Berita  

5 Negara Termiskin di Dunia! Untungnya tidak ada Indonesia

Ilustrasi kemiskinan di dunia

Banyak negara dengan pendapatan perkapita sangat rendah sehingga masuk dalam jajaran negara termiskin di dunia, dibandingkan dengan negara berkembang saja perbedaanya sangat jauh. Tidak heran jika kelaparan menjadi hal lumrah bagi negara miskin tersebut, bahkan berbagai penyakit pun bisa kamu temukan di negara-negara itu.

Negara Termiskin di Dunia

Ilustrasi negara miskin
Sumber: Unsplash David Goldman

Untuk mengetahui negara termiskin di dunia saya mengambil data dari bank dunia berdasarkan GNI (Gross National Info), data tesebut tidak hanya menyertakan pendapatan dalam negeri saja tapi termasuk pembayaran oleh luar negeri seperti investasi. Berikut negara termiskin menurut data terbaru yang saya ambil pada tanggal 6 Oktober 2022:

  1. Burundi
  2. Somalia
  3. Mozambique
  4. Madagascar
  5. Afghanistan

1. Burundi

Burundi atau Republik Burundi merupakan negara dengan wilayah yang terkurung oleh daratan dan terletak di daerah tengah benua Afrika. Pendapatan GNI perkapita negara Burundi sekitar $240.000 dan paling rendah dibandingkan negara lainya. Dilansir dari wikipedia eknonomi negara ini didominasi oleh pertanian dengan ekspor utama kopi dan teh yang menyumbang 90% pendapatan devisa. Hasil lain negara burundi diantaranya kapas, jagung, sorgum, ubi jalar, pisang, ubi kayu (tapioka), daging sapi, susu dan kulit.

Negara Burundi masih sering terjadi perang saudara antara suku Hutu dan Tutsi meskipun telah ada persetujuan damai, konflik kedua suku tersebut telah berlangsung sejak tahun 1993. Selain konflik penyebaran HIV/AIDS dan korupsi juga memperburuk keadaan negara tersebut.

2. Somalia

Negara Somalia terletak di wilayah timur dari benua Afrika yang dulunya merupakan bagian dari Republik Somalia, dengan GNI Perkapita sekitar $450.000. Ekonomi negara ini sebagian besar dihasilkan dari pertanian khususnya peternakan. Pertambangan seperti minyak bumi dan bijih besi juga dapat kamu temukan di negeri ini. Selain itu terdapat industri tekstil, pengilangan minyak, sabun, pakaian dan percetakan.

Di Somalia sering terjadi konflik dan perang saudara juga ahir-akhir ini sering terjadi perampokan di wilayah laut negera tersebut.

3. Mozambique

Negara termiskin di dunia lainya juga masih dari wilayah benua Afrika, tepatnya bagian di bagian selatan, negara tersebut bernama Mozambique atau Republik Mozambik, dengan pendapatan GNI perkapita $480. Ekonomi negara Mozambik bergantung pada sektor pertanian dan bekerja sama dengan Afrika Selatan dalam hubungan perdagangan juga tempat penanaman modal asing Afrika Selatan.

4. Madagascar

Madagascar adalah negara pulau yang terletak di wilayah samudera hindia dan merupakan negara kepulauan terbesar kedua setelah Indonesia. Meski berdekatan dengan Afrika namun suasana negara ini terasa seperti di asia tenggara bahkan nenek moyang penduduknya berasal dari Nusantara. Selain itu Madagascar juga menjadi tempat berbagai hewan dan tumbuhan langka tinggal.

Negara Madagascar termasuk negara temiskin di dunia dengan pendapatan GNI perkapita-nya sekitar $500. Ekonomi negara ini dihasilkan dari pertanian, pertambangan dan pariwisata.

5. Afghanistan

Negara termiskin di dunia lainya ialah Afghanistan, terletak di wilayah Asia Selatan dan Asia Tengah. Negara ini telah dikuasai oleh taliban dan didirikan dengan syariat islam secara penuh semenjak kemunduran invasi Amerika Serikat yang diperintahkan oleh Joe Biden (Presiden AS).

Penyebab utama dari kemiskinan negara ini ialah kerusuhan politik dan militer, kemarau panjang juga memperburuk keadaan yang dimana ekononomi negara ini tergantung pada peternakan dan pertanian.

Negara termiskin di dunia kebanyakan dari benua Afrika, setelah penjajahan yang mereka derita juga iklim yang tidak mendukung mungkin menjadi penyebab utama kemiskinan mereka. Indonesia sendiri masih termasuk di antara 100 negara termiskin, meski begitu Indonesia sering membantu negara-negara dengan ekonomi yang sulit. Semoga kedepannya Indonesia menjadi negara maju yang bisa membantu negara-negara dengan ekonomi rendah tersebut.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *