Bisnis

Ketahui Tips Jualan Ikan Segar Paling Menguntungkan Berikut!

6
×

Ketahui Tips Jualan Ikan Segar Paling Menguntungkan Berikut!

Sebarkan artikel ini

Jualan Ikan Segar Yang Paling Menguntungkan

Sebagai negara maritim yang sebagian besar berisi lautan, ikan bukan lagi menjadi makanan asing. Tidak ada salahnya jika ingin memulai usaha jualan ikan segar. Untuk mendapatkan kualitas ikan yang tergolong segar, kenalilah karakteristik nya terlebih dahulu.

Sekarang ini, usaha jualan ikan segar biasanya mayoritas bertempat di daerah sekitaran pantai. Pasar-pasar seafood juga banyak yang menjualnya. Jika ingin memulai untuk menjalankan usaha jualan ikan satu ini, simak tipsnya berikut:

1. Memilih Jenis Ikan

Bisnis akan lebih terarah dan terkontrol apabila sebelumnya sudah memilih jenis-jenis ikan tertentu yang akan dijual nantinya. Tapi sebelum mulai memilih jenis ikan, pastikan telah melakukan sebuah riset pasar terlebih dahulu.

Setelah itu, pastikan harga yang ditawarkan sesuai dengan jenis, kualitas, dan kelangkaan dari ikan tersebut. Harga yang bersaing secara tidak langsung akan mempromosikan bisnis ke lingkup lebih luas. Dengan begitu, bisnis akan cepat berkembang

2. Melakukan Riset Pasar

Dari riset pasar ini, nantinya pebisnis akan dapat mengetahui ikan jenis apa yang sedang laku di pasaran. Hal ini dapat menurunkan risiko kerugian saat memulai bisnis nanti. Selain itu, pebisnis juga akan tahu berbagai macam perilaku-perilaku pelanggan.

Semakin banyak seorang pebisnis mengenal perilaku dari pelanggan, semakin baik pula untuk lancarnya bisnis satu ini. Karena dengan mengetahui perilaku konsumen, tentu pebisnis dapat menyesuaikan diri agar konsumen tersebut setia dengan bisnis yang dibangun tersebut.

3. Mencari Pemasok yang Terpercaya

Tanpa adanya pemasok, kemungkinan seorang pebisnis akan susah memasok ikan dengan harga yang terjangkau. Usahakan untuk mencari pemasok lebih dari 1 orang agar stok ikan selalu tersedia. Pebisnis bisa mendapatkan stok ikan dari pemasok-pemasok lainnya.

4. Mempersiapkan Modal

Faktor terbesar yang menjadikan orang ragu untuk memulai usaha adalah modal. Salah satu cara yang dapat dicoba untuk mengurangi pemakaian modal yang besar yaitu dengan membuat hubungan yang baik dengan pemasok ikan.

Hubungan atas dasar kepercayaan dari pemasok ikan akan dapat menekan modal yang besar. Jaga kepercayaan tersebut agar dapat dimanfaatkan untuk seterusnya dan bisnis bisa berjalan lancar.

5. Mencari Lokasi Yang Strategis

Carilah tempat yang mudah ditemui dan ramai karena akan berpengaruh terhadap perkembangan bisnis jualan ikan. Salah satu rekomendasi tempat yang strategis yaitu pasar tradisional atau swalayan.

Walaupun kebanyakan dipatok dengan harga sewa tinggi, jika pebisnis yakin, uang yang digunakan untuk menyewa tempat tersebut tidak akan terasa berat. Terutama jika digunakan untuk memulai menjalankan bisnis ini. Karena hal tersebutlah yang dapat mempertahankan bisnis jadi lebih baik.

6. Menentukan Metode Penjualan

Cara pertama yaitu dengan langsung menjual ikan segar ke konsumen di pasar tradisional maupun swalayan. Tentunya cara ini cukup efektif tergantung keramaian pengunjung. Selain itu, bisa pula dengan memasok ikan kepada pedagang. Pebisnis berperan sebagai supplier dan tidak berdagang langsung kepada konsumen.

Cara ketiga yaitu memasok ikan untuk kebutuhan rumah makan dan restoran. Kemampuan komunikasi dan relasi yang baik sangat diperlukan disini. Potensi dari rumah makan atau restoran ini cukup menjanjikan dan peluang yang harus dicoba.

Jangan sampai pebisnis memberikan kualitas ikan yang buruk dan dapat membuat pembeli tidak ingin membeli lagi atau menimbulkan keracunan. Dukung pula dengan sarana promosi sebaik-baiknya untuk mendapatkan omset yang lebih baik.

Itulah beberapa tips untuk memulai usaha jualan ikan segar agar selalu cuan. Kualitas ikan yang pebisnis beli dapat mempengaruhi perkembangan bisnis nantinya. Jadi, usahakan untuk memilih ikan segar yang tepat dan sesuai minat pasar. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *