Aplikasi

5 Perbedaan TikTok dan TikTok Lite, Termasuk dari Segi Penghasilan Uang

×

5 Perbedaan TikTok dan TikTok Lite, Termasuk dari Segi Penghasilan Uang

Sebarkan artikel ini
perbedaan tiktok dan tiktok lite

TikTok merupakan sebuah platform untuk membuat dan menikmati video pendek, telah menjadi populer di berbagai belahan dunia. Aplikasi tersebut, yang menawarkan berbagai konten kreatif, memiliki versi yang lebih ringan dan ramah data dikenal sebagai TikTok Lite. Perbedaan TikTok dan TikTok Lite tidak hanya terletak pada ukurannya yang lebih kecil, namun juga pada beberapa fitur yang disesuaikan.

ByteDance, sebuah perusahaan teknologi yang berbasis di Tiongkok, adalah pengembang dari kedua aplikasi ini. Kehadiran TikTok dan TikTok Lite telah memungkinkan pengguna di seluruh dunia untuk berbagi kreativitas yang dimiliki oleh seseorang.

Oleh karenanya, melalui video pendek tersebut, menjadikannya sebagai platform yang sangat diminati di berbagai kalangan. Penasaran apa saja perbedaan dari  kedua aplikasi ini? Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan diberikan beberapa perbedaan mendasar yang ada di kedua aplikasi tersebut:

1. Berdasarkan Segi Tampilan

Salah satu perbedaan utama antara TikTok dan TikTok Lite adalah dalam hal tampilan dan pengalaman pengguna. TikTok menonjol dengan fitur-fitur berbagai, efek yang menarik, dan berbagai pilihan audio yang bisa digunakan.

Di sisi lain, TikTok Lite ditujukan untuk perangkat yang memiliki spesifikasi lebih rendah dan koneksi internet yang lebih lambat. Dengan fokus pada kesederhanaan dan ringan, TikTok Lite menawarkan pengalaman yang lebih sederhana dengan jumlah efek dan fitur yang lebih terbatas.

2. Berdasarkan Penggunaan Kuota

Terdapat perbedaan yang signifikan antara aplikasi TikTok dan TikTok Lite terutama dalam penggunaan kuota data. TikTok reguler cenderung mengkonsumsi kuota lebih besar dibandingkan dengan versi Lite-nya.

Perbedaan ini disebabkan oleh perancangan TikTok Lite yang telah dioptimalkan untuk mengurangi pemakaian kuota data, sehingga menjadikannya pilihan yang lebih tepat bagi pengguna dengan keterbatasan kuota. Dengan menggunakan TikTok Lite, pengguna dapat tetap terkoneksi tanpa perlu khawatir kehilangan sejumlah besar kuota data.

3. Berdasarkan Ukuran Aplikasi

Perbedaan tiktok dan tiktok lite yang selanjutnya mencakup dimensi aplikasinya. TikTok Lite dikembangkan secara khusus untuk perangkat dengan spesifikasi rendah atau koneksi internet yang terbatas.

Umumnya, TikTok Lite memiliki ukuran file dibawah 20MB, sementara aplikasi TikTok standar dapat mencapai lebih dari 100MB. Dengan mempertimbangkan keterbatasan ruang penyimpanan pada perangkat, TikTok Lite mungkin merupakan opsi yang lebih tepat.

4. Berdasarkan Proses Penghasilan Uang

TikTok menyediakan berbagai macam fitur serta alat bagi para kreator konten untuk mendapatkan penghasilan. Salah satu strategi yang umum digunakan adalah kolaborasi dengan merek dan sponsor.

Para influencer dapat melakukan kerjasama dengan merek tertentu untuk bisa membantu mempromosikan produk atau layanan melalui video. Selain itu, TikTok menyediakan program monetisasi yang memungkinkan pengguna menghasilkan uang melalui penempatan iklan dalam video mereka.

Namun, TikTok Lite, meskipun memungkinkan penggunanya untuk bisa memposting video, TikTok Lite ini akan berbeda dalam hal penghasilan uang. Fitur dan alat untuk monetisasi mungkin lebih terbatas pada TikTok Lite.

Akibatnya, kesempatan untuk berkolaborasi dengan sponsor ataupun merk lain bisa lebih terbatas. Program monetisasi yang ada di aplikasi TikTok biasa juga mungkin tidak selengkap atau bahkan tidak tersedia di TikTok Lite.

5. Berdasarkan Ketersediaan Fitur

Fitur dasar yang terdapat pada kedua aplikasi TikTok dan TikTok Lite serupa, seperti kemampuan merekam, mengedit, dan membagikan video singkat. Meskipun demikian, karena ukuran yang lebih ringan pada TikTok Lite, beberapa fitur mungkin terbatas atau bahkan tidak tersedia jika dibandingkan dengan versi reguler TikTok.

Contohnya, TikTok Lite mungkin tidak menyediakan sejumlah efek visual atau filter yang dapat ditemukan di TikTok versi standar, atau mungkin memiliki keterbatasan pada resolusi video. Walaupun begitu, fitur dasar seperti pengeditan video, penambahan musik, serta penambahan keterangan dan hashtag pada video tetap dapat digunakan di kedua aplikasi tersebut.

Itulah beberapa perbedaan tiktok dan tiktok lite yang paling mendasar. Tentunya sebagai konten kreator pemula wajib mengetahui perbedaan antara kedua aplikasi yang sedang ramai ini. Hal ini tentu akan sangat berpengaruh dari konten yang dihasilkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *