Aplikasi

3 Cara Blur Chat WhatsApp Agar Tak Terlihat

11
×

3 Cara Blur Chat WhatsApp Agar Tak Terlihat

Sebarkan artikel ini

Cara blur chat WhatsApp – WhatsApp adalah salah satu aplikasi perpesanan paling populer di dunia yang di kembangkan oleh Meta. Platform yang masih dimiliki oleh perusahaan induk yang sama dengan Facebook dan Instagram ini bisa digunakan untuk komunikasi, sehingga menggantikan posisi pesan teks SMS biasa.

Namun, tidak sedikit orang yang mengeluhkan soal privasi, terutama ketika Whatsapp ini dibuka melalui desktop. Selain bisa diakses melalui ponsel, Android dan iOS (iPhone), kini aplikasi ini juga bisa dibuka di browser.

Sayangnya, karena ukuran layar laptop atau komputer yang besar, orang cukup mudah untuk melihat konten obrolan di WhatsApp Anda, apalagi Anda membukanya di tempat umum. Lantas, bagaimana cara blur chat WhatsApp untuk mendapatkan keamanan privasi yang lebih terjamin? Berikut penjelasannya!

Daftar 3 Cara Blur Chat WhatsApp Agar Tak Terlihat

Saat Anda membuka WhatsApp di tempat kerja atau tempat umum lainnya, Anda mungkin khawatir orang lain baik secara tidak sengaja ataupun di sengaja membaca isi percakapan tersebut. Bahkan tak jarang ada orang yang sengaja memata-matai obrolan Anda di layanan pesan instan ini karena penasaran.

Untuk menghindari risiko tersebut, Anda bisa melakukan cara blur chat WhatsApp yang akan di jelaskan di bawah ini agar orang lain tidak bisa melihat percakapan tersebut.

1.      Cara Blur Chat Whatsapp Menggunakan Privacy Extension

Untuk cara blur chat WhatsApp Web, pengguna bisa menggunakan ekstensi di Google Chrome. Dilansir dari sumber yang terpercaya, ekstensi adalah modul perangkat lunak yang memungkinkan pengguna menyesuaikan browsernya dengan berbagai cara.

Ekstensi dapat membantu memblokir iklan yang mengganggu, mempercepat akses browser, melindungi privasi, dan lainnya. Salah satu contoh extension yang fungsinya untuk menyamarkan tampilan chat di WhatsApp adalah Privacy Extension untuk WhatsApp Web. Langkah-langkah implementasinya adalah sebagai berikut.

  • Pertama buka Chrome di laptop atau komputer.
  • Pada kolom pencarian, ketik kata kunci ‘Privacy Extension for WhatsApp Web’, lalu klik keyboard ‘Enter’.
  • Pilih ekstensi dari pengembang lukaslen.com.
  • Tekan tombol ‘Tambahkan ke Chrome’.
  • Ikuti proses instalasi dan setup sesuai petunjuk.
  • Buka Web WA melalui alamat URL https://web.whatsapp.com.
  • Masuk ke akun WA Anda dengan memindai kode QR dengan kamera ponsel.
  • Pilih menu ‘Ekstensi’ dengan ikon teka-teki di bilah menu Google Chrome,
  • Tekan tombol pintasan (shortcut) Alt + X dan tampilan chat akan meredup.

2.      Cara Blur Chat Whatsapp Menggunakan Wa Web Plus

Tidak hanya Privacy Extension untuk WhatsApp Web, extension untuk Google Chrome yaitu WA Web Plus juga berguna untuk menyembunyikan tampilan chat. Berikut tutorial yang bisa langsung Anda coba untuk cara blur chat WhatsApp.

  • Buka perangkat lunak Google Chrome yang terpasang di laptop.
  • Kemudian ketikkan kata kunci WA Web Plus.
  • Pilih ekstensi yang dibuat oleh wawplus.com.
  • Klik tombol ‘Tambahkan ke Chrome’.
  • Instal ekstensi dan ikuti petunjuk penyiapan.
  • Buka Web WA melalui https://web.whatsapp.com.
  • Masuk ke akun WA Anda dengan memindai kode.
  • Tekan ikon teka-teki di bilah menu Google Chrome,
  • Aktifkan fitur WhatsApp blur chat.

3.      Cara Blur Chat Whatsapp Di Ponsel

Pengguna juga dapat mengaburkan chat WhatsApp sebelum mengirimnya ke orang lain, atau menggunakannya untuk mengunggah story tanpa aplikasi tambahan. Berikut adalah beberapa langkah sederhana dan praktis yang dapat Anda lakukan.

  • Buka pesan di WhatsApp.
  • Ambil tangkapan layar menggunakan kombinasi tombol atau menu di ponsel.
  • Kirim pesan ke kontak dengan mengklik ikon klip kertas.
  • Tekan menu ‘Galeri’.
  • Pilih gambar obrolan yang ingin Anda kirim.
  • Ketuk ikon pensil di pojok kanan atas, lalu pilih ikon kotak atau buram.
  • Geser jari Anda pada area gambar yang ingin Anda tutupi.
  • Setelah selesai, tekan ‘Selesai’.

Cara Lain Melindungi Privasi Akun Whatsapp

Selain cara blur chat WhatsApp yang telah di jelaskan di atas, Anda juga bisa melakukan berbagai cara lain untuk menambah kemanan privasi Anda. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda ikuti untuk melindungi privasi Anda di aplikasi obrolan ini.

Matikan Last Seen

Last seen di WhatsApp adalah saat terakhir kali Anda membuka aplikasi perpesanan ini. Secara default, fitur ini di aktifkan untuk melihat orang lain dengan membuka room chat. Fitur ini bisa dimatikan jika Anda tidak ingin orang lain bertanya-tanya mengapa Anda tidak segera membalas pesan.

Untuk melakukannya di Android, Anda perlu mengklik tiga titik di kanan atas dan pilih Pengaturan. Untuk iOS, ketuk Pengaturan di bagian bawah. Pilih Akun > Privasi, Anda akan melihat opsi berlabel Tampilkan baru. Yang harus Anda lakukan adalah mengubahnya.

Matikan Read Receipts

Read receipt adalah fitur yang dapat menentukan apakah suatu pesan telah dibaca oleh penerima atau belum. Dua centang abu-abu menunjukkan bahwa WhatsApp telah berhasil mengirim pesan.

Dan jika tanda centang berwarna biru, berarti penerima pesan telah membukanya. Jika Anda tidak ingin orang membalas pesan Anda dengan cepat, Anda dapat menonaktifkannya.

Sembunyikan Foto Profil

Pernahkah Anda menerima pesan dari seseorang yang tidak Anda kenal? Jika Anda tidak nyaman dengan kemungkinan mereka melihat foto Anda, Anda dapat menyembunyikannya.

Untuk mengubah pengaturan, Anda dapat mengunjungi Pengaturan > Akun > Privasi. Setelah itu klik opsi foto Profil, Anda dapat mengaturnya menjadi Semua Orang, Kontak Saya atau Tidak Ada.

Atur Penerima Status WhatsApp

WhatsApp telah memperbarui fitur-fiturnya dan menambahkan fungsi berbagi status. Secara default, hanya orang di kontak Anda yang dapat melihat status Anda.

Namun, Anda bisa lebih selektif dan membatasi siapa saja yang mendapatkan keistimewaan tersebut. Caranya adalah dengan mengunjungi Setting > Account > Privacy, lalu pilih Status. Di sana Anda dapat memblokir atau memilih kontak yang dapat mengakses status Anda.

Cek Lokasi Lewat Whatsapp

Bukan hanya dengan cara blur chat WhatsApp saja, kini WhatsApp memungkinkan pengguna untuk berbagi lokasi dengan kontak mereka. Walaupun fitur ini memiliki tujuan yang baik, Anda tentu tidak ingin secara tidak sengaja membagikan lokasi Anda selama berbulan-bulan.

Untuk menonaktifkan lokasi ini, di menu Privasi, klik Entri lokasi langsung. Di sana Anda akan melihat apakah Anda masih berbagi lokasi dengan orang lain atau tidak.

Sembunyikan Bio

Bio berisi pesan singkat yang muncul di bawah nama Anda. Anda dapat menyembunyikannya dari orang lain yang bukan kontak Anda. Untuk melakukannya, buka privasi kemudian ketuk bio dan pilih pengaturan sesuai dengan preferensi Anda.

Manfaatkan Popup Notification

Anda dapat memanfaatkan notifikasi popup di WhatsApp sebagai tambahan privasi untuk akun Anda. Tidak seperti sebelumnya, untuk fitur ini Anda harus mengaktifkan nya. Karena jika ada pesan, Anda bisa langsung melihatnya melalui popup tanpa harus membuka pesan tersebut.

Demikianlah ulasan mengenai 3 cara blur chat WhatsApp agar tak terlihat serta beberapa cara lain yang bisa Anda lakukan sebagai tambahan privasi untuk keamanan akun Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *