AndroidHeadlineIOS

Awas! Ini 10 Ciri Kecanduan Gadget yang Patut Di Waspadai

44
×

Awas! Ini 10 Ciri Kecanduan Gadget yang Patut Di Waspadai

Sebarkan artikel ini

Ciri kecanduan gadget – Di zaman sekarang, siapa yang tidak memiliki gadget? Entah berbentuk gadget, ataupun laptop kini hampir di miliki semua kalangan.

Ini semua tak lepas dari banyaknya manfaat yang diberikan gadget untuk mempermudah beragam kegiatan di era modern ini.

Namun, jika Anda kecanduan gadget, efeknya bisa sangat kuat. Karena, di balik sejuta manfaat yang bisa didapatkan dari gadget tersebut, ternyata ada bahaya tersembunyi yang mengancam. Masalah kecanduan gadget bukan main-main.

Selain menimbulkan gangguan kesehatan fisik, kecanduan gadget  juga dapat memengaruhi kesehatan mental. Oleh karena itu, untuk menghindari masalah ini, Anda harus mengetahui ciri kecanduan gadget.

Ciri-Ciri Kecanduan Gadget Yang Patut Di Waspadai

Orang yang memiliki ciri-ciri kecanduan gadget mungkin tidak mengetahui bahwa dirinya mengalami gangguan kesehatan karena sering menggunakannya. Umumnya ciri-ciri kecanduan gadget sangat berkaitan denan internet baik itu sosial media ataupun yang lain.

Pasalnya, banyak event, game, atau fitur menarik di gadget yang sering digunakan dapat di akses dengan mudah melalui internet.

Untuk menghindari kecanduan gadget ini, tentu Anda perlu menetahui ciri-ciri kecanduan gadget terlebih dahulu. Nah, berikut adalah ciri-ciri kecanduan gadget yang patut Anda waspadai.

1. Selalu Ingin Menggunakan Gadget

Pernah mendengar istilah Nomophobia alias no mobile phobia? Ini adalah ciri-ciri kecanduan gadget di mana orang merasa takut bahwa dalam aktivitas sehari-hari mereka tidak dapat menggunakan gadget.

Hal tersebut merupakan salah satu ciri-ciri kecanduan gadget yang di tandai dengan karakter yang selalu ingin menggunakan smartphone atau tablet.

Melepaskan gadget sejenak terasa tidak nyaman, orang dengan ciri-ciri kecanduan gadget ini akan merasa seperti banyak informasi yang hilang saat tidak memegang gadget.

Alhasil, orang dengan ciri-ciri kecanduan gadget ini ingin selalu terlibat dengan smartphone dimanapun dan kapanpun, meski tidak ada aktivitas di smartphone.

2. Bawa Gadget ke Tempat Tidur

Siapa yang sering membawa gadget ke tempat tidur saat ingin istirahat? Hati-hati, ini bisa menjadi ciri-ciri kecanduan gadget yang perlu di waspadai.

Ciri-ciri kecanduan gadget ini masih berkaitan dengan poin yang sebelumnya karena membawa gadget ke tempat tidur merupakan ciri-ciri ingin selalu menggunakan gadget.

Bahkan ketika tidur, orang dengan ciri-ciri kecanduan gadget ini merasa tidak dapat memisahkan diri dari gadget nya.

Padahal, jika seseorang sedang tidur, itu berarti mereka tidak bisa menggunakan gadget mereka. Akibatnya, menyimpan gadget di tempat tidur adalah pilihan yang nyaman, sehingga Anda dapat langsung meraihnya saat bangun tidur.

Di sisi lain, ciri-ciri kecanduan gadget ini sebenarnya cukup berbahaya. Membawa gadget ke tempat tidur dapat menyebabkan berbagai masalah, mulai dari menurunkan kualitas tidur hingga meningkatkan risiko kanker akibat radiasi gadget, dan masalah lainnya.

3. Periksa Gadget Secara Terus Menerus

Meski sibuk dan pekerjaan pekerjaan, beberapa orang yang mengalami ciri-ciri kecanduan gadget selalu bisa memanfaatkan kesempatan untuk mengecek gadget nya. Entah itu untuk berinternet di media sosial, membuka beberapa aplikasi hiburan, atau sekadar mengecek kiriman pesan.

Orang dengan ciri-ciri kecanduan gadget ini bahkan dapat memeriksa ponsel pribadi mereka selama beberapa jam bahkan dalam kondisi sibuk sekalipun.

4. Mengabaikan Lingkungan Karena Gadget

Anda sering melihat situasi seperti ini, bukan? Di restoran, beberapa orang berkumpul. Namun, tidak berinteraksi, malah sibuk dengan gadget di tangan.

Lebih buruk lagi, jika sesuatu terjadi di sekitar, orang dengan ciri-ciri kecanduan gadget ini tidak tahu atau tidak peduli.

Ini adalah salah satu ciri-ciri kecanduan gadget ini yang pantas mendapat perhatian, karena membuat orang menjadi acuh tak acuh terhadap lingkungan atau orang lain. Seolah-olah gadget telah menjadi dunia baru.

5. Gadget Mulai Mengganggu Pekerjaan

Adanya gadget yang bermanfaat adalah ketika benda tersebut dapat menunjang berbagai aktivitas kerja. Namun, ketika gadget mengganggu ritme kerja Anda, berarti ini sudah merupakan ciri-ciri kecanduan gadget yang patut di waspadai.

Misalnya, Anda adalah seorang koki. Kemudian, saat Anda sedang memasak makanan, perhatian Anda dialihkan ke gadget, hingga makanan Anda gosong atau tidak ada bumbunya. Ini menandakan bahwa kehadiran gadget telah mengganggu fokus Anda, sehingga pekerjaan terbengkalai.

6. Mainkan gadget Saat Di Toilet

Tak bisa dipungkiri, banyak orang yang sering membawa dan memainkan gadget saat berada di toilet. Alasannya, untuk mengatasi kebosanan.

Pada awalnya ini memang terdengar masuk akal. Namun, ini bisa juga menjadi tanda bahwa Anda sedang di landa ciri-ciri kecanduan gadget. Mengapa demikian? Pasalnya, Anda tidak bisa lepas dari ponsel.

Seringkali saat di toilet bermain handphone, waktu yang dihabiskan akan bertambah. Bukan karena aktivitas yang sebenarnnya, tapi karena Anda nyaman dengan gadget yang membuat Anda lebih betah di toilet.

7. Merasa Selalu Ada Notifikasi di Smartphone

Tahukah Anda bahwa kehadiran notifikasi pada smartphone memang sengaja dibuat untuk menarik perhatian pengguna agar selalu terpaku pada ponselnya?

Nah, orang-orang mengatakan bahwa ciri-ciri kecanduan gadget adalah ketika Anda mulai merasa bahwa gadget selalu penuh dengan berita padahal nyatanya tidak ada apa-apa.

Akhirnya, dari waktu ke waktu, Anda akan selalu mengecek gadget dan pada kasus yang lebih parah, sensasi melihat berita menjadi halusinasi.

8. Mengisolasi Diri dari Kehidupan Nyata

Semakin sering Anda bermain dengan gadget Anda, tanpa disadari, semakin banyak waktu yang Anda habiskan. Anda mungkin lebih nyaman jika bisa menghabiskan waktu sendirian di kamar, asalkan memiliki perangkat pribadi seperti ponsel atau laptop.

Jika ini terus berlanjut, maka ini suda temasuk ciri-ciri kecanduan gadget karena peluang Anda untuk berinteraksi dengan orang lain di kehidupan nyata akan berkurang.

9. Uring-Uringan Jika Tak Memegang Gadget

Untuk orang normal, ketika dia tidak memegang ponselnya, dia tenang. Namun, bagi orang dengan ciri-ciri kecanduan gadget, tidak menyentuh ponsel sesaat pun akan membuat nya mudah tersinggung.

Ini bukan hanya karena munculnya ciri-ciri kecanduan gadget, tetapi juga karena firasat buruk. Ya, pecandu smartphone memang bisa merasakan bad mood saat tidak bisa memegang ponselnya untuk beberapa saat.

Akibatnya, mereka bisa marah, marah pada segala hal, dan memiliki berbagai emosi negatif lainnya.

10. Produktivitas Berkurang

Anda yang banyak menghabiskan waktu bermain gadget sebenarnya adalah pecundang. Karena dalam jangka panjang waktu yang Anda habiskan bisa dimanfaatkan dengan melakukan hal-hal yang lebih produktif. Seperti belajar hal baru, bekerja secara efisien, menekuni hobi, bahkan berolahraga.

Berselancar terlalu lama di media sosial tidak akan memberikan efek positif bagi kehidupan Anda namun akan membuat Anda memiliki ciri-ciri kecanduan gadget.

Demikianlah pembahasan mengenai ciri kecanduan gadget yang patut Anda ketahui agar nanti Anda tidak terjerumus ke masalah yang sama.

Jika Anda merasa memiliki ciri-ciri kecanduan gadget di atas, sebaiknya segera cari solusi untuk mengatasi kecanduan Anda sebelum terlambat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *