AplikasiBerita

10 Aplikasi Password Manager Untuk Menyimpan Sandi

×

10 Aplikasi Password Manager Untuk Menyimpan Sandi

Sebarkan artikel ini
aplikasi password manager

Aplikasi password manager merupakan teman setia dalam menjaga kerahasiaan dan keamanan informasi sensitif Anda di dunia digital yang semakin kompleks.

Dengan fungsi utamanya yang memudahkan pengelolaan kata sandi untuk berbagai akun, password manager menjadi alat yang tak tergantikan dalam mempercepat proses login.

Namun, penting bagi Anda untuk berhati-hati dalam memilih aplikasi password manager yang akan Anda gunakan. Mengingat karakteristik informasi yang tersimpan yang sangat sensitif dan pribadi.

Dengan pertimbangan yang matang, Anda dapat memilih aplikasi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan dan memberikan tingkat keamanan yang optimal.

Mari eksplorasi lebih lanjut mengenai aplikasi password manager yang dapat menjadi sahabat setia dalam menjaga keamanan informasi.

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi VPN untuk Laptop Keamanan Tinggi

Rekomendasi 10 Aplikasi Password Manager Untuk Menyimpan Sandi

aplikasi password manager 1

Di era digital yang semakin maju seperti sekarang ini, penting bagi Anda untuk memiliki perlindungan yang kuat terhadap akun-akun media sosial dan layanan online yang Anda miliki.

Salah satu cara yang efektif untuk melindungi akun-akun tersebut adalah dengan menggunakan password manager.

Dalam artikel ini, akan di bahas fungsi dan rekomendasi aplikasi password manager, serta alasan mengapa Anda perlu menggunakannya.

1.      Dashlane

Aplikasi Dashlane menjadi salah satu aplikasi password manager kata sandi yang populer pada tahun 2021 lalu.

Dengan menggunkan aplikasi password manajer ini, Anda bisa menggunakan Dashlane ini secara gratis, namun ada berbagai fitur tambahan yang tersedia jika Anda memilih untuk menjadi pengguna premium aplikasi password manajer ini.

Layanan gratis dari Dashlane sudah memiliki fitur yang sangat baik untuk penggunaan sehari-hari. Dashlane menggunakan metode enkripsi 256-bit AES untuk mengamankan data kata sandi pengguna.

Metode enkripsi ini dianggap memiliki tingkat perlindungan tertinggi dan belum pernah diretas oleh siapa pun.

Pplikasi password manager juga memiliki protokol zero-knowledge, yang berarti tidak akan ada pihak lain yang bisa mengetahui kata sandi Anda.

Jika Anda mengaktifkan fitur otentikasi biometrik seperti sidik jari atau Face ID, Anda dapat mengubah kata sandi utama jika sewaktu-waktu lupa.

2.      Bitwarden

Bitwarden merupakan aplikasi kedua yang bisa digunakan secara gratis dan berbayar sekaligus dan dengan penawaran fitur keamanan yang tinggi.

Versi gratis Bitwarden sudah menawarkan fitur yang sangat lengkap dan bisa di bandingkan dengan aplikasi manajer kata sandi berbayar lainnya.

Bitwarden Free memang sudah menyediakan fitur yang sangat lengkap sebagai layanan manajer kata sandi. Namun, jika Anda ingin mendapatkan fitur keamanan ekstra, aplikasi ini sangat di komendasikan.

Dengan upgrade ini, Anda akan mendapatkan perlindungan ganda seperti audit vault, kompatibilitas USB-key 2FA, dan penyimpanan terenkripsi sebesar 1GB.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan Bitwarden di perangkat Windows, MacOS, dan Linux, selain aplikasi Android dan iOS.

3.      LastPass

Aplikasi terbaik untuk menyimpan kata sandi /password yang menawarkan beberapa lapisan keamanan tinggi untuk melindungi kata sandi para penggunanya adalah aplikasi LastPass.

Sama seperti aplikasi password manajer lain, aplikasi ini menggunakan metode enkripsi yang belum pernah bisa di retas pihak manapun.

Aplikasi LastPass juga menerapkan kebijakan zero-knowledge yang berarti hanya Anda yang dapat mengakses kata sandi di palikasi ini.

Untuk meningkatkan keamanan, Anda juga dapat mengaktifkan otentikasi ganda dan login biometrik dengan sidik jari atau Face ID.

Aplikasi password manager juga bisa secara otomatis meminta konfirmasi untuk menyimpan kata sandi baru yang belum di simpan.

4.      KeePass

KeePass adalah aplikasi password manager yang sangat kuat dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

KePass tersedia secara gratis dan memiliki tingkat kustomisasi yang tinggi karena sifatnya yang berbasis open-source.

Meskipun tampilannya mungkin tidak semeriah opsi lain seperti LastPass atau Bitwarden, KeePass memiliki tingkat keamanan yang sangat serius.

KeePass juga mudah di konfigurasi dan digunakan di berbagai perangkat. Namun, perlu diingat bahwa aplikasi password manager ini didesain khusus untuk beroperasi di perangkat berbasis Windows.

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Penyembunyi Apk Terbaik!

5.      1Password

1Password adalah salah satu pilihan terbaik untuk pengguna Mac dan iOS, tetapi aplikasi ini juga tersedia untuk pengguna sistem operasi lain seperti Android, ChromeOS, dan Windows.

Aplikasi password manager 1Password ini menawarkan tingkat keamanan tinggi serta antarmuka yang sangat mudah di gunakan para pengguna aplikasi ini

Sayangnya, 1Password tidak menyediakan layanan gratis. Namun, Anda dapat mencoba aplikasi manajer kata sandi ini secara gratis dan tanpa risiko selama 14 hari dalam periode percobaan.

1Password memiliki fitur unik yang di sebut Travel Mode yang dapat digunakan untuk menyembunyikan informasi dari semua perangkat yang terhubung kecuali ruang penyimpanan yang ditandai sebagai ‘Aman untuk Perjalanan’.

6.      Blur

Aplikasi password managaer Blur adalah sebuah aplikasi yang menawarkan perlindungan privasi dan pengelola password Anda.

Meskipun harganya sedikit lebih mahal di bandingkan dengan aplikasi password manager lainnya, Blur memiliki keunggulan dalam melindungi privasi data penggunanya.

Meskipun jika Anda hanya mencari aplikasi password manager, ada opsi lain dalam daftar ini yang mungkin lebih cocok untuk Anda.

Namun, jika tujuan utama Anda adalah mengamankan informasi pribadi Anda, Blur dapat menjadi pilihan yang tepat.

7.      Enpass

Rekomendasi aplikasi password manager yang tersedia secara gratis atau berbayar selanjutnya adalah Enpass.

Meskipun versi gratis Enpass memiliki batasan jumlah password yang dapat di simpan pada perangkat iOS dan Android, versi Enpass untuk Windows, Mac, dan Linux tidak memiliki batasan item tersimpan. Enpass menawarkan fitur keamanan yang kuat untuk melindungi data Anda.

Aplikasi Enpass ini tidak menawarkan sinkronisasi antar perangkat yang menjadikan Anda perlu menghubungkan akun Anda untuk menyinkronkan data dan kata sandi Anda.

8.      RoboForm

Aplikasi password manager RoboForm merupakan sebuah aplikasi password manager yang bisa di gunakan secara gratis maupun berbayar.

RoboForm ini memiliki reputasi sebagai salah satu aplikasi password manager terbaik yang menawarkan fitur premium dengan harga yang ramah di kantong. Anda dapat menggunakan aplikasi ini di perangkat Windows, Mac, Android, dan iOS.

Antarmuka desain aplikasi ini sangat intuitif dan mudah di gunakan dengan berbagai fitur standar pengelolaan kata sandi seperti enkripsi 256-bit AES, otentikasi ganda, dan audit kata sandi.

9.      Sticky Password

Sticky Password adalah aplikasi password manager sederhana yang di lengkapi dengan fitur unik. Selain menyimpan password secara offline, Sticky Password juga memiliki versi portable yang dapat di simpan di flashdisk untuk akses yang lebih mudah.

Meskipun Sticky Password sudah di lengkapi dengan enkripsi AES 256 bit, perlu di ingat bahwa versi portable tidak memiliki tingkat keamanan yang sama. Oleh karena itu, perlu berhati-hati ketika menggunakan versi portable.

Baca juga: Menjaga Keamanan Akun WhatsApp Dengan Cara Berikut!

10.  NordPass

NordPass adalah salah satu aplikasi password manager yang di rancang untuk memudahkan Anda dalam mengelola password untuk berbagai akun.

Aplikasi ini menggunakan metode XChaCha20, yang di anggap lebih aman dan mudah di implementasikan. Bahkan, metode ini juga di gunakan oleh perusahaan sekelas Google.

Dalam memilih aplikasi password manager, Anda dapat mempertimbangkan fitur dan keamanan yang di sediakan oleh masing-masing opsi.

Setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan pilihan terbaik akan tergantung pada kebutuhan dan preferensi pribadi Anda.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Play.id