Aplikasi

5 Aplikasi Menyetel Gitar, Solusi Agar Lebih Cepat Stem Gitar

×

5 Aplikasi Menyetel Gitar, Solusi Agar Lebih Cepat Stem Gitar

Sebarkan artikel ini
aplikasi menyetel gitar

Banyak dicari oleh pecinta gitar, aplikasi menyetel gitar merupakan alat yang amat diperlukan untuk mempermudah penyetelan senar instrumen tersebut. Fungsinya amat membantu bagi siapapun yang tengah bermain gitar.

Walau begitu, seringkali para pemula merasa kesulitan saat ingin mengikuti panduan. Kesulitan yang paling umum terjadi adalah penyetelan senar yang kurang pas. Meski begitu, jangan khawatir, karena ada beberapa opsi aplikasi yang dapat membantu menyetel gitar, terutama bagi para pemula.

1. Free Guitar Tuner

Salah satu pilihan pertama untuk menyetel gitar adalah Free Guitar Tuner. Pengguna bisa mengunduhnya langsung dari Play Store dengan kapasitas sebesar 18 MB. Meskipun ukurannya standar, sudah ada sekitar 10 juta unduhan untuk aplikasi ini.

Fungsinya adalah mempermudah proses penyetelan gitar agar lebih akurat. Kelebihan lainnya adalah aplikasi ini cocok untuk pemula karena ukurannya kecil dan mudah digunakan. Cukup petik senar gitar, lalu aplikasi akan menunjukkan titik tepat untuk menyetelnya.

2. Guitar Tuna

Rekomendasi untuk aplikasi menyetel gitar selanjutnya adalah Guitar Tuna. Ukurannya sekitar 68 MB dan sudah mencatatkan unduhan lebih dari 100 juta pengguna di Playstore. Guitar Tuna menawarkan desain yang sederhana namun menarik bagi penggunanya.

Terdapat dua fitur utama dalam aplikasi ini untuk menyetel gitar secara manual atau otomatis. Selain itu, aplikasi ini juga mendukung penyetelan untuk instrumen lain seperti biola, cello, dan beberapa alat musik lainnya.

3. Fender Guitar Tuner

Perlu diketahui bahwa Fender adalah bahwa perusahaan ini dikenal sebagai salah satu produsen gitar paling terkenal di dunia. Salah satu produk unggulannya adalah Fender Guitar Tuner, sebuah aplikasi yang dirancang oleh perusahaan tersebut.

Dapat diunduh secara cuma-cuma baik di platform Android maupun iOS, aplikasi ini menampilkan desain yang simpel tetapi memberikan hasil penyetelan yang baik dan akurat. Dari pemula hingga profesional, Fender Guitar Tuner cocok digunakan oleh semua kalangan.

Bagi pemula, aplikasi ini menawarkan pengalaman yang mudah digunakan serta memberikan tips berguna. Sementara bagi para profesional, keakuratan yang ditawarkan oleh Fender Guitar Tuner sangatlah diapresiasi.

Berbagai fitur menarik tersedia dalam aplikasi ini, termasuk dua mode yang berbeda: otomatis dan manual. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan opsi penyetelan untuk berbagai jenis instrumen, mulai dari gitar akustik, elektrik, ukulele dan bass.

4. Master Guitar Tuner

Diciptakan oleh Netizen Music Tuners, Master Guitar Tuner merupakan solusi praktis dalam menyetel gitar dengan ukuran yang ringkas, hanya sekitar 6,6 MB. Pengguna dapat menikmati layanan aplikasi ini tanpa biaya tambahan. Selain itu, keberadaan fitur yang komprehensif memastikan aplikasi ini memberikan respons yang cepat dan akurat.

Tidak hanya itu, Master Guitar Tuner juga menyediakan pitchfork dan tuner yang memungkinkan pengguna untuk memeriksa ketepatan nada senar gitar. Bagi mereka yang baru belajar menyetel gitar, aplikasi ini menjadi opsi yang layak untuk mempermudah proses penyetelan dengan cepat dan efisien.

5. Chromatic Guitar Tuner

Gismart telah mengembangkan aplikasi bernama Chromatic Guitar Tuner yang dapat diunduh secara gratis di Play Store. Aplikasi ini dirancang dengan user interface yang sederhana, menjadikannya cocok bagi pemula yang ingin menyetel instrumen musik mereka dengan mudah.

Fitur utama dari Chromatic Guitar Tuner adalah garpu tala yang mampu menghasilkan nada dari rentang 1 Hz hingga 22050 Hz. Salah satu keunggulan utama dari aplikasi ini adalah kemampuannya untuk menyetel dengan presisi yang tinggi. Tak hanya itu, aplikasi ini juga mendukung penyetelan untuk berbagai jenis instrumen musik, seperti ukulele, biola, bass, dan banjo.

Demikian itulah tadi penjelasan serta uraian mengenai daftar aplikasi menyetel gitar. Dalam kebanyakan kasus, penyetelan melalui aplikasi cenderung lebih cepat daripada penyetelan manual. Keuntungan lainnya adalah keakuratan yang ditawarkan oleh aplikasi tersebut, sehingga hasil penyetelan gitar menjadi lebih baik dan lebih harmonis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *