Aplikasi

5 Aplikasi Untuk Screenshot di Laptop Untuk Windows dan Mac

×

5 Aplikasi Untuk Screenshot di Laptop Untuk Windows dan Mac

Sebarkan artikel ini
aplikasi untuk screenshot di laptop

Setiap laptop tentu memiliki fitur yang bisa digunakan untuk screenshot. Namun akan ada beberapa laptop yang tidak bisa menggunakannya. Oleh karenanya akan membutuhkan sebuah aplikasi untuk screenshot di laptop agar bisa menangkap layar.

Seperti yang telah diketahui bahwa, tangkapan layar ini merupakan salah satu hal penting yang bisa dilakukan. Hal ini tentu akan berguna ketika sedang ada hal penting yang harus disimpan.

Untuk itu, dalam penjelasan ini akan diberikan beberapa rekomendasi aplikasi yang bisa digunakan untuk screenshot di perangkat laptop. Berikut diantaranya:

1. Snipping Tool

Berikut adalah sebuah program bawaan untuk mengambil gambar layar yang dapat dioperasikan pada sistem operasi Windows 7, 8, 8.1, serta 10. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengabadikan gambar layar secara menyeluruh, memilih jendela tunggal, atau menangkap area layar tertentu dalam bentuk persegi panjang atau bebas.

Terdapat sejumlah fungsi tambahan yang tersedia, seperti Penghapus, Pensil, Stabilo, dan beragam lainnya. Selain itu, pengguna juga diberikan opsi untuk memilih di antara empat format file yang berbeda saat ingin menyimpan hasil tangkapan layar, yakni PNG, JPEG, GIF, atau MHT.

2. Snagit

Snagit, sebuah aplikasi screenshot berbayar yang menargetkan pengguna profesional, menonjol dengan serangkaian fitur yang memungkinkan pembuatan dokumentasi visual, tutorial, dan materi pelatihan dari tangkapan layar, pembuatan video atau GIF dari tangkapan layar, serta kemampuan berbagi yang memadai untuk pengguna korporat.

Selain itu, Snagit juga menyediakan berbagai fitur tambahan seperti jendela pratinjau yang memperbesar gambar area di mana kursor berada, opsi pengeditan ukuran gambar.

Selain itu ada pilihan efek khusus, dan alat toolbar yang mempercepat proses tangkapan layar. Aplikasi ini juga mendukung beragam bahasa, berbagai metode tangkapan layar, dan fitur lain yang berlimpah.

3. Lightshot

Aplikasi untuk screenshot di laptop ini memungkinkan penggunaannya baik pada perangkat Mac maupun Windows. Kami telah melakukan uji coba aplikasi ini khususnya pada sistem operasi MacOS, yang menghasilkan kesan yang menggembirakan bagi kami.

Menyederhanakan proses pengambilan tangkapan layar, Lightshot memberikan kontribusi yang signifikan dalam hal kemudahan dan kepraktisan.

Dengan antarmuka yang sederhana, sesuai dengan namanya, Lightshot menawarkan pengalaman yang ringan. Setelah dibuka, aplikasi secara otomatis menyeleksi layar, memungkinkan pengguna untuk dengan mudah memilih bagian yang diinginkan untuk ditangkap.

4. TinyTake

TinyTake merupakan sebuah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk mengambil tangkapan layar dan video dari laptop mereka. Aplikasi ini menyediakan dua fitur utama, yaitu kemampuan untuk mengambil gambar dan video.

Pengguna dapat menggunakan fitur ini baik dalam mode layar penuh maupun pada area tertentu di layar. Proses penggunaannya sangatlah sederhana.

Setelah aplikasi terpasang, ikon TinyTake akan muncul di toolbar yang memudahkan akses pengguna ke fitur tersebut. Fitur premium dari TinyTake bahkan memungkinkan pengguna untuk menambahkan anotasi ke tangkapan layar mereka.

Namun, satu kelemahan dari aplikasi ini adalah bahwa pengguna harus melakukan login untuk dapat mengakses hasil tangkapan layar mereka. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa TinyTake hanya menyediakan penyimpanan cloud untuk menyimpan seluruh tangkapan layar yang dibuat oleh pengguna.

5. Gyazo

Saat menggunakan versi gratis aplikasi Gyazo, pengguna dapat mengambil tangkapan layar dengan mudah hanya dengan menyeret kursor seperti biasa. Namun, perbedaannya terletak pada proses penyimpanan hasil tangkapan layar.

Berbeda dengan aplikasi lain yang secara otomatis menyimpan tangkapan layar ke dalam folder di laptop/PC, Gyazo menyajikan hasil tangkapan layar langsung pada laman browser.

Untuk menyimpannya ke perangkat, pengguna harus melakukannya secara manual dengan membuka gambar tersebut di tab baru dan menggunakan opsi penyimpanan yang disediakan oleh browser.

Itulah beberapa rekomendasi dari aplikasi untuk screenshot di laptop. Dimana, dengan aplikasi ini, tentu penangkapan layar akan jauh lebih praktis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *