Aplikasi

5 Aplikasi Translate Bahasa Arab, Solusi Cepat Memahami Al Quran

×

5 Aplikasi Translate Bahasa Arab, Solusi Cepat Memahami Al Quran

Sebarkan artikel ini
aplikasi translate bahasa arab

Dunia memiliki jumlah penutur Bahasa Arab yang sangat besar, mencapai 274 juta orang, menjadikannya salah satu bahasa yang paling banyak digunakan. Karena Bahasa Arab juga menjadi bahasa utama dalam praktik keagamaan umat Islam, keberadaan aplikasi translate bahasa arab menjadi semakin penting di tengah era globalisasi.

Penguasaan Bahasa Arab akan sangat memudahkan bagi umat Islam yang hendak menjalankan ibadah haji atau berwisata ke wilayah Timur Tengah. Jika belajar Bahasa Arab melalui kursus membutuhkan waktu yang cukup lama, maka beberapa aplikasi berikut bisa dijadikan sebagai pilihan alternatif yang sangat bermanfaat.

1. Kamus Arab Indonesia

Kamus Arab Indonesia merupakan aplikasi yang dikembangkan Ristek Muslim dengan lebih dari 154 ribu kosakata yang tersedia di database. Dengan aplikasi Kamus Arab Indonesia, pengguna bisa menerjemahkan kata Indonesia ke Arab maupun sebaliknya secara gratis dan dapat diakses saat mode offline.

Selain menerjemahkan bahasa Arab, aplikasi Kamus Arab Indonesia juga menyediakan Kamus Al-Qur’an untuk mencari ayat beserta artinya dengan cepat dan mudah. Karena Kamus Arab Indonesia bisa dinikmati tanpa iklan, rating di Google Play Store mencapai 4.7/5 bintang dari 21 ribu ulasan.

2. Kosakata Bahasa Arab Offline L

Mumttaza Studio telah merilis aplikasi translate bahasa Arab yang bernama Kosakata Bahasa Arab Offline L. Aplikasi ini dapat digunakan secara offline dan menawarkan berbagai fitur unggulan, termasuk kemampuan zoom in/out serta kemampuan berbagi konten ke media sosial.

Selain menyediakan kamus, Kosakata Bahasa Arab Offline L juga menyertakan fitur pembelajaran bahasa Arab dengan fokus pada kosakata yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun memiliki ukuran file hanya 3.1 MB, aplikasi ini telah menerima rating 4.7 dari lebih dari 800 ribu pengguna.

3. Penerjemah Semua Bahasa

Seperti Google Terjemahan, aplikasi Penerjemah Semua Bahasa memiliki kemampuan untuk menerjemahkan beragam bahasa di seluruh dunia, termasuk bahasa Arab. Fitur unggulan dari aplikasi ini adalah kemampuannya untuk menerjemahkan bahasa dari suara, yang sangat berguna bagi pengguna yang sedang melakukan perjalanan keliling dunia.

Meskipun aplikasi Penerjemah Semua Bahasa memiliki rating yang tinggi, mencapai 4.8/5 bintang, namun pilihan bahasa yang tersedia tidak sebanyak Google Terjemahan. Selain bahasa Arab, aplikasi ini juga mendukung penerjemahan untuk bahasa Spanyol, Cina, Jerman, Inggris, Perancis, Indonesia, Jepang, Korea dan banyak lagi.

4. Google Terjemahan

Google Terjemahan tidak hanya memfasilitasi terjemahan dari bahasa Arab, tetapi juga dari lebih dari 100 bahasa lainnya di seluruh dunia. Pengguna dapat menggunakan layanan ini untuk menerjemahkan teks dari bahasa Arab ke berbagai bahasa lain, termasuk Indonesia, dan sebaliknya.

Keunggulan Google Terjemahan menjadikannya pilihan utama bagi pengguna bahasa di berbagai negara. Salah satu fitur unggulannya adalah kemampuan untuk menerjemahkan teks secara instan dengan cara memotret tulisan yang ingin diterjemahkan. Hal ini tidak banyak dimiliki oleh aplikasi terjemahan lainnya.

5. Almaany Kamus Arab Indonesia

Ada sebuah aplikasi yang layak dicoba bagi mereka yang membutuhkan layanan terjemahan bahasa Arab, yaitu Almaany. Aplikasi ini mendapatkan rating 4.7 dari 5 bintang. Almaany menawarkan kamus bahasa Arab-Indonesia dan sebaliknya tanpa memerlukan koneksi internet.

Selain itu, Almaany cocok untuk pengguna yang sedang belajar bahasa Arab atau ingin memahami terjemahan Al-Qur’an. Meskipun ukurannya hanya 19 MB dan memiliki antarmuka yang sederhana, pengguna merasa puas dengan pengalaman penggunaannya. Namun, satu kekurangannya adalah belum adanya fitur keyboard Arab otomatis.

Demikianlah daftar aplikasi translate bahasa arab yang juga sudah diuraikan serta diberikan penjelasannya. Memanfaatkan aplikasi penerjemah merupakan langkah bijak dalam memperoleh pemahaman bahasa yang kompleks. Hal ini akan memberikan bantuan yang signifikan bagi pengguna yang ingin menguasainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *