Berita  

Inilah 10 Negara Terkaya di Dunia, Singapura Urutan Kedua

negara terkaya di dunia 2022

Negara Indonesia termasuk negara dengan kekayaan alam yang melimpah, namun dibandingkan dengan negara terkaya di dunia Produk Domestik Bruto (PDB/GDP) perkapita Indonesia masih tertinggal jauh. PDB sendiri adalah salah satu indikator untuk mengukur ekonomi sebuah daerah atau negara. Berikut negara terkaya di dunia menurut data PDB dari International Monetary Fund:

1. Luksemburg

Luksemburg (Luxembourg) adalah negara terkaya di dunia, meski negara ini kecil dan dikurung daratan namun pendapatan per kapita nya paling tinggi se uni-eropa bahkan tingkat pengangguran di sana juga sangat rendah.

Sumber keuangan negara Luksemburg didominasi oleh sektor jasa keuangan dan industri seperti baja, kimia dan karet.

2. Singapura

Bertetangga dengan Indonesia, Singapura telah menjadi salah satu negara terkaya di dunia dengan PDB per kapita $131.580. Ekonomi negara ini bergantung pada ekspor dan pengolahan barang impor khususnya pada bidang manufaktur. Singapura mempunyai salah satu pelabuhan paling sibuk di dunia juga merupakan negara dengan pertukaran mata asing terbesar ke empat di dunia.

3. Irlandia

Irlandia atau Ireland adalah negara dengan luas wilayah 70.273 km² atau 83% pulau Ireland selatan. PDB per kapita $124,600 menjadikannya salah satu negara terkaya di dunia.

Ekonomi negara ini berasal dari kekayaan alam yang kaya mencakup pertanian, pertambangan, kehutanan dan perikanan. Irlandia juga merupakan pengekspor perangkat lunak terbesar kedua didunia, bahkan perusahaan IT seperti Facebook, Google, eBay, Amazon, Twitter, Paypal serta Microsoft juga berbasis di negara ini tepatnya di daerah Dublin.

4. Qatar

Qatar merupakan negara Arab dengan hukum dan politik berdasarkan syariat islam. Menjadi salah satu negara terkaya di dunia dengan PDB per kapita $112.790. Ekspor minyak bumi menjadi penghasil uang negara Qatar, namun mereka telah berkembang dalam sektor swasta berbasis teknologi.

5. Makau

Makau adalah wilayah administrasi khusus dari Cina yang sistem pemerintahan dan ekonominya terpisah dengan prinsip “satu negara, dua sistem”. Ekonomi makau sebagian besar didapatkan dari permainan kasino (judi) dan pariwisata, bahkan makau memiliki julukan “Las Vegas dari Timur”.

PDB negara makau adalah sekitar $85.610 yang termasuk salah satu negara terkaya dunia.

6. Swiss

Jika kamu pecinta jam tangan mewah maka kamu akan mengenal negara Swiss, pasalnya setengah produksi jam tangan didunia dikuasai oleh negara Swiss.

Ekonomi negara Swiss adalah produksi diantaranya kimia, obat, instrumen pengukuran presisi dan instrumen musik. Sektor jasa seperti perbankan dan asuransi juga merupakan industri penting bagi negara Swiss. Selain itu ekonomi Swiss juga diperkuat dengan sektor pariwisata, bahkan telah dinobatan sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di dunia.

7. Uni Emirat Arab

Jika kamu pernah mendengar Dubai maka perlu diketahui bahwa kota tersebut adalah ibu kota dari Uni Emirat Arab. Ekonomi Uni Emirat Arab bergantung pada minyak dengan PBD per kapita sekitar $78.260.

8. Norwegia

Norwegia adalah negara dengan standar hidup yang paling tinggi di eropa, juga memiliki sistem kesejahteraan yang sangat terintegrasi. Ekonomi mereka bersumber dari ekspor minyak dan gas mentah, sementara kekayaan alam lainya dapat menjamin kemakmuran di masa depan.

9. Amerika Serikat

Amerika Serikat merupakan negara yang memproduksi minyak dan gas bumi terbesar di dunia, juga termasuk dalam negara dengan konsumen minyak terbesar di dunia.

Selain itu ukuran ekonomi dan pertumbuhan PDB Amerika tidak terkalahkan oleh negara manapun. Meski begitu hutang publik negara Amerika sangat tinggi yaitu 30 triliun dollar AS, meningkat sekitar 7 triliun dollar as sejak pandemi COVID-19.

10. Brunei Darussalam

Satu lagi tetangga Indonesia yang menjadi negara terkaya di dunia, yaitu Brunei. Dengan ekspor minyak dan gas bumi menghasilkan setengah PBD bagi negara, sementara itu layanan pengobatan, pangan dan perumahan juga disubsidi pemerintah.

Brunei juga dikenal sebagai salah satu negara paling bahagia didunia, meskipun kekayaan negara mereka tidak merata. Namun utang publik Brunei relatif kecil yaitu hanya 2,4% sedangkan Amerika 106% dari PBD pada tahun 2018.

Lalu bagaimana dengan Indonesia? Ternyata Indonesia masih tertinggal jauh dari negara-negara tersebut. Saya berharap Indonesia mampu mengolah sumber daya alam yang melimpah sehingga meningkatkan kesejahteraan rakyat.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *