Berita  

Indonesia No 4! Inilah Negara Terpadat di Dunia 2022

ilustrasi populasi padat di hong kong
Lebih dari 1 juta orang berbaris memprotes RUU ekstradisi yang kontroversial di Hong Kong, 09/06/2019

Hampir separuh populasi manusia tinggal di 6 negara terpadat didunia, dan diperkirakan akan melampuai 8 Miliar pada bulan november menurut PBB.

Faktor Padatnya Penduduk

Kepadatan penduduk dilihat dari perbandingan antara jumlah penduduk dengan luasnya daerah yang ditempati. Biasanya pusat perekonomian serta pemukiman merupakan kawasan dengan kepadatan penduduk yang tinggi. Tiga faktor yang menyebabkan padatnya penduduk adalah sebagai berikut:

1. Fisiografis
Indikator fisiografis terdiri dari iklim, ketersediaan air, letak ketinggian, kondisi sumber daya dan kesuburan tanah.

2. Ekonomi
Daerah dengan banyak industri adalah wilayah dengan pertumbuhan ekonomi yang pesat dan pastinya akan menarik lebih banyak pendatang. Faktor seperti upah/gaji tinggi dan ketersedian lapangan pekerjaan juga ikut berpengaruh.

3. Sosial Budaya
Keadaan dengan lingkungan yang kondusif juga menjadi salah satu penyebab seseorang untuk menetap pada sebuah wilayah. Selain itu perkotaan yang jauh lebih modern sering menjadi pilihan bagi masyarakat untuk tinggal atau menetap di sebuah kota.

Negara dengan Penduduk Terpadat

1. Cina

Cina juga disebut Tiongkok merupakan negara terbesar ketiga setelah Rusia, Canada dan Amerika Serikat. Dengan penduduk 1,426 Milyar jiwa menempati daratan tersebut, namun penyebaran penduduk tidak merata. Kebanyakan mereka tinggal di kota yang telah dihuni lebih dari 1 juta penduduk. Kota Sanghai diperkiraan ditinggali oleh 24 juta jiwa dan Beijing sebanyak 21 juta jiwa.

2. India

Pada urutan ke dua negara terpadat di dunia ditempati oleh India dengan penduduk yang diperkirakan sekitar 1,417 milyar menempati negara tersebut. Kota Delhi ditinggali 29 juta jiwa dan Mumbai 20 juta jiwa termasuk kedalam sepuluh kota terpadat di dunia.

3. Amerika Serikat

Amerika Serikat adalah negara terpadat ke tiga dengan penduduk sebanyak 332 juta jiwa. Kota dengan jumlah penduduk paling padat di Amerika Serikat adlah New York dan Los Angeles.

4. Indonesia

Indonesia ternyata menempati urutan ke empat dari negara dengan penduduk terpadat di dunia dengan jumlah penduduk mencapai 275 juta. Kota dengan penduduk terpadat di Indonesia adalah Jakarta dengan total 3 juta jiwa dan Surabaya sebanyak 2.8 juta.

Indonesia juga adalah negara kepulauan terbesar di dunia dengan perkiraan lebih dari 13 ribu pulau, dan negara dengan pemeluk agama islam terbanyak di dunia.

5. Pakistan

Negara dengan penduduk terbanyak di urutan ke lima adalah Pakistan, dengan populasi mencapai 235.8 juta. Pakistan juga menjadi negara dengan pemeluk agama islam terbanyak ke dua setelah Indonesia.

6. Nigeria

Nigeria merupakan negara di wilayah Afrika Barat, dengan populasi penduduk sebanyak 218 juta jiwa. Negara ini juga merupakan negara paling maju di benua Afrika. Sedangkan masyarakatnya memeluk agama Kristen sekitar 51% dan Islam 40%.

7. Brasil

Brasil adalah negara terpadat nomor 7 di dunia, dengan penduduk sebanyak 215 juta. Kebanyakan penduduk brasil menganut agama Katolik Roma yaitu sekitar 74% dan agama Protestan sebanyak 15,4%.

8. Bangladesh

Bangladesh adalah negara di bagian Asia Selatan yang berbatasan dengan India dan Myanmar. Negara ini memiliki penduduk sebanyak 171 juta jiwa dengan 98% bersuku Bengali. Kebanyakan penduduknya memeluk agama Islam.

9. Rusia

Rusia merupakan pecahan Uni Soviet dan menjadi negara terbesar di dunia sekaligus negara dengan penduduk paling banyak di urutan ke 9. Populasi di negara Rusia diperkirakan sekitar 144 juta.

10. Meksiko

Meksiko merupakan negara dengan penduduk paling banyak di urutan ke 10, diperkirakan penduduknya mencapai 127 juta. Negara Meksiko berada di bagian utara Amerika dan berbatasan dengan Amerika Serikat.

Itulah negara dengan penduduk terbanyak sekaligus terpadat di dunia. Indonesia sendiri menempati urutan ke empat dalam daftar tersebut. Namun jumlah penduduk akan terus bertambah sehingga mungkin saja daftarnya ikut berubah.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *