Bisnis

Tips Memulai Bisnis Jualan Ikan Laut Agar Sukses

5
×

Tips Memulai Bisnis Jualan Ikan Laut Agar Sukses

Sebarkan artikel ini

Tips Jualan Ikan Laut yang Harus Diketahui

Bisnis jualan ikan laut memang sangat potensial. Pasalnya ikan laut merupakan makanan yang banyak diminati karena mengandung gizi yang tinggi. Bisnis ini akan sangat menguntungkan apabila dimulai dan dikelola dengan cara yang tepat.

Bagi peminat bisnis jualan ikan laut yang masih bingung bagaimana cara memulai bisnis yang tepat. Berikut ini merupakan ulasan mengenai cara yang baik untuk memulai bisnis. Adapun cara-caranya yaitu sebagai berikut:

1. Melakukan Riset Pasar Untuk Menentukan Jenis Ikan Yang Akan Dijual

Melakukan riset pasar merupakan langkah awal untuk memulai bisnis jualan ikan laut. Calon penjual harus mengetahui jenis ikan laut yang seperti apa yang disenangi masyarakat sekitar, karena tidak semua jenis ikan laut disukai.

Dengan begitu penjual akan lebih mudah untuk menentukan jenis ikan apa saja yang akan dijual. Hal ini juga akan meminimalisir barang dagangan tidak laku karena hanya sedikit orang yang suka jenis ikan yang dijual.

2. Menyiapkan Modal Yang Cukup

Dalam menjalankan sebuah bisnis, hal paling utama yang harus ada agar bisnis bisa dimulai yaitu modal. Modal sendiri sebenarnya tidak melulu soal uang, apabila calon penjual memiliki tekad yang besar maka permasalahan tidak ada modal bukanlah sebuah halangan.

Penjual sendiri harus bisa menjalin hubungan yang baik dengan pemasok untuk membangun kepercayaan. Apabila pemasok sudah percaya, tak jarang pemasok yang memberikan barang terlebih dahulu, lalu penjual membayarnya setelah ikan terjual. Dengan begitu calon pebisnis bisa menekan modal yang besar.

3. Mencari Supplier Ikan Laut

Mencari supplier yang tepat merupakan langkah awal untuk memulai bisnis jualan ikan laut ini. Agar mendapatkan keuntungan yang maksimal pebisnis harus mampu menemukan pemasok yang mau memberikan harga murah. Dengan begitu pebisnis akan lebih mudah untuk menjual ikan kembali kepada konsumen.

Dalam mencari supplier usahakan untuk memiliki lebih dari satu supplier. Hal ini perlu dilakukan untuk berjaga-jaga, apabila stok ikan di supplier yang satu tidak ada maka pebisnis bisa mendapatkan stok ikan di supplier lain untuk memenuhi permintaan konsumen.

4. Menentukan Metode Penjualan (Cara memasarkan ikan)

Cara selanjutnya yang harus dilakukan yaitu menentukan metode penjualan atau cara memasarkan ikan. Bisa dijual secara langsung kepada konsumen di pasar atau di toko, bisa menjualnya dengan cara memasok para pedagang ikan, atau dengan cara memasok kebutuhan ikan di restoran atau rumah makan.

Jika metode penjualan yang akan diambil yaitu dengan cara menjualnya langsung ke konsumen maka pebisnis harus mampu menentukan tempat yang strategis untuk berjualan. Yang dimaksud dengan tempat yang strategis yaitu tempat yang mudah ditemukan seperti pasar tradisional, ruko, hingga supermarket.

5. Memberikan Harga Yang Bersaing

Harga yang bersaing menjadi daya tarik yang kuat bagi para konsumen. Bahkan tak jarang konsumen yang rela jauh-jauh untuk mendatangi sebuah toko demi mendapatkan harga yang murah.

Oleh karena itu memberikan harga yang bersaing merupakan cara yang tepat untuk menarik pelanggan agar bisnis cepat berkembang. Dengan memberikan harga yang bersaing juga merupakan salah satu metode promosi agar bisnis yang dijalankan lebih dikenal masyarakat luas.

6. Mengolah Ikan Yang Sisa

Ada ikan sisa yang tidak laku terjual merupakan hal yang wajar. Namun meskipun begitu pebisnis harus mampu mencari cara agar ikan yang sisa tetap bernilai tinggi. Cara yang bisa dilakukan untuk menjaga nilai ikan sisa yaitu dengan mengolahnya menjadi suatu makanan yang bisa dijual.

Dengan begitu penjual bisa meminimalisir kerugian dari ikan yang tidak laku. Bahkan biasanya ikan sisa yang sudah diolah memiliki harga jual yang lebih tinggi dibanding ikan mentah.

7. Menghitung Pendapatan Dan Menentukan Target Penjualan

Menghitung pendapatan harus dilakukan untuk mengetahui perkembangan bisnis. Apakah bisnis yang dijalankan semakin berkembang atau semakin merosot. Dengan begitu pebisnis akan lebih mudah dalam menentukan arah pengembangan yang harus dilakukan.

Setelah menghitung pendapatan selanjutnya pebisnis juga harus menentukan target penjualan. Dengan membuat target dalam menjalankan suatu bisnis maka akan membuat bisnis semakin cepat berkembang.

Nah demikianlah penjelasan mengenai tips memulai bisnis jualan ikan laut yang baik dan tepat. Apabila suatu bisnis dimulai dan dikelola dengan cara yang tepat maka bisnis akan cepat berkembang dan sangat menguntungkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *