Aplikasi

Fitur Unggulan Whatsapp Serta Sejarahnya

35
×

Fitur Unggulan Whatsapp Serta Sejarahnya

Sebarkan artikel ini

Fitur unggulan whatsapp – Wa ialah aplikasi layanan perpesanan paling populer di lebih dari 180 negara di seluruh dunia, dengan lebih dari 2,5 miliar pengguna aktif sampai saat ini. Umumnya, WhatsApp menawarkan banyak fitur hebat kepada penggunanya.

Aplikasi ini telah di download lebih dari 5 miliar kali dan secara teratur memperbarui fitur-fiturnya yang luar biasa. Tidak heran WhatsApp sekarang menjadi aplikasi perpesanan paling populer.

WhatsApp awalnya di dirikan sebagai aplikasi pengganti pesan teks (short message service) yang memungkinkan penggunanya untuk dengan mudah mengirim pesan teks, foto, video, dokumen, lokasi dan juga panggilan telepon.

Fitur Unggulan Whatsapp

Fitur unggulan whatsapp ini pertama kali di buat oleh seorang peneliti, yang menghabiskan 20 tahun di Yahoo.

WhatsApp sudah resmi bergabung dengan Facebook namun tetap di gunakan sebagai aplikasi mandiri. Di rangkum dari berbagai sumber Yuk, simak beberapa fitur unggulan WhatsApp berikut ini yaitu:

·         Fitur Unggulan Whatsapp Kunci Sidik Jari (Fingerprint Lock)

Kunci sidik jari adalah fitur unggulan whatsapp yang dapat di gunakan oleh pengguna yang ingin meningkatkan privasinya. Jika Anda mengaktifkan fitur ini, Anda adalah satu-satunya yang memiliki akses ke semua percakapan.

Saat fitur unggulan whatsapp ini aktif, WhatsApp juga menawarkan opsi atau opsi kepada pengguna untuk mengunci aplikasi secara otomatis.

Beberapa dari opsi ini termasuk Segera, After 1 minute, dan After 30 minute. Perhatikan bahwa fitur ini hanya menyembunyikan pesan masuk dan tidak berlaku untuk panggilan masuk saja.

·         Mode Gelap Whatsapp (Dark Mode)

Mode gelap adalah salah satu fitur unggulan whatsapp yang paling di inginkan oleh pengguna WA. Mengaktifkan fitur ini memungkinkan pengguna mengurangi ketegangan mata, terutama saat menggunakan aplikasi di malam hari atau di ruangan gelap.

Judul mode gelap ini tersedia di bagian Pengaturan. Anda dapat mengaktifkannya dengan masuk ke Pengaturan > Percakapan > Tema > Kegelapan.

·         Frequently Forwarded Label

Bendera “Frequently Forwarded” yang kurang umum di anggap sebagai fitur unggulan whatsapp karena bisa membantu menentukan berapa kali pesan telah di teruskan di masa lalu. Ketika pengguna meneruskan pesan di WA, mereka hanya dapat berbagi pesan dengan lima kontak sekaligus.

Jika ada lebih dari 5 orang, label ” frequently forwarded ” akan ada dan pesan hanya dapat di teruskan ke satu orang saja dalam satu waktu. Dan menurut WhatsApp, fitur ini di gunakan untuk mengekang penyebaran rumor, pesan viral, dan hoaks tentang aplikasi itu.

·         Menyimpan Data (Save Data)

Aplikasi ini memberi Anda opsi fitur unggulan whatsapp untuk menyimpan data seluler. Alasannya, WhatsApp memahami bahwa penggunanya sering mendapat banyak foto dan video melalui obrolan grup WA.

Dengan fitur unggulan ini, Anda dapat menyimpan data seluler di WhatsApp dan tetap menerima notifikasi dan pesan. Anda dapat menggunakan fitur tersebut dengan menonaktifkan penggunaan aplikasi untuk mengunduh media menggunakan paket data seluler.

Caranya ialah Pengaturan > Penggunaan dan penyimpanan data > Saat menggunakan data seluler. Setelah itu, Anda dapat memilih opsi untuk mendownload foto, file audio, video, dan dokumen menggunakan paket data seluler.

·         Bagikan Lokasi Secara Real Time

Fitur unggulan whatsapp ini adalah fitur hebat lainnya dari WhatsApp yang menawarkan penggunanya kemampuan untuk membagikan lokasi mereka secara real-time dengan orang-orang di sekitar mereka. Anda dapat mengaksesnya dengan mengklik tombol ” attach” di sebelah isi pesan.

Pada bagian bawah opsi  Location” adalah opsi ” Share Live Location” itu. Ini memungkinkan orang-orang di sekitar Anda untuk melacak lokasi Anda saat ini di peta secara real time. Anda juga dapat mengatur durasi pelacakan lokasi Anda.

Sejarah Whatsapp

Menurut seorang peneliti, WhatsApp didirikan pada 24 Februari 2009, yang berarti WhatsApp kini telah berusia enam tahun.

WhatsApp bekerja di sana dengan tabungan $400.000, Koum mengunjungi temannya untuk berbicara tentang App Store, yang saat itu baru berusia tujuh bulan.

Dia merasa ada potensi dalam kesepakatan ini. Lalu kemudian membantunya menemukan pengembang aplikasi iPhone bernama Igor Solomennikov, yang berasal dari Rusia. Tetapi bahkan jika WhatsApp Inc. di dirikan, aplikasi WhatsApp itu sendiri masih jauh dari selesai.

Dalam beberapa kali percobaan, WhatsApp macet dan tidak berfungsi seperti yang di harapkan. Putus asa, pembuat WA berencana menutup tokonya dan mencari pekerjaan baru. Namun dia tetap memaksanya untuk tinggal beberapa bulan lagi.

Pada November 2009, WhatsApp akhirnya resmi mulai bekerja di App Store setelah melalui fase beta yang panjang. Sebelumnya WA berinvestasi dengan orang lain.

Setelah mengunjungi App Store pada Januari 2010, WhatsApp bermigrasi ke BlackBerry Store, diikuti Android pada Agustus.

Walaupun statusnya telah berubah dari gratis menjadi berbayar, popularitas WhatsApp terus meningkat di hampir semua platform.

Pada Februari 2013, jumlah pengguna aktif WhatsApp meledak menjadi 200 juta. Penggungguna whatsapp naik dua kali lipat pada Desember dan naik lagi menjadi 500 juta pada tahun ini. Per September 2015, ada 900 juta pengguna aktif WhatsApp.

Pertumbuhan yang pesat membuat Facebook tergila-gila dengan WhatsApp. Setelah perubahan flag, penyedia ini tidak melakukan banyak perubahan pada WhatsApp yang masih memiliki harga tetap per tahun dan tidak ada iklan.

Tentang Apa Sih Sebenarnya Whatsapp

WhatsApp adalah aplikasi perpesanan instan untuk smartphone dan memiliki fitur unggulan whatsapp. Dari segi fungsionalitas, WhatsApp hampir mirip dengan aplikasi SMS yang biasa di gunakan di ponsel jadul.

Namun WhatsApp tidak menggunakan pulsa, melainkan paket data. Jadi dalam program ini Anda tidak perlu khawatir dengan panjang karakter.

Tidak ada batasan selama data internet Anda mencukupi. Walaupun merupakan aplikasi perpesanan instan, WhatsApp memiliki sesuatu yang unik. Oleh karena itu, identifikasi, verifikasi, dan pengiriman pesan akan terus di lakukan dengan nomor ponsel yang terdaftar sebelumnya.

Cara ini tidak sama dengan BBM atau LINE yang menggunakan kode PIN yang tidak hanya mendukung nomor ponsel, tetapi juga alamat email dan nama pengguna aplikasi itu.

Di Mana Bisa Men-Download Whatsapp?

Anda dapat mengunduh WhatsApp dari Play Store untuk menikmati fitur unggulan whatsapp di aplikasi itu. Setiap smartphone Android baru hadir dengan aplikasi toko bernama Play Store secara default. Pengguna dapat menemukan WhatsApp di App Store.

Untuk pengguna iOS, Anda juga dapat mengunduhnya dari App Store. WhatsApp juga tersedia untuk Nokia S40, S60, BlackBerry dan Windows Phone. Untuk informasi lengkapnya, silahkan kunjungi website resmi WhatsApp.

Penutup

Itulah pembahasan tentang beberapa fitur unggulan whatsapp beserta sejarah terbentuknya aplikasi whatsapp yang dapat kita sampaikan. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda dalam aplikasi tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *