AndroidAplikasiIOSTips & Trik

Cara Mencari Data WA Yang Terhapus

92
×

Cara Mencari Data WA Yang Terhapus

Sebarkan artikel ini

Cara mencari data wa yang terhapus – Seorang pengguna WhatsApp mengeluhkan chat lamanya yang tiba-tiba hilang. Kasus data chat WhatsApp menghilang dengan sendirinya adalah “penyakit kuno”.

Menghilangnya data chat WhatsApp lama baru-baru ini terjadi ketika seorang pengguna wa melaporkannya di berbagai blog.

Kita memberikan informasi ini sambil bertanya-tanya apakah ada pengguna lain yang juga mengalami data chat WhatsApp menghilang dengan sendirinya? Ternyata tidak, hanya sedikit orang yang menghadapi masalah yang sama dengan riwayat data chat mereka di WhatsApp.

Baca juga: 3 Cara Keluar Dari Mode Aman Xiaomi Agar Ponsel Tidak Terganggu

Cara Mencari Data Wa Yang Terhapus

Cara mencari data wa yang terhapus atau hilang itu mudah. Hal ini di karenakan WA memiliki fitur chat restore atau mengembalikan chat WA.

Data vhat WA dapat di hapus karena berbagai alasan seperti terhapus secara tidak sengaja, reset pabrik ponsel, kerusakan atau penggantian ponsel. Jika mengalami masalah ini, Anda tidak perlu panik karena chat WA bisa di pulihkan. Prasyaratnya adalah Anda mengaktifkan cadangan riwayat chat.

·         Cara Mencari Data Wa Yang Terhapus Di Android

Cara mencari data wa yang terhapus yaitu dengan memastikan perangkat Android baru terhubung ke akun Google tempat cadangan Anda di simpan.

  • Download lalu buka WhatsApp, kemudian verifikasi nomor telepon yang Anda gunakan.
  • Ketuk KEMBALI saat di minta untuk memulihkan percakapan dan media dari Google Drive.
  • Saat proses pemulihan selesai, ketuk BERIKUTNYA. Percakapan Anda akan muncul setelah proses inisialisasi selesai.
  • Cara mencari data wa yang terhapus di iOS
  • Buka aplikasi WhatsApp, klik Pengaturan (Settings) lalu pilih Chat (Chat).
  • Pilih cadangan chat dan itu akan di alihkan ke Google Drive.
  • Pilih akun Google yang ingin Anda gunakan untuk mencari chat WhatsApp Anda
  • Pilih waktu cadangan misalnya harian, mingguan, bulanan atau bahkan jika Anda ingin membuat cadangan hanya ketika saya mengetuk “Cadangkan”.

·         Cara Mencari Data Wa Yang Terhapus Dengan Fitur Recent Backup

  • Hapus aplikasi WhatsApp
  • Unduh atau instal ulang aplikasi WhatsApp
  • Buka aplikasi WhatsApp dan pilih “Pulihkan” saat di minta untuk memulihkan riwayat data chat Anda
  • Pemulihan riwayat data chat akan muncul. Tunggu prosesnya selesai. Data chat cadangan WhatsApp akan kembali.

·         Cara Mencari Data Wa Yang Terhapus Dari Cadangan Lokal

Jika Anda tidak melakukan backup otomatis, tidak perlu panik. Anda masih dapat mencari data chat yang di hapus dengan cara berikut. Cara mencari data wa yang terhapus ini menggunakan file cadangan yang tersimpan di penyimpanan HP.

Meskipun WhatsApp tidak membuat cadangan, (secara default) itu menyimpan salinan data chat di penyimpanan internal. WhatsApp menyalin chat ini setiap hari pada pukul 02:00 dan menyimpannya hanya selama seminggu.

Saat melakukan ini, pastikan data percakapan yang di hapus bertahan tidak lebih dari seminggu, kecuali bahwa metode ini hanya dapat di lakukan di ponsel berbasis Android. Kemudian lihat langkah-langkah berikut tentang cara mencari data wa yang terhapus yaitu:

  • Pertama buka pengelola file
  • Kemudian buka penyimpanan internal
  • Buka folder WhatsApp dan kemudian database
  • Kemudian akan muncul file msgstore.db.crypt14
  • Untuk memulihkan data percakapan yang di hapus, ubah msgstore.db.crypt14 menjadi msgstore_BACKUP.db.crypt14.
  • Kemudian muncul daftar file backup dengan nama format msgstore-(tahun)-(bulan)-(tanggal).1.db.crypt14.
  • Pilih file dengan format tanggal terbaru dan ganti namanya menjadi msgstore.db.crypt14.
  • Langkah selanjutnya adalah membuka Google Drive dan menghapus cadangan otomatis yang tersimpan di sana. Ini akan memaksa aplikasi untuk memulihkan data cadangan dari penyimpanan internal.
  • Selanjutnya, hapus instalan dan instal ulang aplikasi WA
  • Kemudian, akan muncul chat pemulihan atau recovery untuk mengizinkan aplikasi mengambil file dari smartphone.
  • Klik “Selanjutnya” atau “Pulihkan” untuk memulihkan data percakapan yang di hapus.

Baca juga: Beginilah Cara Hapus Baground Foto Melalui Ponsel dengan Cepat

Mengapa Chat Whatsapp Hilang Dengan Sendirinya?

Setelah Anda mengetahui cara mencari data wa yang terhapus maka selanjutnya Anda akan mengetahui penyebab data chat wa sering hilang dengan sendirinya.

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa hal ini terjadi. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan data chat WhatsApp hilang secara otomatis. Pada artikel ini, kita akan membahas faktor-faktor ini secara rinci yaitu:

·         Fitur Autodelete

Fitur Autodelete adalah salah satu penyebab utama pesan hilang di WhatsApp, atau chat yang hanya muncul dalam jangka waktu tertentu. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengatur waktu kapan pesan akan di hapus secara otomatis dari chat setelah jangka waktu yang di tetapkan.

Untuk mengaktifkan fungsi ini, buka chat yang di inginkan lalu klik nama grup atau grup yang ingin Anda beri hak pengaturan di sudut kanan atas layar. Dalam bahasa inggris, pilih “Suicide Message” atau “Lost Message”.

Kemudian atur waktu yang di inginkan dan pesan akan otomatis terhapus setelah jangka waktu tertentu. Tapi, perlu di ingat bahwa setelah menghapus pesan dari chat, data pesan yang hilang tidak lagi dapat di cari oleh siapa pun, termasuk pengirimnya. Sebelum menggunakan fitur ini Jadi pikirkan baik-baik.

·         Penggunaan Data Yang Sudah Penuh

Faktor lain yang dapat menyebabkan data chat WhatsApp hilang secara otomatis adalah menghabiskan penyimpanan perangkat atau penggunaan data. Jika perangkat Anda penuh, aplikasi WhatsApp dapat bekerja dengan lambat atau bahkan tidak berfungsi dengan baik.

Akibatnya, data chat yang masuk ke aplikasi hilang atau tidak terkirim. Hal ini berbanding terbalik dengan cara mencari data wa yang terhapus, tapi jangan khawatir karena Anda dapat mengatasi masalah ini dengan menambah kapasitas penyimpanan perangkat atau menghapus file yang tidak di gunakan dari memori atau penyimpanan internal.

Anda juga dapat menggunakan fitur Pencadangan dan Pemulihan WhatsApp untuk mencadangkan data chat secara rutin dan menghapus chat yang di cadangkan.

·         Chat Dihapus Oleh Pengirim Atau Penerima

Namun selain fitur Autodelete, data chat WhatsApp bisa hilang karena pengirim atau penerima menghapusnya. Pengguna WhatsApp dapat menghapus chat yang di kirim dan di terima secara individu atau dalam grup.

Namun untuk pengiriman chat dalam format media seperti foto, video atau dokumen, jika pengirim menghapus chat, maka foto atau video yang di kirim sebelumnya juga akan hilang dari chat. Hal ini bisa terjadi ketika pengirim ingin menghapus gambar atau video dari perangkatnya.

Sekalipun pengirim atau penerima telah menghapus chat tersebut, bukan berarti chat yang di hapus tersebut akan hilang secara permanen dari WhatsApp. Anda masih dapat melihat chat yang di hapus dari chat menggunakan “Cadangan Chat” di opsi “Pengaturan”.

Baca juga: 8 Cara Mengatasi Laptop Nge Freeze Penting Untuk Dipahami

Penutup

Mungkin itu saja beberapa pembahasan tentang cara mencari data wa yang terhapus serta penyebab data chat whatsaap yang hilang sendiri yang dapat kita sampaikan.

Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda dalam aplikasi whatsapp. Mohon maaf apabila terjadi kesalahan dalam penulisan artikel yang kita buat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *