Aplikasi

5 Aplikasi Absensi Siswa Online Gratis, Bikin Pembelajaran Lebih Efektiv

×

5 Aplikasi Absensi Siswa Online Gratis, Bikin Pembelajaran Lebih Efektiv

Sebarkan artikel ini
aplikasi absensi siswa online gratis

Keberadaan absensi menjadi bagian penting dalam menilai kinerja siswa dalam proses belajar-mengajar. Kini, memantau kehadiran siswa menjadi lebih praktis melalui berbagai layanan aplikasi absensi siswa online gratis yang tersedia di Play Store.

Penggunaan aplikasi absensi siswa online semakin meluas di kalangan sekolah karena kemudahannya yang jelas. Tidak lagi diperlukan perangkat khusus seperti pada masa sebelumnya, seperti alat sidik jari. Bahkan, cara manual untuk absensi sudah menjadi hal masa lalu seiring dengan perkembangan teknologi. Penasaran dengan aplikasi absensi siswa online gratis mana yang dapat digunakan? Mari telusuri lebih lanjut dibawah ini.

1. Absensi Siswa

Aplikasi pertama yang dirancang oleh tim High Air ini bernama absensi siswa. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur yang mempermudah proses kehadiran murid. Saat melakukan pencatatan kehadiran, data akan disimpan dalam basis data pengguna.

Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan kategori basis data yang dapat disesuaikan berdasarkan sekolah dan kelas. Setiap kelas akan ditampilkan dalam bentuk diagram pada halaman kehadiran. Pengguna dapat dengan mudah mengekspor data kehadiran yang telah tercatat ke dalam basis data.

Data yang diekspor akan disajikan dalam format file excel yang user-friendly. Tidak hanya itu, pengguna juga memiliki opsi untuk mengimpor data excel ke dalam aplikasi, mempermudah proses rekapitulasi kehadiran murid.

2. FEdu.iO: Fingerspot Education

Selanjutnya, aplikasi EduFingers. Aplikasi ini tidak hanya fokus pada pencatatan kehadiran murid, melainkan juga menawarkan berbagai fitur dalam lingkup manajemen sekolah secara online. Mulai dari pencatatan kehadiran murid hingga akses terhadap materi pembelajaran, semuanya dapat diakses melalui aplikasi ini.

Sejak peluncurannya pada bulan Juli 2021, pengembang aplikasi, Fingerspot, telah melakukan sejumlah pembaruan hingga mencapai versi 1.0.8. Meskipun demikian, ukuran aplikasi ini relatif kecil, hanya sekitar 29 MB, sehingga sangat cocok bagi pengguna dengan kapasitas penyimpanan perangkat yang terbatas.

3. Jeclock – Aplikasi Absensi Online

Satu lagi alternatif aplikasi pencatatan kehadiran murid adalah Jeclock – Solusi Absensi Online. Aplikasi ini menyediakan layanan absensi murid secara gratis dengan menggunakan teknologi Geo Tag. Selain mencatat kehadiran, fitur Geo Tag juga mencatat lokasi absensi dalam basis data.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga menawarkan fitur pengenalan wajah (Face Recognition) untuk proses absensi. Selain itu, terdapat juga fitur izin dan cuti yang memudahkan murid yang berhalangan hadir.

4. Edupongo Siswa

Pembicaraan mengenai alat pencatat kehadiran tidak akan sempurna tanpa menyebut Edupongo Siswa. Aplikasi ini tidak hanya menyajikan kemampuan untuk merekam kehadiran siswa, namun juga memberikan informasi tentang kegiatan mereka selama proses pembelajaran. Dengan bantuan fitur-fitur ini, evaluasi terhadap prestasi belajar siswa pun dapat dilakukan dengan mudah.

Lebih lanjut, aplikasi ini juga menyediakan fasilitas untuk mengakses informasi tentang tugas-tugas yang diberikan oleh sekolah. Ukuran memorinya yang kecil, hanya sebesar 4,3 MB, menjadikannya tidak akan memberatkan perangkat yang digunakan untuk mengunduhnya. Dengan demikian, pengguna dapat yakin bahwa penggunaan aplikasi ini tidak akan memberikan beban berlebihan pada perangkat yang digunakan.

5. KertasGuru: Absensi, Ujian dan Forum Kelas

Kehadiran KertasGuru: Absensi, Ujian, dan Forum Kelas memberikan kemudahan bagi pengguna untuk memonitor kehadiran siswa dalam proses pembelajaran daring. Fasilitas absensi yang disediakan memungkinkan guru untuk melihat persentase kehadiran siswa dalam berbagai kondisi, mulai dari sakit, izin, hingga keterlambatan.

Setiap data absensi yang dicatat akan otomatis terintegrasi ke dalam laporan absensi, yang kemudian dapat diunduh dalam format excel. Pengguna tidak perlu khawatir tentang kehilangan data karena database absensi disimpan secara daring, sehingga meminimalkan risiko kehilangan informasi.

Kelima aplikasi absensi siswa online gratis ini menjadi referensi yang berharga bagi sekolah yang ingin melakukan pemantauan kehadiran siswa dalam pembelajaran daring. Berbagai fitur yang ditawarkan, mulai dari pencatatan tugas, izin, hingga pelaporan kegiatan siswa, dapat dimanfaatkan untuk memastikan efektivitas pembelajaran yang lebih baik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *