AndroidAplikasiIOSTips & Trik

3 Cara Mudah Memindahkan Chat Whatsapp Ke Telegram

×

3 Cara Mudah Memindahkan Chat Whatsapp Ke Telegram

Sebarkan artikel ini
Memindahkan Chat Whatsapp Ke Telegram

Memindahkan chat whatsapp ke telegram – Belakangan ini banyak pengguna yang mengkhawatirkan kebijakan privasi aplikasi WhatsApp.

Kini masyarakat mulai meninggalkan WhatsApp dan mulai beralih ke Telegram karena merasa lebih aman. Menyikapi hal tersebut, kini Telegram menghadirkan fitur baru yaitu fitur untuk memindahkan chat whatsapp ke telegram.

Selain itu, Anda juga dapat mentransfer beberapa media yang tersimpan di WhatsApp seperti foto, video, dan rekaman suara. Namun, beberapa waktu lalu, Telegram mengumumkan bahwa fitur tersebut kini tersedia di Android dan iOS.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Telepon WhatsApp Putus-Putus   

Cara Untuk Memindahkan Chat Whatsapp Ke Telegram dengan Mudah

Apabila Anda ingin beralih dari WhatsApp ke Telegram, tentunya Anda tidak ingin kehilangan data dari percakapan penting di WhatsApp sebelumnya, bukan?

Untuk memperbaikinya, Anda dapat memindahkan chat whatsapp ke telegram. Berkut ini akan di jelaskan bagaimana Anda melakukan dan memindahkan chat whatsapp ke telegram.

1. Buka Percakapan yang Ingin Dipindahkan

Jika Anda ingin memindahkan chat whatsapp ke telegram, maka Anda harus terlebih dahulu membuka halaman obrolan yang ingin Anda pindahkan. Anda dapat memilih jenis obrolan seperti obrolan individual dan obrolan grup.

Setelah membuka halaman obrolan, ketuk tiga titik di pojok atas. Di menu “lainnya”, pilih “ekspor obrolan”. Selanjutnya, Anda akan di minta untuk memilih apakah opsi ekspor ini menyertakan media atau tidak.

2. Ekspor Percakapan ke Telegram

Jika langkah pertama untuk memindahkan chat whatsapp ke telegram sudah Anda terapkan, WhatsApp kemudian akan menampilkan opsi tempat Anda akan menyimpan file ekspor ini. Dari sekian banyak pilihan, pilih aplikasi Telegram.

Kemudian pihak telegram akan menanyakan lokasi yang Anda inginkan untuk menyimpan percakapan yang sudah di pindah. Anda bebas menentukan lokasi, seperti tempat pesan, grup, atau kontak di simpan.

3. Obrolan Telah Dipindahkan ke Telegram

Setelah dua proses memindahkan chat whatsapp ke telegram di atas selesai Anda lakukan, Anda dapat melihat semua pesan yang di transfer dari WhatsApp di Telegram.

Kelebihan Telegram Dibanding Aplikasi Whatsapp

Selain bisa memindahkan chat whatsapp ke telegram, telegram memiliki beberapa keunggulan yang tidak di miliki WhatsApp.

Hal itulah yang menjadikan beberapa pengguna kini memilih untuk menggunakan aplikasi Telegram daripada WhatsApp. Keunggulan-keunggulan yang di miliki telegram tersebut akan di jelaskan di bawah ini,

Kapasitas Grup yang Lebih Besar

Anda pasti pernah merasa kecewa dan kesal karena tidak bisa bergabung di grup WhatsApp karena kapasitasnya sudah penuh. Grup WhatsApp hanya bisa menampung 512 pengguna setelah sebelumnya hanya diperbolehkan 256 orang.

Kendala ini juga mungkin dialami oleh para penyelenggara acara. Oleh karena itu, selain memindahkan chat whatsapp ke telegram, Anda dapat mempertimbangkan telegram sebagai platform untuk koordinasi acara. Di Telegram, setiap grup memiliki kapasitas hingga 5000 orang yang akan memudahkan para penggunanya.

Kirim File dengan Ukuran Tidak Terbatas

Di WhatsApp, mengirim file besar masih menjadi kendala yang kian di permasalahkan pengguna. File, terutama video, pengirimannya hanya dibatasi hingga 16 MB.

Jadi, ketika Anda ingin mengirimkan tugas kuliah atau film, Anda harus berbuat curang dengan mengunggahnya ke Google Drive terlebih dahulu atau menurunkan kualitas videonya.

Namun jangan khawatir, masalah ini tidak akan terjadi di Telegram. File berukuran besar dapat dikirim tanpa harus mengompres ukurannya terlebih dahulu. Telegram juga mendukung semua format file.

Kirim Media Tanpa Khawatir Buram

Banyak keluhan dari pengguna aplikasi Whatsapp tentang status dan postingan media di WhatsApp. Mereka mengalami kendala karena media yang di kirim melalui WhatsApp buram atau berkualitas buruk.

Namun bukan hanya menyediakan fitur memindahkan chat whatsapp ke telegram, aplikasi ini juga akan Anda meminta Anda untuk menentukan kualitas media yang akan di kirim.

Jika Anda memilih kualitas atau resolusi asli, media yang dikirim tidak akan redup atau berkurang ketajamannya.

Fitur Edit Pesan

Mengetik atau mengirim pesan merupakan hal yang lumrah saat Anda berkomunikasi secara online. Namun, ada kalanya Anda mengetik pesan yang keliru ataupun salah. Jika ada di WhatsApp, maka akan langsung di hapus agar penerima pesan tidak sempat membacanya.

Sedangkan pada telegram, Anda tidak perlu menghapus pesan, namun Anda bisa memodifikasi pesan yang sudah terkirim. Jika ada informasi yang salah pada pesan yang telah terkirim, Anda bisa langsung mengklik pilihan dengan icon pensil kemudian memodifikasi pesan sesuai dengan keinginan.

Bisa Mencuri Satu Paket Sticker

Penggunaan stiker sangat membantu Anda untuk mengungkapkan perasaan yang terkadang tidak terwakili oleh emoticon. Jika di Whatsapp Anda hanya bisa mengambil stiker sesuai dengan yang dikirim orang lain, tidak seperti Telegram.

Di Telegram bukan hanya bisa memindahkan chat whatsapp ke telegram, tapi jika orang yang Anda ajak bicara mengirimi Anda stiker, Anda dapat langsung menjarah koleksi stiker nya secara lengkap.

Banyak Bot Berguna

Jika Anda mencari kenyamanan dalam bekerja, datanglah ke aplikasi Telegram. Di Telegram, ada banyak bot yang akan membantu Anda secara otomatis. Sedangkan sejauh ini tidak ada bot yang berguna di WhatsApp kecuali bot stiker yang ternyata juga dioperasikan secara manual oleh manusia.

Baca juga: Cara Mengganti Tema Whatsapp Tanpa dan Dengan Aplikasi Tambahan

Channel yang Bermanfaat

Untuk bergabung dengan grup WhatsApp,  Anda harus diundang atau meminta tautan grup terlebih dahulu. Tanpa kedua persyaratan ini, Anda tidak dapat bergabung dengan grup mana pun.

Namun di Telegram selain bisa memindahkan chat whatsapp ke telegram, Anda dapat bergabung dengan saluran apa pun.

Lebih baik lagi, pesan yang di posting di saluran ini biasanya tidak hilang kecuali admin menghapusnya. Di fitur channel ini, pesan apa pun dapat di simpan secara permanen dan dapat di akses oleh siapa saja, yang merupakan keunggulan Telegram.

Tambahkan Teman Tanpa Menyimpan Nomor Ponsel

Menggunakan WhatsApp sedikit merepotkan karena mengharuskan Anda menyimpan nomor ponsel yang tidak di ketahui semua orang. Nah, kini Telegram hadir untuk memudahkan Anda menambahkan  teman tanpa harus menyiman nomor ponsel mereka.

Semua cukup dengan nama pengguna. Bahkan, Anda juga bisa berteman dengan orang lain atau bergabung dengan saluran dan grup dengan nama pengguna.

Dapat Memposting Beberapa Foto Profil

Telegram memudahkan pengguna yang fotogenik dan kebingungan untuk memilih gambar mana yang akan di gunakan sebagai gambar profil. Di Telegram tidak hanya bisa memindahkan chat whatsapp ke telegram, namun Anda juga bisa mengirim banyak foto profil sekaligus.

Menghapus Grup Untuk Semua Anggota Tanpa Jejak

WhatsApp sebenarnya dapat menghapus grup yang telah dibuat untuk semua anggota. Namun, Anda masih meninggalkan jejak percakapan sebelumnya dengan anggota grup.

Dengan Telegram, Anda dapat menghapus grup, sehingga tidak dapat dibaca oleh anggota lain. Artinya, grup tersebut akan dihapus seluruhnya di ponsel anggota grup lain dan ponsel Anda sendiri.

Itulah dia cara memindahkan chat whatsapp ke telegram yang bisa Anda lakukan saat ingin beralih dari Whatsapp ke telegram.

Dengan beberapa kelebihan telegram yang juga telah di jelaskan di atas mungkin akan bisa menjadi pertimbangan bagi Anda untuk memilih aplikasi perpesanan mana yang ingin Anda gunakan.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *