PT Kereta Api Indonesia (Persero) terus memperluas peran strategisnya sebagai katalisator kebangkitan nasional melalui transformasi transportasi berbasis nilai, teknologi, dan SDM. Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo menyampaikan hal ini dalam Mini Simposium Fakultas Psikologi Universitas Indonesia bertajuk Refleksi Hari Kebangkitan Nasional dari Perspektif Ilmu Psikologi, di Auditorium Gedung H Lantai 4, Fakultas Psikologi UI, Selasa (20/5).
Didiek menekankan bahwa Hari Kebangkitan Nasional bukan sekadar peringatan sejarah, melainkan pengingat bahwa perubahan besar lahir dari keberanian untuk bersatu dan bergerak bersama.
“Transformasi KAI bukan hanya agenda bisnis, tetapi bagian dari gerakan kebangsaan modern. Kebangkitan adalah keputusan sadar untuk berubah demi masa depan yang lebih baik,” tegasnya.
Transformasi KAI dijalankan dengan tiga fondasi utama: Business Transformation, Digital Transformation, serta Organization and Culture Transformation. Ketiganya menjadi arsitektur perubahan yang dirancang untuk mempercepat pemulihan pasca-pandemi dan membentuk organisasi yang lebih tangguh dan adaptif.
“Sejak krisis COVID-19, KAI menerapkan empat strategi krusial: perlindungan terhadap pelanggan dan pekerja, menjaga stabilitas finansial, efisiensi operasional, dan optimalisasi pendapatan alternatif. Pendekatan inilah yang menjadi dasar reformasi menyeluruh yang kini terus berlanjut,” jelas Didiek.
Vice President Public Relations KAI Anne Purba pada kesempatan terpisah menjelaskan bahwa salah satu kunci keberhasilan transformasi KAI yang berhubungan dengan kegiatan ini adalah pendekatan berbasis psikologi organisasi.
“Kami menyadari bahwa perubahan tidak akan berjalan tanpa kesiapan mental dan emosional SDM. Psikologi membantu kami menata ulang budaya, membentuk growth mindset, dan membangun resiliensi dari dalam,” ujar Anne.
Anne menambahkan bahwa transformasi tidak hanya bicara tentang teknologi, tetapi juga perilaku.
“Kami melihat manusia sebagai pusat perubahan. Dengan psikologi, kami memahami bagaimana menyampaikan visi dengan cara yang menyentuh emosi dan membangkitkan motivasi,” lanjutnya.
Dampaknya tercermin dalam berbagai indikator kinerja. Volume angkutan penumpang KAI Group pada 2024 mencapai 464 juta orang, sementara angkutan barang naik menjadi 69,2 juta ton. Dari sisi layanan, On Time Performance KAI mencapai 99,77% untuk keberangkatan dan 96,05% untuk kedatangan. Indeks Kepuasan Pelanggan di tahun 2024 mencatat skor 4,50, melampaui moda transportasi massal lain.
“Kepuasan publik tidak lepas dari keseimbangan antara inovasi dan pendekatan yang humanis. Inovasi layanan seperti Suite Class Compartment, Panoramic, integrasi dengan LRT Jabodebek, dan boarding dengan face recognition merupakan contoh transformasi berbasis pengalaman. Kami ingin pelanggan tidak hanya merasa dilayani, tapi juga dihargai,” ucap Anne.
Anne juga menyoroti pentingnya investasi pada SDM. “Lebih dari 40 kebijakan kesejahteraan telah dijalankan dalam lima tahun terakhir. Kenaikan biaya pegawai sebesar 30% disertai dengan peningkatan indeks kepuasan internal menunjukkan bahwa kami serius membangun dari dalam,” paparnya.
KAI juga memegang peran penting dalam dua Proyek Strategis Nasional: LRT Jabodebek dan Kereta Cepat Jakarta–Bandung. Kedua proyek ini masing-masing diresmikan pada 2 Oktober 2023 dan 28 Agustus 2023, dan melibatkan kompleksitas teknis serta koordinasi lintas sektor.
“Kami dipercaya bukan hanya karena kapasitas teknis, tapi karena ketangguhan budaya kerja. Kami percaya bahwa kebangkitan dimulai dari individu. Karyawan KAI adalah agen perubahan yang setiap harinya membuktikan bahwa transformasi bukan slogan, tapi kenyataan,” tutup Anne.
Sumber : https://vritimes.com/id/articles/3cb6d540-c9b3-11ef-b57b-0a58a9feac02/ed74ec63-3580-11f0-a99f-0a58a9feac02
Tinggalkan Balasan Batalkan balasan