Aplikasi

5 Aplikasi Mengecilkan Ukuran Foto, Solusi Untuk Menghemat Penyimpanan

×

5 Aplikasi Mengecilkan Ukuran Foto, Solusi Untuk Menghemat Penyimpanan

Sebarkan artikel ini
aplikasi mengecilkan ukuran foto

Kemajuan teknologi telah menghasilkan berbagai aplikasi mengecilkan ukuran foto dengan mudah. Hal ini memudahkan pengguna yang ingin menyimpan foto di perangkat seluler mereka tanpa harus khawatir tentang ukuran file yang terlalu besar.

Selain itu, aplikasi-aplikasi ini juga memfasilitasi pengguna dalam mengunggah foto ke berbagai platform media sosial tanpa mengalami kendala ukuran file yang melebihi batas yang ditentukan.

Proses mengecilkan ukuran foto ini dikenal dengan istilah kompresi. Kompresi sendiri merujuk pada teknik pengurangan ukuran file atau gambar, yang secara efektif mengurangi kapasitas penyimpanan yang dibutuhkan.

Untuk mempermudah proses kompresi foto menggunakan perangkat seluler, berikut adalah lima rekomendasi aplikasi yang dapat diunduh dan digunakan dengan mudah:

1. Image Compressor

Dengan Image Compressor, ukuran gambar dapat dikurangi hingga 70% hingga 90% dari ukuran aslinya, membuatnya menjadi alat yang sangat berguna untuk menghemat ruang penyimpanan pada perangkat seluler. Kemampuan untuk mengompres lebih dari satu gambar dalam satu waktu juga meningkatkan efisiensi pengguna dalam pengelolaan waktu.

Aplikasi ini mendukung berbagai format gambar termasuk JPG, PNG, WEBP, GIF, dan JPEG. Setelah proses kompresi selesai, pengguna dapat dengan mudah membagikan gambar tersebut langsung ke berbagai platform media sosial seperti Youtube, Facebook, Instagram, Line, Telegram, Whatsapp, dan platform lainnya melalui Image Compressor.

2. Photo Compressor

Aplikasi Photo Compressor menyediakan opsi untuk memperkecil dimensi gambar, mengubah ukuran, dan memotong foto, serupa dengan Photo Compress 2.0. Namun, terdapat tambahan dua fitur unik: konversi format foto dan pemilih warna.

Keberadaan dua fitur tambahan ini memberikan nilai tambah bagi pengguna. Dengan pemilih warna, pengguna dapat dengan mudah menghilangkan bagian foto yang tidak diinginkan, sementara fitur konversi format memungkinkan pengguna untuk mengubah format foto sesuai kebutuhan, seperti JPEG, JPG PNG, dan WEBP.

3. Photo Compress 2.0

Dalam aplikasi Photo Compress 2.0, tersedia beragam fitur yang dapat memenuhi kebutuhan penggunanya. Selain kemampuan untuk melakukan kompresi gambar, aplikasi mengecilkan ukuran foto ini juga dilengkapi dengan dua fitur tambahan yang berguna, yaitu resize image dan crop image.

Fitur resize image memungkinkan pengguna untuk mengubah rasio gambar dengan cepat dan mudah, baik secara otomatis maupun sesuai dengan keinginan pengguna.

Hal tersebut memungkinkan pengguna untuk menghindari proses pengeditan tambahan di aplikasi lain. Sementara itu, fitur crop image memungkinkan pengguna untuk mengubah bentuk foto sesuai dengan preferensi mereka, seperti menghasilkan format 1:1, 3:4, dan lain sebagainya. Dengan demikian, pengguna dapat dengan langsung mengedit gambar sesuai dengan kebutuhan mereka.

4. QReduce Lite

Fokus utama QReduce Lite adalah kompresi gambar. Dengan presisi yang tinggi, aplikasi ini mengurangi ukuran foto sebelum menyimpannya dalam format JPG atau JPEG. Setelah dikompres, foto akan disimpan dalam folder khusus, menghilangkan kekhawatiran kehilangan foto asli.

Keunggulan lainnya adalah ukuran aplikasi yang sangat kecil, hanya sekitar 2,7 MB. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menghemat ruang penyimpanan di perangkat mobile mereka. Namun, karena fokusnya yang terbatas pada kompresi gambar, QReduce Lite tidak menyertakan fitur tambahan.

5. PicTools Batch

PicTools Batch, sebuah aplikasi sederhana namun kaya fitur, menawarkan berbagai opsi untuk mengolah gambar secara efisien. Dari kompresi hingga perubahan resolusi, pemotongan, dan pembalikan gambar, serta kemampuan untuk menyimpan gambar dalam format yang berbeda seperti JPG, PNG, dan JPEG.

Yang membuatnya unik adalah akses offline yang dimilikinya, memungkinkan pengguna untuk menggunakan aplikasi tanpa harus terkoneksi dengan internet. Tersedia juga opsi untuk berbagi gambar langsung ke media sosial setelah proses kompresi, memudahkan pengguna dalam memposting foto tanpa harus keluar dari aplikasi.

Nah itulah tadi uraian serta penjelasan yang terkait dengan daftar aplikasi mengecilkan ukuran foto. Dengan berbagai pilihan aplikasi yang tersedia untuk mengecilkan ukuran foto, mengatasi masalah ukuran foto yang terlalu besar menjadi lebih mudah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *