Bisnis

Mari Simak Modal Jualan Kopi Keliling, Cocok Untuk Pemula

43
×

Mari Simak Modal Jualan Kopi Keliling, Cocok Untuk Pemula

Sebarkan artikel ini

Modal Jualan Kopi Keliling Yang Harus Diketahui

Saat ini, tempat umum seperti taman di pusat kota semakin banyak pengunjungnya. Hal ini bisa menjadi peluang menjanjikan untuk memulai berdagang kopi seduh keliling. Namun sebelum itu, perlu diketahui modal jualan kopi keliling beserta peralatan lengkapnya.

Usaha kopi keliling atau bahasa kerennya “Starling” sekarang ini mulai banyak diminati. Rasanya sekarang ini minum kopi bukan hanya untuk melepas rasa kantuk saja. Namun sudah menjadi gaya hidup bagi mereka yang ingin benar-benar menikmati kopi dari segi rasanya.

Dalam memulai suatu usaha diperlukan modal, begitu juga dengan usaha kopi keliling ini. Di sini akan dijelaskan modal yang dibutuhkan agar punya pandangan jelas terhadap usaha kopi keliling ini.

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Untuk memulai jualan kopi keliling, tentunya ada beberapa peralatan yang dibutuhkan. Beberapa bahan tentunya jangan sampai dilewatkan. Peralatan dan bahan adalah hal utama yang harus disiapkan sebelum menjual secara keliling. 

Jangan sampai saat sudah memulai, ternyata ada peralatan yang kurang. Berikut daftar peralatannya:

1. Sepeda

Alat utama yang diperlukan untuk berjualan kopi secara keliling adalah sepeda. Dengan menggunakan sepeda, berjualan akan lebih mudah. Bentuk sepeda yang ramping akan memudahkan penjual menjangkau pembeli di tempat-tempat atau sudut taman yang kecil. 

Agar lebih murah, beli saja sepeda bekas namun dengan komponen yang masih mumpuni. Pastikan pula sepeda layak digunakan agar tidak membutuhkan perbaikan yang menguras kantong.

2. Termos

Peralatan kedua yang perlu disiapkan adalah termos. Jika ingin berjualan kopi, biasanya ada dua jenis minuman yang dijual, yaitu minuman panas dan dingin. 

Maka dari itu, siapkan dua jenis termos berbeda. Satu untuk air panas, dan yang satunya lagi untuk es batu. Beli saja termos ukuran sedang agar mudah dibawa.

3. Gelas Plastik

Sebagai alat untuk meminum kopi, yang biasa digunakan adalah gelas plastik. Sama seperti termos tadi ada dua jenis gelas plastik yang perlu untuk disiapkan. 

Pertama yaitu gelas plastik untuk kopi panas, kemudian yang kedua untuk kopi dingin. Biasanya, harga dua jenis plastik akan sama asal dengan ukuran yang sama pula.

4. Aneka Kopi

Pembeli tentunya memiliki selera yang tentunya berbeda. Sebagai penjual, pastikan untuk menyiapkan berbagai jenis kopi. Biasanya, yang paling populer dan sering disediakan adalah kopi tanpa gula, kopi plus gula, kopi susu, dan kopi jenis lainnya. 

Meski tidak membawa terlalu banyak, pastikan untuk membawa semua varian ini secara lengkap. Jika diperlukan, siapkan berbagai jenis minuman lain selain kopi, seperti teh, susu, atau minuman rasa lainnya. 

Semakin banyak varian, maka pembeli akan mempunyai beragam pilihan lain. Hal ini juga membuat pelanggan akan bertambah karena merasa memiliki banyak pilihan. Pastikan juga untuk menawarkan minuman dengan harga terjangkau.

5. Sedotan

Sedotan adalah peralatan yang opsional, pasalnya tidak semua pembeli menggunakan sedotan. Namun pasti ada saja yang akan merasa terbantu jika disediakan alat ini. 

Maka dari itu, akan lebih baik untuk menyediakan sedotan yang sesuai dengan gelas. Meski tidak banyak, tapi kehadiran alat ini pasti akan berguna.

Kisaran Modal yang Dibutuhkan

Sebenarnya, modal jualan kopi keliling tidak terlalu banyak. Semua alat dan bahan yang sudah dijelaskan di atas bisa dibeli dengan harga yang murah asal menemukan tempat yang tepat. 

Pastikan telah melakukan survei toko terlebih dahulu untuk mendapat harga paling murah. Berikut perhitungan modal yang dibutuhkan:

  • Sepeda bekas: Rp550.000
  • Termos air ukuran 2,5 liter: Rp150.000
  • Termos es ukuran 6,5 liter: Rp50.000
  • Gelas plastik kopi: Rp15.000
  • Gelas plastik es: Rp15.000
  • Aneka kopi dan minuman lain: Rp200.000
  • Sedotan:Rp10.000

Total kisaran modal yang dibutuhkan yaitu sekitar Rp990.000. Biaya modal tersebut bisa naik dan bisa turun tergantung wilayah beli peralatan. 

Itulah penjelasan mengenai modal jualan kopi keliling beserta alat dan bahan apa saja yang diperlukan. Karena tergantung dari daerah masing-masing, harganya tentu akan berbeda-beda menyesuaikan tempat dan waktu. Jadi, apakah tertarik memulai bisnis satu ini?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *