Bisnis

Pahami 5 Cara Jualan di eBay Ini! Dijamin Menguntungkan!

35
×

Pahami 5 Cara Jualan di eBay Ini! Dijamin Menguntungkan!

Sebarkan artikel ini

Cara Jualan di eBay Agar Dapat Keuntungan

Sebagai salah satu platform ecommerce favorit, eBay terbukti mampu menghasilkan keuntungan bagi masyarakat. Teknologi yang kian maju membuat masyarakat berlomba-lomba ingin meraup keuntungan, mengingat cara jualan di eBay terbilang cukup mudah. 

Perlu diketahui bahwa dalam berjualan di eBay, terutama untuk produk barang bekas tidak memerlukan keahlian khusus. Pasalnya, hal terpenting yang diperlukan adalah dapat menarik pelanggan yang potensial. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

1. Pastikan Barang yang Pasti Dibutuhkan

Kendati eBay terkenal dengan situs penjualan barang bekas, penjual tetap perlu memastikan barang yang akan dijual adalah barang yang memiliki nilai. Tentu saja mengenai hal ini, penjual harus teliti agar tidak asal dalam menjajakan barang berkas di situs eBay.

Barang-barang bekas yang dijual pun juga harus dipilih dengan pertimbangan bahwa barang tersebut masih layak pakai. Hindari penjualan barang bekas sekali pakai dan kurang dibutuhkan oleh masyarakat. Contohnya adalah barang tersebut pasti dibutuhkan terus-menerus, seperti rak barang atau tas bekas.

2. Buatlah Akun eBay

Yang paling penting selanjutnya adalah membuat akun eBay guna memudahkan proses jual-beli barang. Pembuatan akun di eBay harus membutuhkan beberapa langkah verifikasi untuk keamanan akun penjual yang baru, seperti verifikasi e-mail dan koneksi terhadap kartu kredit atau debit.

Akun yang baik adalah akun bisnis yang mudah dikenal atau diingat oleh pengguna eBay yang lain. Penting juga untuk melampirkan detail alamat, e-mail, dan nomor kontak yang dapat dihubungi untuk memudahkan proses transaksi eBay. Pastikan data tersebut sudah benar agar proses berjalan lancar.

3. Atur Cara Pembayaran

Dalam sistem penjualan di eBay, pembayaran yang biasa dilakukan adalah melalui platform Paypal. Pendaftaran di Paypal pun tidak perlu mengharuskan penjual untuk melewati langkah yang rumit. Bahkan, pendaftarannya dapat dilakukan hanya melalui kartu debit saja

Melalui Paypal, pembeli juga dapat menggunakan kartu kredit untuk melangsungkan pembayaran. Penjual juga perlu memperhatikan dan memeriksa kembali kebijakan pembayaran yang diterima oleh pihak eBay guna mengetahui opsi yang diterima.

4. Ambillah Gambar yang Bagus

Tangkapan gambar yang pantas dan enak dipandang adalah salah satu daya tarik bagi pembeli untuk memutuskan pembelian. Terlebih apabila barang yang dijual adalah barang bekas yang terkesan tidak berguna. Foto yang optimal akan memudahkan pembeli untuk mengidentifikasi barang yang dipilih.

Selain itu, tujuan dari pengambilan foto yang bagus adalah agar foto tetap terkesan lebih unggul daripada kompetitor. Kesan pertama yang harus dibangun penjual kepada pembeli adalah bahwa barang bekas yang dijual masih dapat berfungsi dengan baik sekaligus bagus apabila dipakai.

5. Sediakan Layanan Pelanggan

Penting juga bagi penjual untuk selalu sigap dalam melayani pertanyaan atau tanggapan dari pembeli. Pasalnya, kenyamanan pembeli dalam berkomunikasi dengan penjual adalah salah satu aspek penting untuk keberlanjutan suatu usaha bisnis. Maka dari itu, penting untuk selalu ramah dan fast-response.

Layanan pelanggan juga dapat membantu pembeli untuk mengatasi masalah tertentu seperti kendala pengiriman dan barang tidak sesuai pesanan. Di sini, penjual harus selalu ramah dalam menanggapi tanpa perlu merugikan pembeli.

Itulah 5 cara jualan di eBay yang penting untuk dipahami bagi penjual pemula yang ingin merintis bisnis barang bekas. Kuncinya adalah memastikan bahwa produk, sistem pembayaran, dan pelayanan bagi pembeli sudah baik sehingga dapat memuaskan pembeli serta memperluas jangkauan pasar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *