 pelanggan
9 Mei 2025: 39.591 pelanggan
Layanan KA Tambahan Untuk mengakomodasi tingginya permintaan selama periode ini, KAI Daop 1 Jakarta menjalankan 30 KA tambahan, terdiri dari :
18 KA dari Stasiun Gambir (rata-rata 3 KA/hari)
12 KA dari Stasiun Pasar Senen (rata-rata 2 KA/hari)
Data Sementara Hari Ini, Rabu (14/5/2025) :
Total KA Berangkat: 69 KAJJ
Tempat Duduk Tersedia: 37.917 seat
Terjual: 14.627 seat (okupansi 39%)
Per Stasiun :
Stasiun Gambir: 35 KA, okupansi 28% (TD terjual 4.537)
Stasiun Pasar Senen: 34 KA, okupansi 29% (TD terjual 6.258)
“Selama masa long weekend ini, KAI Daop 1 Jakarta terus memastikan pelayanan berjalan lancar dan menjaga kenyamanan pelanggan di seluruh stasiun,” ujar Ixfan Hendriwintoko.
“KAI mengucapkan terima kasih atas kepercayaan pelanggan dalam menggunakan moda transportasi kereta api selama masa libur panjang Waisak. Kami tetap berkomitmen menghadirkan layanan yang aman, nyaman, dan tepat waktu,” ujar Ixfan Hendriwintoko, Humas PT KAI Daop 1 Jakarta.
Untuk informasi lebih lanjut, pelanggan dapat menghubungi Contact Center 121, situs resmi kai.id, maupun aplikasi Access by KAI.
Sumber : https://vritimes.com/id/articles/f6117d54-ecb8-41e3-a2b5-08dc4acd4511/2b9dd7e1-3094-11f0-87ff-0a58a9feac02
Tinggalkan Balasan Batalkan balasan