Aplikasi

5 Aplikasi Scanner Pdf, Solusi Jika Tidak Ada Scanner

×

5 Aplikasi Scanner Pdf, Solusi Jika Tidak Ada Scanner

Sebarkan artikel ini
aplikasi scanner pdf

Saat ini, proses pemindaian atau scan dokumen telah menjadi lebih mudah dengan adanya aplikasi scanner PDF yang tersedia untuk diunduh dan digunakan langsung pada perangkat ponsel berbasis Android.

Dengan kemudahan ini, tidak lagi diperlukan perangkat besar untuk melakukan pemindaian dokumen, karena dokumen kini dapat diubah dari hardcopy menjadi softcopy dalam format PDF.

Terdapat beragam jenis dokumen yang seringkali perlu dipindai, seperti KTP, SIM, NPWP, dan surat-surat lainnya. Proses pemindaian ini bertujuan untuk mendapatkan salinan digital dari dokumen aslinya.

Untuk mendapatkan aplikasi scanner PDF, pengguna dapat dengan mudah mengunduhnya melalui platform Play Store yang tersedia pada perangkat Android mereka. Berikut adalah lima aplikasi scanner yang direkomendasikan untuk perangkat Android.

1. CamScanner

CamScanner, yang dikembangkan oleh INTSIG Information CO., Ltd., adalah sebuah aplikasi dengan rating tinggi mencapai 4.7 di Playstore yang tersedia secara gratis. Aplikasi ini memiliki ukuran sekitar 100 MB, meminimalkan kebutuhan ruang penyimpanan pada perangkat Android.

Fitur yang ditawarkan oleh CamScanner meliputi scanner, konverter PDF, serta kemampuan untuk berbagi file melalui berbagai platform media sosial. Selain itu, CamScanner juga menyediakan opsi untuk mengedit dokumen yang telah di-scan.

Dukungan untuk berbagai layanan penyimpanan cloud, seperti Dropbox, Evernote, Google Drive, Box, dan OneDrive, juga tersedia dalam aplikasi ini.

2. Microsoft Lens

Microsoft Lens, sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation, telah meraih rating 4.9 di platform Play Store dengan ukuran aplikasi sebesar 50 MB. Kelebihan utamanya adalah kemampuannya untuk mengonversi gambar ke dalam format PDF, Word, dan PowerPoint. Aplikasi ini sangat berguna bagi mereka yang ingin memindai catatan kuliah atau dokumen penting lainnya.

Selain itu, hasil pemindaian dapat langsung diekspor ke berbagai aplikasi Microsoft lainnya, termasuk OneDrive, OneNote, dan sebagainya.

Salah satu keunggulan lainnya adalah kemampuannya untuk memindai dokumen dalam berbagai bahasa seperti Inggris, Jerman, Spanyol, dan Cina, menjadikannya pilihan yang ideal bagi mereka yang sedang berkarir atau belajar bahasa.

3. Adobe Scan

Adobe Scan, sebuah aplikasi scanner PDF yang dibuat oleh Adobe, berfungsi untuk menciptakan file PDF. Dengan menggunakan kamera perangkat Android, aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk melakukan pemindaian dokumen.

Untuk mengunduh aplikasi ini, perangkat Android perlu memiliki setidaknya 29 MB ruang penyimpanan, dan mendapatkan rating 4.9 di Play Store.

Salah satu keunggulan utamanya adalah integrasinya dengan aplikasi Adobe lainnya, seperti Adobe Acrobat dan Adobe Fill & Sign. Selain melakukan pemindaian dokumen, aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk melakukan pengeditan, menambahkan tanda tangan, serta memberikan keterangan lain dalam dokumen. Berbagai fitur tambahan disediakan, termasuk alat untuk memutar, memotong, dan mengedit warna pada dokumen.

4. Clean Scanner

Pada tanggal 15 Juni 2016, Indy Mobile App merilis Clean Scanner untuk pertama kalinya. Sejak itu, aplikasi tersebut telah mengumpulkan lebih dari 5 juta unduhan di play store. Keunggulan utama dari aplikasi ini adalah kemampuannya untuk memberikan hasil scan yang bersih tanpa adanya watermark yang mengganggu.

Sekarang, Clean Scanner dapat diunduh secara gratis melalui Playstore. Ukuran aplikasi Clean Scanner relatif kecil, sehingga tidak membutuhkan banyak ruang saat pengunduhan.

Fitur otomatis untuk mendeteksi sudut file yang akan discan dan memotongnya dengan presisi adalah salah satu kelebihan yang dimiliki aplikasi ini. Selain itu, terdapat berbagai fitur lain yang berguna, seperti pengaturan kecerahan, penghilangan bayangan, dan penyejajaran gambar.

5. Tap Scanner

Smart Media Internet Marketing LTD telah mengembangkan aplikasi bernama Tap Scanner. Aplikasi ini memiliki ukuran 25 MB dan mendapat rating 4.8 di platform Android. Pengguna dapat mengunduh aplikasi ini secara gratis melalui Play Store.

Tap Scanner dilengkapi dengan berbagai fitur, termasuk pemindaian dokumen dengan kualitas tinggi, pemindai kode QR, dan kemampuan berbagi file dengan mudah.

Pada tahap pemindaian, pengguna perlu memastikan kamera fokus pada dokumen yang akan dipindai. Keterangan kamera yang jelas serta posisi yang simetris akan menghasilkan hasil pemindaian yang optimal.

File hasil pemindaian dapat disimpan langsung atau diunggah ke layanan cloud seperti Google Drive, OneNote, dan sebagainya.

Nah demikianlah uraian yang tentunya disertai penjelasan daftar aplikasi scanner pdf. Dengan adanya aplikasi-aplikasi tersebut tidak perlu beli alat scan untuk memindai dokumen pdf.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *