Bisnis

Simak Cara Membuat Barcode Produk Untuk Jualan Secara Mudah!

9
×

Simak Cara Membuat Barcode Produk Untuk Jualan Secara Mudah!

Sebarkan artikel ini

Cara Membuat Barcode Produk yang MUdah

Barcode yang terdapat pada balik kemasan suatu produk kerap digunakan oleh para penjual guna melacak atau memindai tipe suatu barang. Penjual harus mengetahui bagaimana cara membuat barcode produk secara mudah dan benar agar bisa memindai produk, serta mempercepat input data.

Kemajuan teknologi membawa kemajuan pula pada pembuatan barcode produk. Saat ini, penjual tak perlu memiliki alat pembuat barcode. Hanya dengan mengunduh beberapa aplikasi, atau juga bisa mengunjungi website pembuat barcode sudah bisa membuat barcode untuk produk secara cepat. Berikut ulasannya:

Melalui Website

Cara membuat barcode produk bisa dilakukan dengan mudah, aman, dan cepat menggunakan pelbagai website yang memang dirancang untuk membuat barcode. Website yang akan tersaji di bawah bisa diakses dengan gratis. Simak rekomendasi website berikut:

1. Barcode Graphic

Pembuatan barcode untuk produk bisa dioperasikan melalui website Barcode Graphic yang bisa dicari di Google. Cara pembuatannya pun mudah, penjual cukup menunjukkan tulisan produk yang nantinya website akan secara otomatis mengubahnya menjadi kode bar. Ukuran kode bar pada produk bisa diatur.

2. Barcodes

Situs selanjutnya yang bisa dimanfaatkan untuk membuat barcode adalah Barcodes. Tahapan yang bisa diikuti untuk mengaplikasikan website tersebut adalah sebagai berikut:

  • Cari Barcodes di Google.
  • Klik hasil pencarian paling atas.
  • Ikuti wizard barcode untuk pembuatan kode digital.
  • Atur nama beserta nomor seri di setiap barang di situs agar dapat menghasilkan barcode.
  • Barcode pada produk sudah terdaftar dan bisa digunakan.

3. Create Barcodes

Website yang terakhir ini mudah untuk digunakan. Maka dari itu, penjual tidak perlu khawatir kebingungan akan cara aksesnya. Tutorial pembuatan barcode ditampilkan di dalam website, mari simak tahapannya berikut:

  • Temukan website Create Barcodes di Google, lalu klik hasil penelusuran paling atas.
  • Ikuti tahapan yang terpampang di layar website.
  • Beri nama beserta nomor seri pada setiap produk.
  • Tempelkan barcode di produk yang diinginkan.

Melalui Aplikasi

Tak hanya dapat memanfaatkan website saja, pembuatan barcode juga bisa dilakukan melalui aplikasi. Beberapa aplikasi tersedia guna membantu penjual membuat barcode untuk produk jualan. Inilah beberapa aplikasi yang dapat digunakan:

1. Barcode Generator

Aplikasi ini dapat diunduh serta digunakan oleh pengguna Android. Tahapan awalnya adalah cukup mengunduh terlebih dahulu aplikasi tersebut di Play Store. Kemudian, penjual bisa mengikuti beberapa tahapan yang disajikan berikut:

  • Klik ikon bergambar tanda plus pada layar aplikasi.
  • Pilih menu tambahkan kode atau add code.
  • Tentukan jenis barcode yang ingin dipasang, seperti contoh Codabar, QR Code, Code 128, dan lainnya.
  • Isi data informasi pada produk yang akan dipasangi barcode.
  • Klik centang dan pilih menu ekspor agar bisa mencetak kode barcode yang telah dibuat, lalu pasang kodenya ke produk.

2. Qrafter for iOS

Sesuai dengan judul aplikasi, Qrafter hanya ditujukan bagi pengguna iOS saja. Cara penggunaannya pun hampir mirip dengan proses pembuatan di aplikasi Barcode Generator. Nantinya, barcode produk yang dihasilkan pun bisa dipindai melalui Qrafter for iOS.

Tahapannya hanya cukup mengikuti apa yang disajikan pada layar aplikasi. Kemudian, tambahkan kode untuk dijadikan barcode produk dan isi keterangan yang akan ditampilkan saat memindai produk. Simpan barcode yang telah dihasilkan.

Demikian ulasan mengenai pelbagai cara membuat barcode produk secara mudah dan dapat diakses dengan gampang oleh pengguna. Semua cara di atas tentunya harus disimak baik-baik supaya tidak salah langkah selama mengikuti alur tahapannya. Maka dari itu, pengguna harus menyelesaikan caranya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *