Bisnis

Tahapan Sukses Jualan Pakan Ternak Yang Pasti Berhasil

8
×

Tahapan Sukses Jualan Pakan Ternak Yang Pasti Berhasil

Sebarkan artikel ini

Jualan Pakan Ternak yang Harus Diketahui

Ide bisnis jualan pakan ternak merupakan salah satu ide bisnis yang cukup bagus. Alasan mengapa bisnis pakan ternak harus dicoba adalah banyaknya pencinta hewan yang membutuhkan pakan untuk para peliharaannya. Mulai dari ayam, bebek, burung, kambing, sapi, dan lain sebagainya.

Pada dasarnya, semua bisnis yang dikelola memiliki tahapan agar bisa berjalan sukses dan lancar. Begitu pula dengan bisnis pakan ternak ini. Ada beberapa tahapan bisnis yang harus dilakukan untuk mewujudkan bisnis yang lancar. Apa sajakah tahapan tersebut? Berikut ini poin poinnya:

1. Membayar Modal Usaha

Tiap jenis usaha yang ada di dunia, pastilah didahului oleh hitungan modal. Persiapan modal harus cukup untuk bisa membuka usaha yang sukses. Modal ini tidak hanya meliputi modal barang jualan saja, melainkan juga modal tempat seperti warung atau toko.

Untuk modal pakan ternak, harga bisa berbeda beda tergantung dari domisili yang ditinggali. Perbedaan juga bisa berdasarkan dari merek pakan yang dijual. 

Ada pakan yang standar, biasanya modalnya pun cukup terjangkau. Namun ada yang modalnya sedikit lebih mahal. Tempat usaha yang dibutuhkan bisa didapatkan dari sewa atau membangun sendiri.

2. Mencari Distributor yang Tepat

Setelah mendapatkan tempat usaha, hal selanjutnya yang harus dilakukan oleh pengusaha adalah mencari distributor untuk barang. Mengapa mencari distributor dibilang penting? Distributor adalah tempat di mana pengusaha bisa mengambil barang untuk dijual.

Biasanya, distributor pakan ternak ada yang berupa toko pakan besar, ada juga yang diambil dari sales. Selain kedua pilihan itu, pengusaha juga bisa mengambil barang dari pabrik langsung. Carilah distributor yang paling memungkinkan dengan harga terendah agar pakan bisa dijual kembali oleh pengusaha dengan harga yang normal.

3. Menentukan Harga Jual

Apabila pengusaha sudah mendapatkan barang, hal selanjutnya adalah menentukan harga jual. Poin ini cukup penting karena inilah inti dari usaha jualan pakan ternak. 

Harga yang dipasang bisa menentukan keuntungan atau kerugian yang dialami oleh pengusaha sendiri. Ada sedikit masukan yang bisa diperhatikan saat memberi harga, yakni berilah harga barang sesuai dengan standar pasar. 

Namun, tetap perhatikan juga modal dan persen keuntungan yang bisa diambil. Lebih baik ambil untung sedikit agar bisa menarik pembeli, trik ini bisa digunakan dan ampuh agar banyak yang tertarik belanja di toko pengusaha.

4. Melakukan Promosi

Keuntungan penjualan tidak hanya bergantung dari pembeli yang datang ke toko. Untuk itu, pengusaha juga harus melakukan upaya promosi. Upaya iklan ini bisa dilakukan langsung melalui media sosial yang dimiliki. Tujuannya agar orang lain yang belum mengetahui produk, bisa tahu dan mungkin akan menjadi pembeli selanjutnya.

Seperti yang sebelumnya disebutkan, promosi bisa dilakukan di platform mana pun dan menggunakan segala jenis cara kreatif. Cara paling mudah adalah membagikan info toko di media sosial dan juga promosi promosi lainnya. Cara lainnya yaitu bisa memasang iklan di media koran, radio, dan sebagainya.

5. Memberikan Pelayanan Terbaik

Tahapan sukses berjualan pakan ternak yang terakhir adalah memberikan pelayanan terbaik. Dalam sebuah usaha, tidak semua pembeli hanya tertarik dengan produk bagus atau harga murah saja. Apabila pelayanan yang diberikan buruk, pembeli bisa merasa tidak puas dan berakhir tidak menjadi pelanggan.

Jadi, sebagai pemilik atau pengusaha, memberikan pelayanan yang baik juga harus dijadikan prioritas. Setiap ada pembeli yang datang, sebisa mungkin melayani dengan ramah dan penuh sabar. Pembeli akan merasa terkesan dan bisa jadi terus mengunjungi toko untuk waktu-waktu ke depannya.

Bisnis jualan pakan ternak bisa dikategorikan sebagai bisnis yang sulit sulit mudah. Poin menguntungkan dari bisnis ini adalah barang yang tidak mudah expired karena bukan menjual bahan makanan jadi. Banyak juga yang memiliki hewan peliharaan jadi bisnis ini termasuk sebagai bisnis menarik yang cukup menggiurkan untuk dicoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *