Aplikasi

5 Cara Mengatasi Hp Panas Saat di Charger Untuk Meminimalisir Resiko

×

5 Cara Mengatasi Hp Panas Saat di Charger Untuk Meminimalisir Resiko

Sebarkan artikel ini
cara mengatasi hp panas saat di charger

Pada saat melakukan pengisian daya pada smartphone, terkadang akan mengalami beberapa hal tertentu. Salah satunya yakni Hp yang cukup panas. Perlu diketahui bahwa cara mengatasi hp panas saat di charger ini sebenarnya bisa dilakukan dengan beberapa metode.

Namun, jika panas dari Hp tersebut masih normal, maka tidak perlu khawatir. Hal ini lantaran itu merupakan salah satu hal yang wajar pada saat pengisian daya smartphone.

Namun jika suhu smartphone semakin tinggi, maka harus segera melakukan beberapa tindakan khusus agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Untuk itu, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi HP yang panas pada saat pengisian daya:

1. Letakkan Hp dengan Suhu Sedang

Untuk menjaga kondisi optimal ponsel Anda saat diisi daya, disarankan untuk menghindari paparan langsung sinar matahari atau lingkungan panas yang berlebihan. Sebaliknya, letakkan perangkat Anda di tempat yang sejuk selama proses pengisian baterai.

Hal ini tidak hanya membantu mencegah pemanasan berlebih yang dapat merusak komponen internal, tetapi juga memperpanjang umur pakai baterai. Selain itu, pastikan ventilasi yang memadai ketika mengisi daya. Tempatkan ponsel Anda di area terbuka, bukan di dalam laci atau tempat tertutup lainnya.

2. Jangan Gunakan Hp Saat Pengisian Daya

Meskipun penggunaan ponsel saat di-charge masih lazim, terutama dengan data seluler tetap aktif, praktik ini memiliki dampak potensial pada kinerja dan keamanan perangkat. Saat ponsel digunakan dalam kondisi di-charge, terjadi peningkatan aktivitas internal yang dapat menyebabkan ponsel menjadi lebih panas dari biasanya.

Hal ini terutama disebabkan oleh pemrosesan data yang lebih intensif dan perbaruan aplikasi yang berkelanjutan yang dilakukan saat koneksi data tetap aktif. Dampaknya termasuk peningkatan keausan baterai dan risiko overheating yang dapat mengganggu kinerja perangkat serta memperpendek masa pakai baterai.

Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari penggunaan intensif ponsel saat dalam proses pengisian daya untuk menjaga kinerja dan keandalan perangkat dalam jangka panjang.

3. Buka Case Tambahan HP

Cara mengatasi hp panas saat di charger yang selanjutnya yakni buka case Hp. Penggunaan pelindung pada perangkat seluler memiliki sejumlah keuntungan, termasuk perlindungan fisik terhadap perangkat dari benturan dan peningkatan estetika.

Namun, perlu diingat bahwa menggunakan pelindung yang tebal dapat menghambat penerimaan sinyal oleh perangkat, terutama saat sedang dalam proses pengisian daya. Ini dapat menyebabkan peningkatan suhu perangkat karena upaya keras untuk mencari sinyal yang kuat.

Untuk mengatasi masalah ini, disarankan bagi pengguna perangkat seluler yang menggunakan pelindung tambahan untuk melepasnya sementara saat mengisi daya, sehingga suhu perangkat dapat terkontrol dengan lebih baik.

4. Tutup Aplikasi yang Masih Terbuka

Penggunaan aplikasi secara berlebihan dapat mengakibatkan berbagai masalah terkait baterai dan pengisian daya pada perangkat. Saat aplikasi tetap terbuka saat pengisian daya, hal ini dapat mengakibatkan penurunan cepat daya baterai.

Terlebih lagi, proses pengisian daya menjadi lebih lambat dan berpotensi meningkatkan suhu perangkat. Oleh karena itu, sebelum mengisi daya, disarankan untuk menutup semua aplikasi yang sedang berjalan guna menghindari gangguan pada arus listrik dan memastikan kondisi ponsel tetap stabil.

5. Gunakan Adaptor dan Kabel yang Berkualitas

Apabila Anda merasa curiga terhadap kinerja perangkat pengisian atau menilai bahwa baterai semakin menurun kualitasnya, disarankan untuk mempertimbangkan penggantian charger dengan yang sesuai standar asli dan telah disertifikasi oleh produsen terpercaya.

Langkah ini akan menjamin proses pengisian HP yang lebih aman dan optimal, serta mengurangi risiko terjadinya kelebihan panas serta potensi bahaya lain yang mungkin timbul.

Itulah beberapa cara mengatasi hp panas saat di charger yang bisa dicoba untuk dilakukan. Tentunya, biasanya Hp yang panas tersebut dapat teratasi sesuai dengan penyebab yang mendasarinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *