Aplikasi

5 Aplikasi Pengecil Ukuran Video Tanpa Penurunan Kualitas

×

5 Aplikasi Pengecil Ukuran Video Tanpa Penurunan Kualitas

Sebarkan artikel ini
aplikasi pengecil ukuran video

Untuk mengatasi masalah ukuran video yang terlalu besar atau untuk meningkatkan kualitasnya, aplikasi pengecil ukuran video menjadi solusi yang praktis. Dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna dapat menyunting video agar lebih optimal tanpa harus khawatir tentang penyimpanan yang terlalu banyak terpakai pada perangkat mobile atau komputer.

Keberadaan aplikasi semacam ini sangatlah vital, terutama dalam era digital saat ini di mana berbagi konten multimedia di media sosial merupakan hal yang umum dilakukan. Dengan aplikasi pengompres video, pengguna dapat mengunggah video dengan kualitas yang masih terjaga ke platform media sosial tanpa mengalami kendala terkait batasan ukuran file.

Di platform distribusi aplikasi seperti Play Store, tersedia berbagai pilihan aplikasi pengompres video yang mengklaim mampu mengurangi ukuran file tanpa mengorbankan kualitas visual. Dengan demikian, hasil akhir dari video yang dihasilkan tetap terlihat alami dan berkualitas, memenuhi standar yang diharapkan oleh pengguna.

1. Compress Video dan Resize Videos

Dengan menggunakan Aplikasi Compress Video dan Resize Videos, pengguna dapat dengan mudah mengurangi ukuran file video mereka tanpa mengorbankan kualitas. Ini adalah solusi yang berguna bagi mereka yang ingin menghemat ruang penyimpanan di perangkat mereka tanpa harus mengorbankan pengalaman menonton video yang baik.

Proses pengurangan ukuran video dengan aplikasi ini sangatlah sederhana. Pertama, pengguna cukup membuka aplikasi dan memilih video yang ingin mereka perkecil ukurannya. Setelah memilih video, mereka dapat menambahkannya ke kategori yang tersedia dan melanjutkan dengan menekan tombol next.

Kemudian, pengguna diberikan pilihan pengaturan sebelum akhirnya menyelesaikan proses dengan menekan tombol kompres. Setelah itu, video yang telah dikompresi akan disimpan di album perangkat mereka untuk akses yang mudah.

2. VidCompact

Dikembangkan oleh tim di balik aplikasi VideoShow, VidCompact adalah sebuah solusi praktis yang menawarkan berbagai fitur berguna seperti pemangkasan, kompresi, dan pengubahan nama video.

Pengguna dapat dengan mudah mengakses fitur-fitur ini dengan memilih tombol Trim dan Compress di user interface aplikasi. Setelah itu, cukup pilih video yang ingin dikompres dari folder, dan pengguna dapat menyesuaikan resolusi sesuai keinginan.

Salah satu keunggulan utama VidCompact adalah kemampuannya untuk memotong bagian video yang tidak diinginkan secara langsung selama proses kompresi berlangsung. Selain itu, aplikasi ini juga menonjol karena minimnya gangguan iklan, gratis tanpa biaya tambahan, dan kemampuannya untuk menjaga kualitas gambar yang baik selama proses kompresi.

3. Video Slimmer

Tidak sekadar sebuah aplikasi pengecil ukuran video untuk perangkat iOS, Video Slimmer juga menawarkan fitur-fitur tambahan yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pemotongan, rotasi, dan penggabungan video.

Proses pemrosesan dalam aplikasi ini sangat efisien dan cepat, sehingga memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mengekspor video yang telah diproses, sekaligus mengurangi penggunaan ruang penyimpanan.

Dengan Video Slimmer, pengguna diberikan opsi untuk menghapus video asli dari perangkat mereka dan menyimpan versi yang telah dikompresi ke dalam galeri. Proses kompresi dapat diinisiasi dengan kembali ke menu utama aplikasi dan memilih Slim Now.

Setelah proses kompresi selesai, pengguna dapat langsung membagikan video tersebut ke berbagai media sosial atau mengirimkannya dengan lebih cepat.

4. Any Video Converter

Any Video Converter merupakan salah satu aplikasi yang terkenal dan dapat diandalkan untuk membantu pengguna dalam proses kompresi video dengan mudah dan cepat. Cara penggunaannya pun cukup sederhana, yakni dengan drop and drag pada file yang akan dikompres, kemudian memilih resolusi kompresi yang diinginkan, dan proses akan segera dimulai.

Keunggulan lain dari aplikasi ini adalah kemampuannya untuk mengkonversi video ke berbagai format serta mengunduh video dari platform seperti YouTube dan Netflix dengan kualitas unduhan hingga 4K.

Yang menarik, pengguna juga diberikan kebebasan untuk memilih dari lebih dari 100 format video yang tersedia dan dapat mengubah kualitas video tanpa kehilangan kualitas hingga 100% secara gratis.

5. Video Compress – Shrink size and Extract audio

Dikenal dengan nama yang cukup panjang, namun memiliki kinerja yang efektif, aplikasi ini difungsikan untuk mereduksi ukuran file video di perangkat seluler guna menghemat ruang penyimpanan.

Video Compress menawarkan klaim bahwa aplikasinya mampu mengurangi ukuran video hingga sekitar 80% tanpa mengorbankan kualitas gambar yang ada dalam video.

Pengguna memiliki kontrol penuh dalam prosesnya. Mereka dapat memilih file video yang ingin dikompres, dan setelah itu, dapat menentukan resolusi yang diinginkan serta mengatur ukuran dan kecepatan pengompresan yang diinginkan.

Aplikasi ini menyediakan dua metode pengompresan yang berbeda yakni satu yang cepat dengan tingkat kompresi yang lebih rendah, dan satu lagi yang lebih lambat tetapi memberikan tingkat kompresi yang lebih tinggi.

Sekian daftar aplikasi pengecil ukuran video yang tentu sudah disertai dengan uraian serta penjelasannya. Tak perlu lagi merasa cemas jika memiliki banyak video dengan ukuran file yang besar, karena kini sudah ada solusi untuk mengatasi kesulitan mengirim atau mengunggahnya ke media sosial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *