Bisnis

Cara Menentukan Harga Jual Produk Bagi Reseller Ini Dijamin Tak Menyulitkan

6
×

Cara Menentukan Harga Jual Produk Bagi Reseller Ini Dijamin Tak Menyulitkan

Sebarkan artikel ini

Cara Menentukan Harga Jual Produk Bagi Reseller yang Harus Diketahui

Bisnis online shop tidak selamanya menguntungkan. Namun, tidak ada salahnya mencoba bisnis ini karena  menjanjikan. Apabila sudah memiliki reseller, maka bisnisnya sudah berkembang. Namun kesulitannya yaitu menentukan harga jual, ini  cara menentukan harga jual produk bagi reseller yang bisa diterapkan:

1. Tentukan Target Pembeli

Memang tak akan mudah menentukan harga jual ini karena harus menentukan beberapa faktor, salah satunya target pembeli. Salah dalam mengambil keputusan untuk menetapkan harga akan berdampak pada sepinya pembeli.

Target pembeli harus segera dipilih supaya bisa mematok berapa harga jual yang paling sesuai. Apabila targetnya merupakan mahasiswa, maka harganya pun tidak terlalu tinggi agar banyak yang membelinya. Namun, jika targetnya pegawai kantoran, harga jual tinggi tidak masalah.

Lihatlah produk yang akan dijual tersebut dan tentukan target yang paling sesuai dengan produk yang dijual. Tentu tak akan sulit untuk menentukan target tersebut setelah mengetahui nilai guna dari produk yang akan dijual oleh reseller.

2. Hitung  Biaya Produksi

Silahkan hitung biaya produksi yang dibutuhkan untuk membuat barang tersebut. hal tersebut dilakukan supaya bisa mengetahui harga jual, promo menarik, diskon, dan lainnya. Biaya produksi ini juga harus dipisahkan dengan biaya pribadi agar keuntungannya dapat diketahui secara jelas.

Menghitung biaya produksi ini harus dilihat per satuan produk bukan secara keseluruhan. Hal tersebut dilakukan, supaya penjual bisa menentukan harga jualnya kepada reseller yang ingin menjual produk tersebut kepada konsumen.

3. Pertimbangkan Harga Kompetitor

Cari tahu pula harga produk tersebut di kompetitor yang lain supaya harga yang ditentukan tidak terlalu melenceng jauh. Apabila harga yang ditawarkan cenderung terlalu mahal tentu akan membuat pembeli merasa enggan untuk mengoleksi produk tersebut.

Harga yang terlalu murah juga tidak diperkenankan karena akan merugikan bagi penjualnya. Lihatlah terlebih dahulu harga produk tersebut di lingkungan sekitar agar tidak merasa kecewa ketika sudah mematok harganya. Survey harga ini bisa dilakukan via online.

4. Tentukan Target Pengembang Bisnis

Cara menentukan harga jual produk bagi reseller selanjutnya yaitu tentukan target pengembangan bisnis. Penjual bisa memberikan hadiah kepada reseller yang mampu menjual produk dalam jumlah yang banyak sehingga mampu meningkatkan penjualannya.

Perlu diketahui bahwa peran reseller dalam mengembangkan bisnis memang cukup besar sehingga tidak boleh disia-siakan begitu saja. Semakin banyak reseller, maka orang yang mempromosikan produk menjadi bertambah sehingga keberadaan reseller ini patut dijaga dengan baik.

5. Berikan Harga Khusus

Berikan harga khusus untuk reseller karena nantinya reseller tersebut akan menjual produknya ke konsumen sehingga harusnya lebih murah. Ambillah keuntungan yang tidak terlalu banyak. Apabila biasanya keuntungan yang diambil 35%, maka untuk reseller ambil saja 25%.

Setelah memberikan harga pastinya, penjual juga bisa menambahkan potongan harga dengan minimal pembelian barang sesuai yang sudah ditentukan oleh penjual. Dengan begitu, reseller akan semakin betah untuk berlangganan produknya dan tidak akan berpindah ke penjual lain.

Penjual juga bisa menggunakan sistem member. Dimana, member tersebut bisa mendapatkan harga yang lebih miring dibandingkan dengan pembeli pada umumnya. Bisa juga dengan memberikan harga khusus pada hari ulang tahun reseller sebagai salah satu bentuk loyalitas.

Beberapa cara menentukan harga jual produk bagi reseller tersebut memang harus diperhatikan dengan baik supaya tidak sampai terlewatkan. Penjual bisa menentukan caranya sesuai dengan selera dan strategi marketing yang telah diperhitungkan. Perlakukanlah reseller tersebut dengan baik karena sebenarnya mereka sangat membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *