Aplikasi

5 Aplikasi Cek Plagiat Skripsi, Rekomendasi Untuk Mahasiswa Tingkat Akhir

×

5 Aplikasi Cek Plagiat Skripsi, Rekomendasi Untuk Mahasiswa Tingkat Akhir

Sebarkan artikel ini
aplikasi cek plagiat skripsi

Pelanggaran terhadap aturan plagiat pada pembuatan skripsi bisa berujung pada sanksi disiplin yang serius bagi mahasiswa. Oleh karena itu, penggunaan aplikasi cek plagiat skripsi menjadi sangat penting.

Menyelesaikan skripsi sebagai bagian dari persyaratan kelulusan kuliah sering kali dianggap sebagai beban oleh sebagian besar mahasiswa. Ini disebabkan oleh persyaratan bahwa skripsi harus memiliki unsur inovasi dan keaslian yang tinggi.

Umumnya, perguruan tinggi memberikan batasan toleransi terhadap tingkat plagiarisme sesuai dengan kebijakan yang berlaku. Ada berbagai macam aplikasi dan situs yang dapat digunakan untuk melakukan pengecekan plagiarisme. Namun, berikut ini adalah beberapa rekomendasi aplikasi cek plagiarisme yang dianggap terbaik dan dapat dipercaya:

1. Grammarly

Dalam daftar pertama solusi untuk memeriksa plagiarisme dalam skripsi, terdapat Grammarly sebagai pilihan yang terpercaya. Aplikasi ini tidak hanya terkenal dalam menangani kesalahan ejaan dan tata bahasa dalam Bahasa Inggris, tetapi juga memiliki fitur untuk memeriksa plagiarisme.

Grammarly memiliki akses ke database sebanyak 16 miliar entri, menjadikannya salah satu yang terbesar di dunia dalam hal ini.

Keunggulan ini menjadikan Grammarly sebagai pilihan yang dapat diandalkan untuk menangani plagiarisme dalam skripsi dan tulisan lainnya. Selain tingkat akurasi yang tinggi, Grammarly juga tersedia secara gratis.

Proses pemeriksaan plagiarisme pun menjadi mudah, hanya perlu memasukkan teks yang ingin diperiksa dan menunggu proses selesai.

2. Turnitin

Salah satu aplikasi cek plagiat skripsi yang dikenal luas dalam lingkungan akademik adalah Turnitin. Dikenal karena kemampuannya dalam memeriksa keaslian tulisan dan memastikan tidak adanya kesamaan dengan sumber lain, baik itu dari buku maupun internet.

Turnitin merupakan alat yang sangat berguna dalam upaya mendeteksi plagiarisme dalam skripsi.

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan Turnitin memerlukan langganan berbayar. Harga langganan bervariasi tergantung pada kerjasama antara institusi dan penyedia layanan.

Oleh karena itu, sebaiknya melakukan konfirmasi dengan pihak kampus terlebih dahulu sebelum menggunakan Turnitin untuk memeriksa keaslian skripsi.

3. DupliChecker

Rekomendasi berikutnya ada dari aplikasi cek plagiat bernama DupliChecker. Selain dapat diunduh sebagai aplikasi, pengguna juga bisa melakukan pengecekan plagiat secara online dengan mengakses situsnya melalui peramban.

Tampilan sederhana yang dimiliki oleh DupliChecker akan memberikan kenyamanan kepada pengguna saat mereka menggunakan layanannya.

Meskipun tersedia secara gratis, pengguna harus membuat akun terlebih dahulu untuk menjadi pengguna DupliChecker.

Setelah mendaftar, user akan mendapatkan layanan pengecekan plagiat sebanyak 50 kali dalam sehari secara cuma-cuma. Untuk menggunakannya hanya perlu menyalin skripsi ke aplikasi ini untuk melakukan pengecekan.

4. Quetext

Berikutnya satu opsi untuk memeriksa keaslian skripsi adalah menggunakan aplikasi Quetext. Aplikasi ini tidak hanya mudah digunakan, tetapi juga dapat diakses secara gratis.

Dengan Quetext, pengguna dapat dengan mudah melihat persentase bagian teks yang terindikasi plagiat, memudahkan mereka untuk melakukan perbaikan yang diperlukan.

Quetext dilengkapi dengan teknologi DeepSearch yang mampu mengidentifikasi status plagiat dari setiap bagian teks.

Selain itu, aplikasi ini juga menawarkan penilaian teks, analisis kontekstual, dan pencocokan fuzzy. Tentu saja, fitur-fitur ini sangat menguntungkan bukan?

5. Plagiarisma

Salah satu alat yang tersedia untuk memeriksa tingkat plagiasi dalam pembuatan skripsi adalah aplikasi Plagiarisma. Alat ini digunakan secara luas oleh berbagai kalangan, seperti pengajar, mahasiswa, siswa, dan penulis.

Keunggulan dari aplikasi ini adalah kemampuannya untuk mengecek keaslian teks dalam lebih dari 190 bahasa yang berbeda.

Plagiarisma memberikan kemudahan akses dengan opsi penggunaan melalui aplikasi atau langsung melalui tautan URL.

Selain itu, aplikasi ini tersedia secara gratis untuk digunakan. Proses pemeriksaan plagiat dilakukan dengan cara memasukkan teks secara manual atau mengunggah file skripsi yang akan diperiksa.

Itulah uraian serta penjelasan tentang aplikasi cek plagiat skripsi. Jadi bagi para mahasiswa tingkat akhir yang sedang menyusun skripsi bisa gunakan aplikasi-aplikasi yang tercantum di daftar tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *