Bisnis

Tips Jualan Kacang Rebus di Era Modern

×

Tips Jualan Kacang Rebus di Era Modern

Sebarkan artikel ini

Jualan Kacang Rebus dan Dapatkan Omsetnya

jualan kacang rebus

Indonesia kaya akan keragaman hewani dan hayati, dan kacang menjadi komoditas unggulan sehingga ide jualan kacang rebus bisa diterapkan. Walaupun kacang tanah bukan merupakan tiga prioritas komoditi pangan di Indonesia, peluang bisnisnya besar. Dan, kacang rebus sudah menjadi camilan favorit.

Dalam acara luar ruangan masih ditemukan penjual kacang rebus, dijual dengan harga yang murah meriah. Tidak heran jika kacang rebus menjadi camilan yang digemari masyarakat. Meski terlihat sangat sepele, menjual kacang rebus bisa mendapatkan peluang yang cukup besar, berikut ini: 

1. Menetapkan Harga Menarik

Kacang tanah direbus ini tidak bergantung pada musim sehingga kapanpun bisa ditemukan. Karena merupakan camilan favorit masyarakat di Indonesia, maka dari itu akan banyak dicari. Sehingga perlu adanya penetapan harga agar tidak rugi dan tetap bisa mendapatkan untung yang banyak.

Penetapan harga ini merupakan penentu utama pada seorang penjual untuk menarik minat pembeli. Penjual perlu menetapkan harga dari tiap porsi kacang rebusnya untuk dapat bersaing. Jangan sampai harga kacang terlalu mahal atau terlalu murah.

2. Menentukan Target Pembeli

Untuk berjualan kacang rebus tidak semena-mena langsung berjualan begitu saja tanpa memperhatikan hal-hal penting. Untuk mendapatkan keuntungan penjual perlu memperhatikan aspek-aspek pendukung untuk meningkatkan penjualan. 

Salah satu aspek yang harus diperhatikan selain menentukan harga yakni menentukan target pembeli yang dituju. Penjual perlu menentukan target pembelinya agar mempermudah pemasaran serta penjualannya. 

Sebelum memulai berjualan perlu mensurvei terlebih dahulu konsumen yang ada di lingkungan tersebut. Bila sudah menemukan target pembeli maka penjualan pasti akan mendapat keuntungan dari target pembeli tersebut.

3. Memilih Bahan Baku Kacang Tanah yang Bagus

Tentunya jualan kacang rebus kita perlu memperhatikan kualitas produk yang akan dijualkan kepada konsumen. Bukan hanya memperhatikan harga yang sesuai dengan minat konsumen, penjual juga perlu memperhatikan kualitas produk. Karena tidak mungkin seorang konsumen ingin membeli produk yang tidak bagus.

Hal ini menjadi penting pula diperhatikan oleh penjual produk apapun itu. Bahan baku kacang tanah yang segar akan meningkatkan kualitas serta rasa lezat pada produk. Jangan hanya terpaku pada keuntungan dan tidak memperhatikan kualitas bahan baku demi mencapai sebuah keuntungan.

4. Menentukan Tempat Strategis

Jika aspek poin di atas sudah dipenuhi, maka selanjutnya yang harus diperhatikan untuk menaikkan keuntungan yakni dengan memilih tempat berjualan. Penjual harus tahu tempat mana yang strategis untuk penjualan kacang rebus. Karena tempat yang strategis akan menentukan banyaknya pembeli pula.

Bila penjual memilih tempat yang strategis, semisal di pinggir jalan raya, di depan pasar, atau bahkan di pasar malam. Maka dari tempat strategis tersebut pembeli akan mudah menemukan tempat penjualan. Sehingga hal ini perlu dipertimbangkan lagi untuk penjual jika berjualan.

5. Tambahkan Sebuah Inovasi

Apabila semua sudah terpenuhi, maka ada perlunya penjual untuk menambahkan inovasi dalam menjual kacang rebus. Karena berjualan kacang rebus telah banyak dijumpai, bila tidak ada inovasi muncul dari penjual. Maka, konsumen tidak akan banyak yang tertarik dengan penjualan kacang rebus.

Sesuatu inovasi yang baru dari berjualan kacang rebus dapat menjadi daya pikat unik bagi para konsumen. Jika penjualan kacang rebus sama saja seperti lainnya, maka tidak ada bedanya dengan penjual lain. Dengan itu, penjual bisa menginovasi varian rasa kacang rebus.

Itulah sejumlah tips untuk jualan kacang rebus di era modern ini. Tentunya dengan memperhatikan tips di atas, dapat meningkatkan penjualan dari kacang rebus. Jangan pernah berhenti untuk melakukan inovasi baru dalam berjualan.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Play.id