Bisnis

Yuk Simak Cara Jualan di Alibaba sebagai Seller Gratis dan Gold Supplier!

11
×

Yuk Simak Cara Jualan di Alibaba sebagai Seller Gratis dan Gold Supplier!

Sebarkan artikel ini

Cara Jualan di Alibaba yang Harus Diketahui

Jika berbicara soal dunia online shopping, tidak lengkap rasanya jika tidak menyebutkan nama Alibaba sebagai marketplace besar di dunia. Tidak hanya cara berbelanjanya yang mudah, cara jualan di Alibaba pun sama mudahnya. Nama besar Alibaba tidak perlu diragukan lagi kehebatannya.

Namun sebelum bergabung sebagai penjual, pengguna harus mempelajari beberapa informasi mengenai Alibaba terlebih dahulu. Sebab, ada dua jenis penjual yang ada di marketplace yang satu ini, yakni sebagai penjual gratis dan gold supplier. Lantas bagaimana cara mendaftar kedua cara tersebut?

Cara Berjualan Sebagai Penjual Gratis di Alibaba

Apabila pengguna adalah penjual yang baru mulai belajar berbisnis di Alibaba, cobalah menjadi seller penjual gratis terlebih dahulu. Nantinya, pengguna bisa menikmati fitur-fitur yang ada di Alibaba secara gratis. Jika menjadi penjual gratis, penjual bisa mengunggah 5 pilihan produk.

Namun meskipun semua fiturnya biasa, pengguna masih tetap dapat melayani pelanggan-pelanggan yang ingin membeli produk pengguna. Alibaba akan tetap bergerak cepat dalam memproses pesanan pelanggan, karena Alibaba bekerja setiap hari tanpa beristirahat. Beginilah cara mendaftar sebagai penjual gratis di Alibaba:

  • Bukalah situs Alibaba dari browser handphone maupun laptop, jika tampilan laman sudah terbuka, carilah menu ‘Join for Free’. Jika tidak ingin meng-upgrade versi toko, apabila muncul pemberitahuan untuk menjadi gold supplier, abaikan saja.
  • Kemudian isilah data diri seperti kewarganegaraan atau lokasi bisnis, email, serta password. Jangan lupa lengkapi nama pengguna, nama toko milik pengguna di Alibaba, serta nomor telepon yang akan digunakan. Setelah menyalin kode yang terlihat, kliklah ‘Create My Account’.
  • Jika ingin join dengan cepat, login-lah dengan menggunakan akun media sosial seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, atau akun Gmail.
  • Setelah itu, pengguna tinggal melengkapi profil toko, isilah kolom-kolom yang sudah tersedia. Jika sudah melengkapi semua dan menyimpannya, pengguna tinggal melengkapi informasi produk.
  • Masukkanlah nama produk, juga kata kunci dari produk, serta tentukanlah kategori dari barang. Berikanlah deskripsi singkat, padat, namun menjelaskan produk secara keseluruhan, setelah itu klik next. Lengkapi juga detail-detail produk lainnya.
  • Jangan lupa masukkan foto berkualitas baik dari berbagai angle agar pembeli bisa melihat foto produk dengan jelas. 
  • Aturlah opsi pembayaran bagi pembeli, minimal jumlah pesanan, harga produk per pieces-nya, waktu pengiriman, kapasitas produksi, serta bagaimana cara pengemasannya. Kemudian klik ‘Submit’.

Cara Berjualan Sebagai Gold Supplier di Alibaba

Apabila bisnis milik pengguna termasuk besar dan membutuhkan fitur tanpa batas, jadilah Gold Supplier. Ada peringkat toko, desain toko, serta kesempatan untuk ikut ajang tender pembelian di Alibaba jika menjadi Gold Supplier. Kesempatan melebarkan bisnis menjadi jauh lebih besar.

Pengguna harus membayar sejumlah uang untuk mendapatkan hak-hak istimewa dari keanggotaan eksklusif ini. Cara jualan di Alibaba sebagai gold supplier sebenarnya tidak jauh berbeda dengan penjual gratis. Namun, ada beberapa hal yang harus dilengkapi oleh pengguna saat mendaftar. Begini caranya:

  • Pengguna diharuskan untuk mengisi berbagai form pendaftaran. Profil usaha gold supplier harus dibuat jauh lebih menarik, karena biasanya gold supplier akan lebih direkomendasikan dibandingkan toko biasa.
  • Pengguna gold supplier akan diminta untuk melengkapi dokumen untuk verifikasi khusus dalam bentuk gambar atau scan file. Jika semua dokumen sudah diunggah, pengguna tinggal menunggu pihak Alibaba menghubungi pengguna untuk verifikasi ulang.
  • Lakukanlah verifikasi ulang sesuai dengan petunjuk yang diberikan oleh pihak Alibaba. Jangan lupa untuk melunasi pembayaran untuk menjadi gold supplier sesuai dengan yang diminta. Masukkan bukti pembayaran di laman verifikasi.
  • Jika proses verifikasi sudah selesai, produk-produk milik pengguna sudah boleh diunggah. Lengkapi data-data produk sama seperti dengan toko penjual biasa. Jika sudah, submit semua data-datanya dan toko sudah siap untuk beroperasi.

Nah, itulah dua pilihan cara jualan di Alibaba yang bisa pengguna pilih sesuai kebutuhan masing-masing. Jika ingin gratis namun fiturnya terbatas, pilihlah cara berjualan sebagai penjual gratis. Namun jika ingin lebih totalitas dan mau mengeluarkan budget lebih, pilihlah gold supplier.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *