Bisnis

Mengenal Peluang Usaha Keripik Singkong dan Tips Untuk Mengembangkannya

×

Mengenal Peluang Usaha Keripik Singkong dan Tips Untuk Mengembangkannya

Sebarkan artikel ini

Peluang Usaha Keripik Singkong yang Harus Diketahui

peluang usaha keripik singkong

Singkong adalah salah satu dari banyak jenis umbi-umbian yang bisa diolah menjadi banyak jenis penganan. Contohnya direbus, dijadikan keripik, atau kue basah. Karena rasanya yang netral, singkong bisa diberi banyak rasa. Peluang usaha keripik singkong ini juga cukup menjanjikan.

Bentuknya yang tipis dan renyah membuat orang menjadikannya salah satu pilihan cemilan di saat menonton film, belajar, atau bekerja sekalipun. Karena jumlah modal yang diperlukan juga tidak terlalu besar, pengusaha yang ingin membuka usaha kuliner bisa mencoba bisnis ini.

Mengenal Peluang dari Usaha Keripik Singkong

Jika ingin memulai usaha keripik singkong, tentunya pengusaha harus mempelajari terlebih dahulu bagaimana situasi usahanya. Tujuannya, agar pengusaha bisa mengetahui celah mana yang bisa dimasuki serta produk seperti apa yang harus dibuat. 

Sama seperti halnya pengusaha perlu mengenal peluang usaha keripik singkong agar berkembang pesat. Agar tahu gambaran umumnya, yuk simak pembahasan berikut!

1. Minat Masyarakat terhadap Keripik

Usaha keripik merupakan usaha yang hampir tidak pernah sepi peminat. Kata kunci keripik dan jual keripik termasuk salah satu yang paling stabil dalam beberapa tahun terakhir, terutama saat pandemi. Keripik singkong menjadi salah satu pilihan keripik yang kerap dicari pembeli.

2. Segmentasi Pasar Keripik Singkong

Segmentasi pasar dari keripik singkong termasuk luas. Sebab semua keripik singkong tidak hanya disukai rentang usia tertentu saja, melainkan semua usia. Selain itu, keripik singkong adalah makanan yang skala kalangannya universal. Buktinya, keripik bisa ditemukan di warung, minimarket, bahkan supermarket.

3. Varian yang Bisa Dikreasikan

Keripik singkong bisa dibuat varian apa saja selain rasa asin sebagai rasa originalnya. Pilihan rasa lainnya adalah manis, pedas, balado, keju, rumput laut, dan masih banyak lagi. Rasa pedas ini merupakan salah satu varian yang paling laku di masyarakat.

4. Persaingan di Dunia Keripik Singkong

Berjualan keripik singkong merupakan salah satu bisnis yang persaingannya ketat. Meskipun peminat produknya banyak, namun usaha yang mengusung keripik singkong sebagai produknya juga tak kalah banyak. Saingannya tidak hanya berasal dari usaha rumahan saja, melainkan juga dengan perusahaan skala besar.

5. Resiko yang Dimiliki

Karena persaingan yang ketat, ada resiko keripik yang sudah diproduksi tidak laku di pasaran. Jika packaging bagus dan kedap udara, mungkin usia jual produk bisa jauh lebih lama. Namun, tidak menutup kemungkinan jika keripik akan ‘melempem’ jika dibiarkan terlalu lama.

Tips yang Bisa Dilakukan untuk Mengembangkan Usaha

Terdapat tips-tips yang bisa pengusaha lakukan agar usaha keripik singkong bisa berkembang dari usaha kecil sampai menjadi besar. Sebab, modal usaha dan niat yang kuat saja tidak cukup jika tidak diiringi dengan usaha-usaha yang lain. Yuk simak tips-tips yang ada berikut ini!

  • Mempelajari dan memperkaya ilmu tentang singkong. Semakin pengusaha mengerti bahan yang digunakan, bagaimana cara memproduksi dan mengolah keripik yang enak, semakin baguslah kualitas produknya.
  • Membuat konsep bisnis yang jelas. Mulai dari varian apa saja yang dibuat, bagaimana cara promosi dan memasarkannya.
  • Membuat kemasan yang menarik. Karena hal yang dilihat lebih dahulu oleh konsumen saat membeli produk adalah kemasannya, sehingga pastikan membuatnya semenarik mungkin.

Demikianlah pembahasan mengenai peluang usaha keripik singkong beserta tips-tips yang bisa digunakan untuk mengembangkan usahanya. Produk bisnis tidak harus yang sulit pembuatannya atau mahal harganya. Selama tekun dan berusaha, usaha kecil seperti keripik singkong pun bisa memberi keuntungan yang besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *